Tempat Wisata

Pantai Samudra Baru, pantai indah dengan pesona pasir hitam di Karawang

harga tiket: 10.000 Rp Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sungaibuntu, Kec. Pedes, Cab.Karawang, Jawa Barat; Map: pemeriksaan situs

Pantai selalu menjadi tempat liburan yang menyenangkan dan menarik, terutama untuk rekreasi keluarga. Begitu pula dengan Pantai Samudra Baru di Desa Sungaibuntu yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun domestik. Pengunjung akan semakin banyak terutama pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur.

Beragamnya atraksi wisata Karawang ini membuat pengunjung asyik bermain hingga lupa waktu, terutama anak-anak. Kesegaran air pantai terlihat sejauh mata memandang, begitu pula langit biru putih cemerlang seolah menyelimuti pantai. Selain itu pasir hitamnya yang membentang menjadi keindahan yang masih terlihat alami.

Berbagai aktivitas menarik juga bisa dilakukan di Pantai Samudra Baru, seperti; B. rumah balon, bermain pasir, berenang dengan tabung udara dan permainan lainnya. Hampir semua aktivitas pantai menarik ditawarkan pengelola untuk menarik pengunjung.

Daya pikat yang dimiliki oleh New Ocean Beach

Atraksi Pantai Samudera BaruFoto oleh Siti Nur Hasanah di Google Maps

Tentunya yang terpenting sebelum mengunjungi suatu tempat wisata adalah daya tarik yang ada di tempat tersebut. Dari situ wisatawan bisa mempersiapkan diri dan keluarga atau temannya berwisata ke sana. Agar persiapan lebih optimal dan liburan semakin menyenangkan dan tak terlupakan, beberapa tempat wisata di Pantai Samudra Baru telah kami rangkum berikut ini!

✦ Pasir hitam

Bermain di pantai berpasir putih sudah menjadi hal yang biasa dan dilakukan oleh banyak orang, namun bermain di pantai berpasir hitam adalah sesuatu yang luar biasa. Inilah keunikan pantai eksotis ini karena terbentang di atas pasir hitam. Namun makhluk laut seperti siput, kerang dan lain-lain sama saja dengan pantai berpasir putih.

Meski pasir di Pantai Samudra Baru berwarna hitam pekat, namun tidak membuat wisatawan bermata biru atau ragu untuk bermain-main di pantai tersebut. Bahkan banyak wisatawan yang bermain bersama keluarganya, seperti mengubur bagian tubuh, memasukkan pasir ke dalam karung, dan masih banyak lagi. Permainan ini membuat mereka tertawa dan bersenang-senang.

✦ Air laut dangkal

Ada cerita dan berita tentang orang-orang yang tenggelam di pantai, tersapu ombak, bahkan sekarat. Hal inilah yang membuat sebagian masyarakat khawatir hingga membatasi atau melarang keluarganya, terutama anak-anak, untuk bermain di pantai saat berlibur.

Namun kunjungan ke Pantai Samudra Baru nampaknya mampu meredam kekhawatiran tersebut karena pantai ini memiliki air laut yang dangkal hingga ratusan meter dari bibir pantai. Sementara itu, ombak yang bergulung dari tengah hingga ke bibir pantai juga tidak terlalu deras dan ganas. Wisatawan yang bermain tidak perlu khawatir terseret ombak, keamanan terjamin dan terkendali dengan baik. Sangat cocok bagi pengunjung yang ingin belajar berenang di tempat ini.

✦ Panorama alam yang indah dan eksotis

Pantai selalu memberikan kesegaran jiwa. Saat melihatnya dan mendengarkan deburan ombak yang bergulung-gulung, hati terasa tenang, tenteram, sejuk dan segar. Di pantai cantik ini juga panorama alam yang indah dan eksotik menanti anda yang akan memanjakan mata dan telinga wisatawan. Saat matahari terbit dan terbenam menghadirkan keindahan yang luar biasa bagi setiap orang yang melihatnya.

Selain itu, ombak di pantai ini seolah berlarian hingga ke pinggir pantai, menambah keindahan dan keindahan tersendiri sehingga menarik minat wisatawan untuk menonton film dokumenter tersebut. Angin berhembus seolah menyapa pepohonan hijau yang berdiri di sekitar tempat itu, yang membuat suasana liburan semakin terhibur karena penat seakan terlampaui.

