Tempat Wisata

Pantai Rongkang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Wisata pantai di Rongkang merupakan salah satu tempat wisata yang bisa anda temukan di Pulau Madura, lebih tepatnya di Kabupaten Bangkalan. Pantai ini menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri karena selain memiliki pantai berpasir lembut untuk bermain seperti pantai lainnya, terdapat deretan bebatuan indah yang membentang melintasi bebatuan besar dan kecil di tepi pantai.

Pantai ini terletak di sebelah timur Jembatan Suramadu, sekitar 35 km dari kota Bangkalan, yaitu di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Jika perasaan bermain pasir di pinggir pantai terlalu membosankan bagi Anda, saatnya merencanakan perjalanan ke pantai ini karena dijamin Anda akan merasakan kasarnya bebatuan karang di bawah kaki Anda. Selain itu Pantai Rongkang juga menawarkan keindahan lainnya yaitu bukit bertingkat yang menjulang hampir dua puluh lima meter di atas permukaan laut.

Pemandangan di tempat ini indah tidak hanya di siang hari, tapi juga di malam hari. Kelap-kelip lampu perahu nelayan dan Jembatan Suramadu menambah suasana sejuk dan semakin romantis.

Asal Nama “Rongkang”

Nama pantai ini sendiri berasal dari bahasa lokal Madura “Nonggrongkang”, yang artinya “kosong” dalam bahasa Indonesia. Yang kami maksud dengan lubang adalah bebatuan di pantai yang tercipta dari proses alam, oleh karena itu pantai ini dipenuhi dengan bebatuan.

Fasilitas di Pantai Rongkang

Sayangnya pantai yang banyak dikunjungi pengunjung ini masih minim fasilitas karena kurang mendapat perhatian dari pemerintah terhadap tempat yang berpotensi sebagai objek wisata dan penghasil pendapatan bagi Kabupaten Bangkalan itu sendiri.

Namun bagi Anda yang berencana mengunjungi Pantai Rongkang dalam waktu dekat tidak perlu khawatir. Pemerintah belum membangun fasilitas apa pun yang bisa dimanfaatkan pengunjung, namun warga sekitar sepertinya tahu bagaimana memanfaatkan peluang ini. Di sekitar pantai ini terdapat tempat parkir mobil dan sepeda motor, warung makan, bahkan mushola dan toilet umum.

Bagi yang ingin beristirahat harus mencari hotel di kawasan Bangkalan terlebih dahulu, karena di kawasan dekat Pantai Rongkang belum tersedia akomodasi yang memadai.

Berburu foto di Pantai Rongkang

Saat ini, berbagai media sosial memberikan kesempatan kepada setiap orang, baik generasi muda, laki-laki maupun perempuan, untuk menampilkan hasil rekaman kameranya, baik itu dengan kamera profesional yang mampu memberikan kualitas gambar yang jernih, atau hanya dengan kamera ponsel biasa. Tak terkecuali jika Anda berkunjung ke Pantai Rongkang.

Dengan latar belakang deburan ombak di tepi pantai, dijamin Anda akan mendapatkan banyak foto bagus untuk ditampilkan kepada teman-teman Anda di media sosial. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berfoto selfie atau berfoto bersama saudara dan teman. Banyak momen menarik yang bisa diabadikan saat Anda berkunjung ke Pantai Rongkang.

Akses jalan menuju Pantai Rongkang

Minimnya fasilitas yang disediakan pemerintah di pantai ini setidaknya diimbangi dengan upaya pihak yang memperbaiki akses jalan menuju Pantai Rongkang yang sebelumnya banyak berlubang. Ditambah lagi dengan perbaikan jalan menuju Pantai Rongkang, tentunya akan semakin menarik pengunjung yang ingin menikmati pesona alam keindahan pantai di Bangkalan ini.

Bagi pengunjung yang berangkat dari luar Pulau Madura, dapat memilih dua jalur akses menuju Pantai Rongkang. Orang pertama yang menuju Pelabuhan Kamal adalah dengan menggunakan perahu atau melalui Jembatan Suramadu. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai pantai dari Pelabuhan Kamal yang berjarak sekitar 12 km.

Namun jika Anda memilih jalur Jembatan Suramadu, perjalanan Anda akan lebih singkat, sekitar lima belas menit, karena jarak dari Pantai Rongkang hanya sekitar 5 km. Selain kendaraan pribadi, tentunya Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang banyak terdapat di Pulau Madura untuk menuju Pantai Rongkang.

Biaya masuk Pantai Rongkang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Rongkang

Tips berlibur di Pantai Rongkang

Agar momen liburan Anda benar-benar bisa dinikmati, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum dan setibanya di Pantai Rongkang:

  1. Karena belum adanya fasilitas di pantai ini, sebaiknya pastikan Anda membawa perbekalan yang cukup dari rumah, seperti: B. Tikar dan makanan serta minuman secukupnya.
  2. Tempat parkir tidak disediakan oleh pemerintah tetapi oleh warga. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dan waspada karena tidak ada jaminan kendaraan Anda benar-benar aman.
  3. Jika tidak hati-hati, kaki Anda bisa dengan mudah terluka saat terbentur bebatuan di sepanjang pantai. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan selalu kenakan sepatu yang kokoh saat berjalan di pantai.
  4. Jangan lupa membawa kamera profesional atau kamera ponsel untuk mengabadikan momen liburan Anda di Pantai Rongkang

Galeri foto Pantai Rongkang

Potret Pantai Rongkang
Berburu foto di Pantai Rongkang
Pantai Rongkang di pagi hari
Potret pohon
Matahari terbenam di Pantai Rongkang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button