Tempat Wisata

Pantai Ranca Buaya: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Di Kota Garut Jawa Barat banyak terdapat wisata alam berupa pantai, gunung, laut, lembah, teluk, dll. Salah satu tempat wisata kota ini yang terkenal dengan dodolnya adalah pantai Ranca Buaya. Pemandangan pantai yang masih alami dan jauh dari polusi buruk kota bisa dijadikan destinasi liburan keluarga. Di pantai ini banyak terdapat bebatuan karang yang cukup besar dan tebing batu yang tinggi serta air terjun yang menghadap ke pantai.

Sebagian orang mungkin masih asing dengan objek wisata yang satu ini. Pasalnya, Pemerintah Kota Garut kurang mempromosikan keindahan objek wisata tersebut di berbagai media seperti media cetak dan media sosial. Padahal, pantai dan air terjunnya yang indah ini memiliki potensi wisata yang cukup besar sehingga bisa diandalkan untuk menarik wisatawan. Saat ini sedang dibangun infrastruktur baru di Pantai Ranca Buaya untuk meningkatkan potensi alamnya.

Pantai Ranca BuayaSumber: Google Maps

Fasilitas di Pantai Ranca Buaya

Demi kenyamanan pengunjung, pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas. Ada banyak hotel dan villa kecil yang bisa digunakan jika ingin beristirahat dan bersantai sambil menikmati keindahan alam Pantai Ranca Buaya. Pengunjung yang ingin mendirikan tenda di kawasan pantai ini tentunya dapat melakukannya dengan izin dari pihak pengelola pantai.

Fasilitas umum seperti tempat parkir dan toilet juga memadai. Untuk memanjakan perut pengunjung, di pantai ini juga terdapat beberapa warung makan dengan pendopo. Bahan utama menunya adalah masakan khas Jawa Barat khususnya Garut yang dijamin nikmat.

Keindahan Pantai Ranca Buaya

Daya tarik pantai ini adalah air terjunnya yang jatuh langsung dari tebing. Selain air terjun, wisatawan juga bisa menikmati beragam biota laut seperti bintang laut di kolam-kolam kecil. Selain itu, di pantai ini banyak terdapat bebatuan karang berukuran besar dan tebing berbatu yang tinggi.

Air laut di pantai ini berwarna biru jernih dan bersih. Hamparan pasir tersebut terdiri dari pasir halus, bebatuan, dan pasir kasar di sepanjang pantai. Lereng laut yang landai ditumbuhi alga dan alga hijau. Sedangkan fauna yang paling mendominasi pantai ini adalah ikan tuna dan ikan karang. Ada juga jenis hewan laut yang bisa kita temukan di sini seperti kepiting laut, bintang laut, dan kerang.

Di pantai ini kita juga bisa membeli ikan hasil tangkapan langsung oleh nelayan. Ikannya masih segar dan bisa dinikmati langsung di tepi pantai bersama keluarga dengan pemandangan laut yang indah.

Pantai Ranca Buaya merupakan pantai berbatu dengan ombak yang besar sehingga tidak disarankan untuk berenang. Saat air surut kita bisa melihat banyak ikan-ikan kecil berwarna-warni tersangkut di bebatuan. Pantai ini juga terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang menakjubkan.

Ada juga gua bernama Goa Lalai atau Gua Kelelawar di Pantai Ranca Buaya. Gua ini terletak di daratan seperti ngarai yang menjorok langsung ke laut. Di bawah gua ini terdapat sebuah batu karang yang dihuni banyak kelelawar. Gua ini termasuk gua yang berbahaya karena dapat mengakibatkan hilangnya nyawa. Pengunjung disarankan untuk tidak masuk atau turun ke gua kelelawar ini. Jika Anda terjatuh ke dalam gua, bisa dipastikan Anda tidak akan kembali lagi.

Berburu foto di Pantai Ranca Buaya

melihat matahari terbenam Pantai ini sangat menarik dengan arsitektur karangnya dan air laut yang sangat tenang di sore hari. Tentu sayang jika tidak diabadikan dengan jepretan kamera. Untuk pemburu matahari terbit Dari pantai ini ada tempat bagus yang bisa dijadikan kesempatan berfoto yaitu Puncak Guha Garut. Lokasinya tidak jauh dari pantai Ranca Buaya.

Berburu foto di Pantai Ranca BuayaSumber: Google Maps

Harga tiket Pantai Ranca Buaya

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Pantai Ranca Buaya

Akses lokasi menuju pantai Ranca Buaya

Di Kota Garut Jawa Barat banyak terdapat wisata alam berupa pantai, gunung, laut, lembah, teluk, dll. Salah satu tempat wisata kota ini yang terkenal dengan dodolnya adalah pantai Ranca Buaya. Pemandangan pantai yang masih alami dan jauh dari polusi buruk kota bisa dijadikan destinasi liburan keluarga.

Pantai Ranca Buaya terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut. Jarak dari pusat kota Garut sekitar 135 kilometer. Ada beberapa jalur yang bisa menuju ke Pantai Ranca Buaya.

Jalur pertama bisa melalui Pameungpeuk lalu sampai di Ranca Buaya. Kondisi jalan cukup baik. Jalur kedua lewat Bandung dan Pangalengan. Kondisi jalan juga cukup baik sehingga nyaman untuk dilalui. Jalur ketiga juga melewati Bandung, lalu lewat Ciwidey lalu Cidaun lalu ke Ranca Buaya. Sebagian jalur ini menggunakan West Java Causeway yang membentang di sepanjang pantai selatan.

Tips berlibur di Pantai Ranca Buaya

  • Menjaga kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan oleh pemerintah.
  • Persiapkan badan dan kendaraan semaksimal mungkin agar perjalanan berjalan lancar.
  • Jangan lupa membawanya krim matahari untuk melindungi diri dari terik matahari.
  • Jaga barang-barang pribadi masing-masing.

Jika Anda berada di Kota Garut atau ingin berwisata ke sana, masuklah Pantai Peternakan Buaya sebagai destinasi yang wajib dikunjungi. Pesona pantainya yang indah dan air terjun yang tak kalah indahnya bisa menjadi obat stres dan penat. Tentu saja liburan di pantai ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan tak terlupakan.

Galeri Foto Pantai Ranca Buaya

Pantai Ranca Buaya Garut
pantai berpasir
Batuan karang di pantai
Dengan sepeda motor menuju pantai
Perbukitan berumput di atas pantai Ranca Buaya
Keajaiban dan keindahan Pantai Ranca Buaya

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button