Tempat Wisata

Pantai Salonsa, pantai eksotis dan spot terbaik menikmati sunset di Luwu Timur

Pantai Salonsa, pantai eksotis dan spot terbaik menikmati sunset di Luwu Timur

Pantai Salonsa bisa dijadikan alternatif tempat wisata di Luwu Timur. Daya tariknya sama sekali tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal di Bali. Penasaran seperti apa keindahan pantainya?

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 06.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Anggrek No. 54, Magani, Kec. Nuha, Kab.Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Jika Pulau Bali memiliki Pantai Sanur dengan ombak yang tenang, Kabupaten Luwu Timur di Provinsi Sulawesi Selatan juga memiliki Pantai Salonsa. Sebuah pantai dengan pemandangan yang tak kalah indahnya yang menyuguhkan lukisan alam berupa pemandangan Danau Matano dan pegunungan hijau disekitarnya.

Kondisi kawasan pantai ini masih sangat bagus, bebas sampah dan ditetapkan sebagai pantai eksklusif. Pasalnya, letaknya yang dekat dengan pemukiman para direksi PT INCO, sehingga wajar jika pengelolaannya sangat optimal.

Bagi yang sedang mencari tempat liburan yang nyaman, sepi dari keramaian dan tentunya murah, Anda bisa memilih pantai dengan ombak yang landai di pantai ini.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Salonsa

Atraksi di pantai SalonsaKredit foto: Instagram oleh Yuni ‘ian’ Yuliawan

Tempat wisata terkenal di Luwu Timur ini memiliki berbagai daya tarik mulai dari ombak yang tenang hingga pohon buah Dengen buah khas Sulawesi Selatan. Mau tahu sejauh mana daya tarik pantai berpasir putih ini terbentang?

1. Gelombang Tenang

Jika pantai biasanya memiliki ombak yang cukup tinggi dan menerjang pantai setiap beberapa menit, maka Pantai Salonsa tidak memiliki ombak yang besar. Hanya ada ombak kecil seperti riak air yang menimbulkan suara unik setiap pecah di pantai.

Bagi sebagian orang, pantai dengan ombak yang tenang lebih disukai karena bisa beraktivitas lebih leluasa tanpa harus khawatir dengan datangnya ombak yang tinggi.

2. Pemandangan Danau Matano

Para pengunjung yang datang ke wisata menawan yang dipenuhi pepohonan rindang ini juga akan terpesona dengan pesona Danau Matano. Danau Luwu Timur yang terkenal memiliki panjang 28 km, lebar 8 km, dan luas 164 kilometer persegi.

Danau ini merupakan danau purba karena telah ada selama jutaan tahun dan terbentuk akibat gempa tektonik pada masa Pleosan. Oleh karena itu, danau ini dilestarikan dan dijaga baik sebagai kawasan alam maupun sebagai objek wisata yang dilindungi.

3. Sunset dan Sunrise di Pantai Salonsa

Menarik juga untuk menikmati sunrise dan sunset di Pantai Salonsa, teriknya matahari pagi yang muncul pertanda hari semakin cerah.

Demikian juga saat matahari terbenam jika Anda dapat menemukannya Pekerjaan saat itulah Anda bisa mengabadikan momen sunset yang langka menjelang malam.

Musim ke-4 kupu-kupu

Pantai yang merupakan tempat rekreasi keluarga ini sering disebut Pantai Kupu-Kupu karena pada waktu-waktu tertentu menjadi habitat metamorfosis kepompong yang berubah menjadi kupu-kupu cantik.

Jika beruntung, Anda yang berwisata ke sana bisa melihat gerombolan kupu-kupu yang baru menetas terbang ke langit dengan warna-warnanya di Pantai Salonsa. Nan Bagus.

5. Makan buah dengen

Buah Dengen merupakan buah khas Luwu Timur yang hanya terdapat di daerah ini dengan ciri khas perpaduan jeruk dan salak. Warna buah yang masak berwarna jingga-kuning dengan kelopak terbuka menyerupai bunga mekar.

Bulan-bulan tertentu merupakan waktu pemanenan buah Dengen, yaitu saat pohon Dengen menguning dengan buah yang melorot. Pengunjung juga bisa mencicipi rasa asam aslinya, namun biasanya diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Ada yang dibuat menjadi manisan, sirup dan aneka racikan lainnya yang juga menjadi oleh-oleh khas Luwu Timur dan sekitarnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SalosaSumber gambar: Twitter pemandu Makasar

Pantai Salonsa terletak di wilayah Magani, Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Mereka yang belum pernah ke sana dapat mencari di Internet alamat dan rute terbaik ke tujuan wisata ini, dengan akurasi yang terjamin.

