Tak Berkategori

Pantai Sadeng, nikmati indahnya panorama sambil menikmati kuliner di Gunung Kidul

Pantai Sadeng di Gunung Kidul merupakan tempat yang ideal untuk menikmati indahnya panorama sambil menikmati kuliner, ditambah pesona Telaga Suling.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Songbanyu. Girisubo, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Daerah Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata pantai yang menarik untuk ditawarkan. Tidak hanya Pantai Parangtritis yang terkenal dengan eksotismenya, Pantai Sadeng dengan segala keunikannya juga menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di kota ini yang terkenal dengan makanan khas gudegnya.

Letaknya yang berada di kawasan yang strategis menjadikan pantai ini unik dan menjadi tujuan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Pantai ini disebut surganya para nelayan. Di Pantai Sadeng pengunjung dapat mengamati aktivitas para nelayan seperti mendatangkan ikan hasil tangkapan, menggiling es untuk persiapan menjemur ikan dan masih banyak lagi.

Alasan dijuluki “Surga Nelayan” karena tempat ini didirikan pada tahun 1983 sebagai perkampungan nelayan Gombong. Kini telah menjadi objek wisata dan berkembang pesat. Karena berbagai keunikannya, Pantai Sadeng selalu ramai dikunjungi pengunjung.

➥ Jogja Day Tour : Pantai Timang, Indrayanti dan Pantai Drini

Daya Tarik Pantai Sadeng

Shutterstock Daya tarik Pantai SadengFoto oleh Khafidmukriyanto di Shutterstock

1. Pesona Pantai Sadeng

Pantai ini tidak hanya menjadi mesin perekonomian kotamadya saja, namun juga dijadikan sebagai salah satu pelabuhan perikanan di Provinsi Yogyakarta yang sudah maju dan berkembang pesat. Maka dari itu tak heran jika dijuluki “Surga Nelayan”, julukan ini sangat tepat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tidak ada yang menyangka jika saat ini pantai ini akan menjadi objek wisata dan juga perkampungan nelayan. Wisatawan yang datang ke pantai dapat menyaksikan aktivitas para nelayan. Kegiatan ini sangat menarik untuk disaksikan.

➥ Penawaran hotel di Gunung Kidul

2. Kawasan kuliner

Aktivitas ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Pantai Sadeng. Berbagai hidangan seafood yang enak dan tentunya lezat bisa Anda temukan di lokasi pantai ini. Lezatnya seafood yang sangat memanjakan lidah menjadi suguhan nikmat jika dinikmati bersama keluarga atau orang tercinta.

Kesegaran aneka makanan laut di tempat ini sudah menjadi rahasia umum karena desa ini terkenal sebagai desa nelayan. Jadi olahan ikannya pasti lebih segar karena merupakan hasil laut itu sendiri.

Pemandangan keharmonisan pelabuhan nelayan yang mempesona dan pemandangan laut yang indah disertai dengan sajian kuliner yang beragam tentu akan tetap menjadi kenangan tersendiri bagi setiap pengunjung. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan juga ramah di kantong dan tentunya terjangkau.

3. Daerah penangkapan ikan

Pantai ini merupakan surganya para pemancing. Kekayaan laut memang tidak perlu diragukan lagi. Karena biota lautnya yang terjaga, para pemancing mengapresiasi keunikan lokasi Pantai Sadeng. Bagi Anda yang hobi memancing bisa berwisata dengan membawa peralatan memancing.

Ada banyak spot memancing yang bisa dikunjungi. Jenis ikan yang ada di pantai ini berbeda-beda, jadi Anda bisa mengolahnya secara langsung jika memungkinkan. Lucu sekali, bukan?

4. Danau Suling

Telaga Suling yang diyakini sebagai mulut kuno Bengawan Solo merupakan tempat yang menarik. Danau ini juga menjadi pemandangan yang menarik karena Anda bisa berfoto selfie sambil bersantai di tempatnya.

