Tempat Wisata

Pantai Sadeng: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tidak hanya dikenal sebagai kota budaya, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata yang unik dan menarik. Saat ini salah satu tempat wisata yang bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat adalah wisata pantai.

Dan kali ini kami akan mengulas keindahan Pantai Sadeng di Jogjakarta. Mari kita lihat dengan ulasannya.

Lokasi Pantai Sadeng

Lokasi Pantai SadengSumber Pantai Sadeng : instagram.com/septiwrhz

Pantai Sadeng terletak di Desa Song Banyu yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Jogjakarta.

Jika Anda berkendara ke sini, Anda harus menempuh jarak sekitar 80 km dari kota Jogjakarta, atau perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Di Pantai Sadeng kita juga bisa melihat banyak perahu nelayan serta aktivitas para nelayan dalam kesehariannya. Selain itu, jika Anda merasa lapar, Anda juga bisa mencoba makanan laut segar hasil tangkapan nelayan.

Rute Pantai Sadeng

Rute Pantai SadengRute Pantai Sadeng

Jalan menuju pantai Sadeng juga mudah. Kita bisa mengakses pantai ini dengan kendaraan bermotor maupun mobil.

Untuk jalur Pantai Sadeng, jika anda berangkat dari Jogjakarta, anda bisa mengarahkan kendaraan anda menuju Jalan Ownosari, Pathuk, Sambipitu, Gading dan Siyono. Setelah itu dilanjutkan menuju Jalan Baron kemudian melewati desa Mulo dan Bintaos. Lalu ke Tepus.

Kemudian belok kiri menuju Jepitu. Sesampainya di depan pasar, belok kanan saja yang mengarah ke Kecamatan Girisubo. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Suling, Song Banyu. Segera kami mencapai titik.

Namun jika ingin ke Pantai Sadeng, ada jalur alternatif lain yang bisa dimulai dari Klaten dan Solo.

Jika Anda berasal dari Klaten, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Giripanggung melalui Semanu, Culen, PasarJempu. Selanjutnya kita tinggal mengikuti rambu-rambu yang terlihat jelas di beberapa tempat.

Namun jika Anda akan ke Pantai Sadeng dari Solo, Anda perlu mengarahkan kendaraan Anda ke Sukoharjo, Wonogiri, lalu ke Pasar Praci. Lalu belok kanan dengan kendaraan menuju Rongkop Nglindur, Pasar Nrancah, selanjutnya ikuti saja petunjuk arah menuju lokasi.

Fasilitas di Pantai Sadeng

Fasilitas di Pantai SadengSumber Pantai Sadeng : instagram.com/budi_setyoutomo

Pantai Sadeng juga menawarkan beberapa fasilitas umum, antara lain toilet, mushola, tempat parkir yang luas, warung makan dan minum, serta penginapan.

Banyak pula perahu nelayan yang berlabuh di Pantai Sadeng. Anda juga bisa menyewa perahu untuk menjelajahi kawasan pantai Sadeng.

Karena ombak pantainya tidak terlalu besar, Anda bisa mencoba pengalaman baru di atas kapal nelayan, jadi Anda juga tidak perlu khawatir dengan keamanannya.

Pembenahan juga terus dilakukan di Pantai Sadeng, terutama terkait fasilitasnya. Karena dengan peralatan yang lengkap otomatis wisatawan akan lebih banyak mengunjungi pantai ini.

Harga Tiket Pantai Sadeng

Harga Tiket Pantai SadengPantai Sadeng Sumber : instagram.com/isnansholeh

  • Biaya masuk: Rp 5.000
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pantai Sadeng

  • Buka setiap hari dan buka 24 jam

Peta lokasi Pantai Sadeng

Tips Mengunjungi Pantai Sadeng

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Sadeng semakin menyenangkan dan berharga. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Sadeng adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pantai Sadeng bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Sadeng.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Sadeng.

Aktivitas menarik di Pantai Sadeng

Aktivitas menarik di Pantai SadengSumber Pantai Sadeng : instagram.com/umarsya

Di pinggir pantai, Sadeng memang terkenal dengan kampung nelayannya karena banyak nelayan dari Gombong yang bermukim dan mendirikan kampung. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi pelabuhan perikanan terbesar di Jogjakarta.

Adapun beberapa hal yang menarik untuk dilakukan di pantai sadeng ini yaitu :

· Kunjungi desa nelayan

Di sini dikenal sebagai desa nelayan karena banyak nelayan yang tinggal di sana dan membangun desa.

Disini kita bisa mengamati beberapa kegiatan penangkapan ikan yang dilakukan disini, mulai dari pelelangan ikan, pengisian bahan bakar, hingga pemberangkatan para nelayan.

Keberadaan mercusuar pun menggugah minat banyak pengunjung untuk mengunjunginya. Mercusuar berfungsi sebagai pemandu bagi para nelayan di malam hari.

Deretan perahu yang rebah juga bisa dijadikan spot foto yang populer bagi pengunjung.

Kita juga bisa membeli ikan segar yang baru ditangkap nelayan di Pelabuhan Pantai Sadeng. Disini kita juga membutuhkan kemampuan untuk menawar ikan agar kita bisa membelinya dengan harga yang pas.

· Memancing

Selain berenang dan bermain pasir, Anda juga bisa menekuni hobi dan memancing di dekat pelabuhan.

Ikan seperti tuna, kakap, kerapu dan lain-lain biasanya melimpah di spot ini. Sambil menunggu umpan kita dimakan ikan, kita juga bisa menikmati pemandangan pantai yang indah.

Selain memancing, kita juga bisa menyewa perahu nelayan dan mengikuti kegiatan mencari ikan atau sekedar berkeliling pantai ini dengan perahu.

Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut dengan membayar mulai dari 500.000 hingga 1 juta rupiah saja. Tentunya kita juga harus menyewa sesuai ukuran perahu. Selain itu, semakin bagus perahunya, semakin tinggi pula harga sewanya.

· Seruling kolam

Daya tarik wisata Pantai Sadeng sebenarnya terbilang berbeda dan unik karena keberadaan Telaga Suling ini. Banyak penduduk setempat percaya bahwa danau sulingan itu adalah semburan air dari sungai purba Bengawan Solo.

· Wisata kuliner

Karena banyak ikan segar di sini, kami wajib mencobanya juga. Ada juga warung yang menjual berbagai macam olahan seafood.

Kita bisa memilih ikan segar dari pelelangan dan kemudian menyajikannya sebagai makanan yang lezat. Harga ikan ini juga relatif murah karena langsung dari nelayan.

Adapun beberapa olahan ikan yang dihidangkan, mulai ikan bakar, ikan goreng, sambal asam manis, rica-rica dan lain-lain. Nikmati lebih nikmat lagi dengan nasi putih hangat.

Gambar dan foto Pantai Sadeng

Foto Tempat Wisata Pantai SadengFoto tempat wisata di Pantai Sadeng Sumber : instagram.com/maivadni_20Perahu di Pantai SadengBukit Karang di pantaiKeindahan air pantaiSpot foto di bawah batuPesona Pantai SadengAkses jalan menuju pantaiOmbak di Pantai SadengSpot foto terbaik di Pantai Sadeng

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button