Rute perjalanan dari pusat Kabupaten Luwu Timur di Malili memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak tempuh 67,4 km.

Dari pusat Malili, melalui Jalan Dr. Pergi ke Sam Ratulangi atau Jalan Poros Tomoni-Malili lalu masuk ke jalan utama Tabarano-Malili-Sorowako melalui Jalan Anggrek yang berada di kawasan Magani.

Pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil, karena akses menuju wisata indah ini terbilang baik dan tidak sulit.

Bagi yang berdomisili di Kota Makassar dan ingin menikmati keindahan pantai ini, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai di kawasan Pantai Salonsa yang memakan waktu sekitar 13 jam perjalanan dengan mobil. Salah satu rute tercepat adalah melalui Jalan Poros Palopo Makassar.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Berapa biaya masuk di Pantai Salonsa? Sama seperti pantai-pantai lain di kawasan Luwu Timur yang harganya sekitar Rp 10.000 untuk satu orang, baik anak-anak maupun dewasa. Lalu, dari pagi hingga malam, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya.

Untuk menghindari ramainya wisatawan yang datang, Anda bisa memilih datang selain akhir pekan karena pada hari jumat, sabtu dan minggu biasanya pengunjung akan ramai terutama saat musim liburan.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Salonsa

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai SalonsaSumber gambar: Twitter pemandu Makasar

Saat berkunjung ke suatu tempat wisata, tentu orang ingin melakukan berbagai aktivitas seru. Di Pantai Salonsa, berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan sendiri, bersama keluarga atau bersama rombongan masyarakat.

1. Berenang

Ini adalah kegiatan yang paling sering dilakukan oleh pengunjung, baik anak-anak maupun orang dewasa. Karena pantai ini memiliki ombak yang kecil, maka cukup aman untuk berenang seperti di kolam renang.

Yang tersisa hanyalah menemukan area dengan kedalaman yang tepat, lalu jelajahi kemampuannya sampai puas. Jika Anda ingin mengajari anak berenang, ini juga sangat tepat.

2. Berkemah

Adanya dataran yang menjorok ke pantai dengan struktur dasar yang cukup rapat memungkinkan pengunjung untuk mendirikan tenda berkemah Di sana. Juga pada waktu-waktu tertentu sering digunakan oleh berbagai masyarakat sebagai tempat perkemahan, tentunya dengan peralatan masing-masing.

3. Piknik

Di bawah pepohonan rindang yang tersebar luas di pantai Salonsa, juga bisa dijadikan tempat strategis untuk piknik keluarga.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah membawa perlengkapan piknik seperti tikar, bekal yang cukup dan lainnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan mengumpulkan sampah piknik di tempat sampah yang disediakan atau dengan membawa sendiri.

4. Kano

Ada juga kano atau perahu kecil yang bisa disewa untuk menjelajahi pantai. Sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar aktivitas menikmati pemandangan alam di tengah laut semakin tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di pantai SalonsaKredit foto: Instagram Jumiati Marjudi

Empat fasilitas utama tersedia di tempat wisata ini, membuat pengunjung betah tanpa harus melakukan berbagai aktivitas.

1. Parkir

Bagi yang datang dengan kendaraan pribadi tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua dan empat. Parkir aman juga tersedia jika Anda bepergian dengan rombongan dengan bus.

2. Masjid

Tersedia pula musholla bagi pengunjung muslim yang ingin salat lengkap dengan tempat wudhu dan perlengkapan salat.

3. Akomodasi

Ada juga sejumlah penginapan berharga di sekitar Pantai Salonsa yang bisa dipilih jika wisatawan ingin menjelajahi pantai lebih jauh keesokan harinya.

4. Toilet

Fasilitas ini juga tersedia di beberapa lokasi, sehingga memudahkan pengunjung untuk memanfaatkannya dengan baik saat dibutuhkan.

Daripada harus jauh-jauh ke Bali untuk melihat Pantai Sanur, kunjungi saja Pantai Salonsa karena ombaknya yang lembut dan atraksi terbaiknya. Wisatawan pasti puas menghabiskan waktu di sana dan ingin kembali lagi dan lagi saat liburan berikutnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button