Keindahan pemandangan di sekitar pantai akan memanjakan mata Anda. Jernihnya air dan bebatuan disekitarnya menambah keindahan telaga ini.

5. Spot foto yang menarik

Keindahan alam Pantai Sadeng sungguh menakjubkan. Pantai berpasir putih dan pemandangan alam yang ditawarkan di tepi pantai membuat para pemburu foto senang mengabadikan momen liburan di pantai indah ini.

Landmark lain yang bisa dijadikan spot berfoto adalah deretan perahu nelayan yang dipadukan dengan siluet pantai pasti akan membuat Anda berfoto instan. Daya tarik pantai ini sebagai perkampungan nelayan menambah eksotismenya.

➥ Cek Tiket Teras Kaca Pantai Nguluran Jogja

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai SadengFoto oleh Khafidmukriyanto di Shutterstock

Pantai Sadeng terletak di Gunung Kidul, lebih tepatnya di Dusun Songbanyu, Girisubo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak yang harus ditempuh pengunjung untuk sampai ke pantai ini sekitar 83,2 kilometer dan waktu tempuh sekitar 2 jam 18 menit jika menggunakan kendaraan dari pusat kota Jogja.

Jika Anda dari kota Yogyakarta, Anda dapat memilih jalur timur melalui Jalan Panembahan Senopati lalu terus menuju Jalan Raya Jogja hingga mencapai Kusumanegara. Setelah sampai di perempatan, pilih arah selatan dan ambil jalur Gedong Kuning hingga sampai di perempatan berikutnya.

Kemudian belok timur menuju Rte Nasional 3 melalui Jalan Wonosari. Perjalanan berlanjut hingga mencapai Jalan Kyai Legi dan terus ke Jalan Krt Judodiningrat. Anda hanya perlu mengikuti jalan tersebut hingga mencapai Jalan Sadeng. Jadi begitu sampai di jalan ini, pengunjung tinggal mengikuti jalan tersebut hingga mencapai pantai indah ini.

Pengunjung juga bisa memilih jalur lain menuju kota pantai yaitu dari arah Kelaten. Rutenya mengikuti jalan menuju Giripanggung, Semanu, setelah itu melewati Jalan Culen, Pasar Jepitu. Selanjutnya ada tanda yang berisi petunjuk cara menuju pantai unik ini. Rute ini cukup mudah dan bisa menjadi pilihan.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan Pantai Sadeng, Anda perlu menyiapkan biaya tiket masuk. Biaya masuknya cukup terjangkau dan tidak akan menguras anggaran Anda. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang.

Harganya cukup terjangkau dan pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang eksotik dan mempesona sepuasnya, tentunya sambil menekuni hobi fotografi.

Namun akan dikenakan biaya izin parkir bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai SadengFoto oleh Khafidmukriyanto di Shutterstock

Wisata kuliner

Pengunjung tidak boleh melewatkan kegiatan ini. Pilihan makanan laut segar tentu mudah ditemukan di pantai ini. Pengunjung juga bisa memilih beberapa ikan hasil tangkapan nelayan untuk menggugah selera.

Warung-warung di sekitar pantai ini pasti menawarkan harga yang tidak mahal dan tidak akan menguras anggaran Anda.

Berjalan-jalan di Pantai Sadeng

Liburan ditemani semilir angin sepoi-sepoi dari Pantai Sadeng pasti akan membawa kenangan indah bagi pengunjungnya. Pantai ini dijuluki “surga nelayan” dan indah dengan pemandangan perahu nelayan yang berjejer seperti ini.

Pengunjung bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati aktivitas para nelayan. Kegiatan memancing seperti mendatangkan ikan hasil tangkapan dan menyiapkan ikan untuk dijemur dapat dinikmati.

