Berita Wisata

Pantai Rembat Indramayu, Wisata Edukasi Bencana Perisai Bumi

Antv – Kabupaten Indramayu memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Barat, dengan garis pantai Kabupaten Indramayu mencapai 147 km.

Kabupaten Takayal Indramayu identik dengan wisata pantai yang memukau, hampir semua tempat wisata di Indramayu adalah wisata laut.

Namun siapa sangka, ternyata ada pantai yang memiliki wisata unik, selain wisata pantai yang memanjakan mata dan selfie, tak lain adalah pantai Rembat.

Pantai ini terletak di Desa Juntinyuat, Kecamatan Juntinyuat, dan berbeda dengan pantai lainnya, terutama sebagai wisata edukasi bencana abrasi.

“Awalnya di sini banyak sampah jadi ada warga sekitar yang membuang sampah di sini, dipicu oleh anak muda yang ingin menjadikannya tempat bersantai dan ramai. Akhirnya kami mulai mendapatkan pelatihan dan bantuan dari Pertamina Gas, mulai dengan penanaman bakau, area selfie, dan kita adakan pelatihan kebencanaan serta pembangunan pemecah gelombang.ada mangrove, sedikitnya ada 15 jenis burung, maka secara bertahap kita mengedukasi pengunjung tentang penanggulangan bencana, mitigasi bencana, melalui media ini Wisata pantai Rembat,” jelas Nursopah, Wakil Ketua Kelompok Wisata Pantai Rembat, Kamis (14/11/2022).

Pertagas meluncurkan program Bumi Perisai dengan penilaian bencana abrasi di wilayah Juntinyuat sejak 2018 hingga 2019.

Berdasarkan hasil asesmen tersebut, ditemukan bahwa Geotube dapat menjadi solusi atas abrasi yang terjadi sehingga pekerjaan dimulai pada tahun 2020 dan Geotube sepanjang 240 meter selesai pada tahun 2021.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button