Pantai ini juga tidak berbau amis sehingga pengunjung akan betah berada di sini. Hal eksotis lainnya adalah pemandangan alam yang dihadirkan berpadu dengan hamparan pasir putih yang semakin memanjakan mata yang melihatnya.

penangkapan ikan

Pantai Sadeng dikenal sebagai kawasan yang paling maju dalam produksi ikan dan dapat membantu masyarakat setempat dalam menangkap ikan.

Para pemancing sangat menyukai pantai ini untuk menekuni hobinya. Pemancing menerima hasil tangkapan ikan seperti tuna, kerapu, kakap dan lain-lain.

Pengunjung dapat membawa peralatan memancing dari rumah atau jika pengunjung tidak membawa peralatan memancing dapat menyewanya kepada masyarakat sekitar pantai.

Pengunjung yang ingin menangkap ikan lebih banyak dapat menyewa atau meminjam perahu nelayan untuk kemudian memancing di tengah laut.

Aktivitas memancing di tengah laut bisa dimanfaatkan para pemancing untuk menikmati keindahan pantai sekitar Gunung Kidul. Sambutan hangat masyarakat sekitar pantai membuat para pemancing merasa nyaman saat menekuni hobinya di pantai populer ini.

Abadikan momennya

Sungguh sayang jika keeksotisan Pantai Sadeng dilewatkan begitu saja dan tidak diabadikan. Pengunjung dapat memanfaatkan berbagai spot foto menarik untuk mengambil foto yang indah dan mempesona.

Siluet pantai yang indah berpadu dengan keindahan alam akan memikat pengunjung untuk mengabadikannya. Tentunya jangan lupa Anda perlu membawa perangkat yang mendukung hal tersebut untuk mendapatkan hasil rekaman yang maksimal.

Bermain di air

Pengunjung yang suka bermain air dan merasakan kesegaran air di pantai ini bisa mencoba aktivitas ini. Jernihnya air pantai membuat tubuh rileks saat berenang dan bermain air di kawasan pantai ini. Letaknya yang berada di teluk yang jauh dari deburan ombak membuat pengunjung merasa tenang saat berenang dan bermain air.

Bermain air bersama anak yang bisa dilakukan di tepi pantai dengan pasir putihnya yang lembut pasti akan membuat momen liburan menjadi sangat menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai SadengFoto oleh Damar Aji di Shutterstock

Pengelola Pantai Sadeng berupaya agar pengunjung betah berlibur di pantai unik dan indah ini. Fasilitas yang tersedia cukup dan sangat lengkap bagi wisatawan yang datang berkunjung. Pihak pengelola berharap wisatawan semakin merasa nyaman berada di pantai ini. Fasilitas tersebut antara lain:

1. Tempat parkir yang luas

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan baik roda dua maupun roda empat atau menggunakan angkutan umum, tersedia lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan pengunjung.

2. Tempat makan di sekitar pantai

Menikmati kuliner sambil menikmati keindahan pantai menjadi hobi favorit pengunjung tempat ini. Di sekitar pantai terdapat warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan, tentunya dengan harga terjangkau. Beragam jenis makanan laut yang disajikan dan olahan ikannya yang begitu nikmat akan menggugah selera para pengunjung.

3. Toilet

Di sekitar pantai tersedia toilet yang cukup bersih yang dapat digunakan pengunjung untuk buang air kecil dan besar.

4. Ruang sholat

Pihak pengelola telah menyiapkan musala bagi pengunjung yang beragama Islam dan ingin merayakan kebaktian gereja. Pengunjung hanya disarankan membawa perlengkapan salat sendiri karena selain lebih bersih, juga untuk mencegah penyebaran kontainer di masa pandemi seperti ini.

Pantai Sadeng dengan segala keunikannya merupakan surganya para nelayan menyebabkan pantai ini berkembang pesat dan menjadi perkampungan nelayan termaju di wilayah Yogyakarta. Eksotisme pantai yang dulunya merupakan muara Sungai Purba Bengawan Solo ini membuat pengunjung betah bersantai dan berlibur di pantai cantik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button