✦ Saksikan pemandangan matahari terbenam

Banyak sekali fenomena alam yang indah di dunia ini, salah satunya adalah menyaksikan matahari terbenam. Bagi Anda yang masih hanya melihat matahari terbenam di foto atau di Youtube, inilah saatnya menikmati pemandangan di Pantai Samudra Baru. Di sinilah Anda bisa melihat matahari terbenam dengan mata telanjang.

Jalur cahaya Matahari mulai perlahan berubah menjelang senja, turun ke arah barat di atas pukul 17.45 WIB, terlihat jelas tanpa penghalang. Saat itu, banyak wisatawan yang mulai mengambil kamera atau ponselnya dan berpose untuk mengabadikan momen indah tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat New Ocean BeachFoto oleh Yuichi Sekiguchi di Google Maps

Pantai Samudra Baru berada di lokasi yang cukup strategis sehingga mudah ditemukan dan diakses dengan kendaraan apa pun. Jika Anda dan keluarga ingin mengunjungi tempat wisata ini, lokasi tepatnya bisa Anda temukan di Jalan Raya Sungai Buntu, Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

Jarak menuju tempat wisata ini hanya sekitar 35 km dari pusat Kabupaten Karawang, sehingga membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit berkendara. Namun, jika wisatawan memulai perjalanannya dari Cikarang, mereka harus melalui Jalan Proklamasi dan kemudian menuju kawasan terminal Rengasdengklok Tanjungpura.

Jarak perjalanannya sekitar lebih dari 20 km dan memakan waktu sekitar 45 menit. Tidak jauh dari terminal terdapat Pasar Rengasdengklok. Ambil jalan lurus ke arah Karangjati hingga sampai di kecamatan Pedes. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan mengambil jalan lurus hingga mencapai pertigaan di desa Sungaibuntu hingga tiba di Lapangan Pelelangan Ikan. Kemudian lanjutkan ke utara sekitar 0,5 km dan sampai di objek wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Meski Pantai Samudra Baru masih terlihat alami, namun telah dikelola secara profesional oleh warga dan pemerintah setempat. Oleh karena itu, diperlukan biaya operasional untuk pemeliharaan dan pemeliharaan guna menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan. Berbagai biaya ditanggung oleh wisatawan yang berkunjung.

Biaya tersebut sebagian sudah termasuk harga tiket Rp 10.000 per orang, jika membawa sepeda motor berduaan hanya membayar Rp 10.000 per orang. 15.000. Namun jika rombongan membawa mobil pribadi, biaya masuknya hanya Rp 30.000 saja. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan manajemen.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai Samudra BaruFoto oleh Wasis Yuliyanto di Google Maps

Bukan hanya atraksi saja yang ingin diketahui wisatawan, namun aktivitas menarik juga sangat penting untuk diketahui. Hal inilah yang membuat pengunjung tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Berikut beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa Anda dan keluarga lakukan selama menginap!

1. Berenang di pantai yang dangkal

Pantai-pantai di Karawang kedalamannya bervariasi bahkan cenderung labil. Selain itu, ombak di sana relatif ganas dan cukup berbahaya bagi wisatawan. Namun, berbeda jika Anda berada di Pantai Samudra Baru. Pantainya hanya sedalam dada orang dewasa dan tetap stabil hingga ratusan meter dari bibir pantai.

Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini, karena kondisi pantai yang ramah dan tidak berbahaya dapat dimanfaatkan untuk belajar berenang. Selain itu, jika lelah berenang, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti vlogging di tengah pantai.

2. Bersantai di gazebo

Tersedia gazebo bagi wisatawan yang merasa lelah setelah perjalanan jauh dan ingin beristirahat atau bersantai sejenak. Aktivitas bersantai di pendopo sangat menarik, karena wisatawan tidak hanya bisa duduk manis sambil minum kopi atau teh panas, tapi juga mengagumi berbagai keindahan alam Pantai Samudra Baru. Rasa penat, bosan dan penat lambat laun akan mereda hingga tubuh pulih kembali.

3. Perjalanan dengan perahu

Selain berenang dan bersantai di gazebo, aktivitas menarik lainnya adalah menaiki perahu nelayan. Tempat tersebut menawarkan penyewaan perahu bagi wisatawan yang ingin mengelilingi pantai dan melihat panorama alam yang eksotis dan indah. Suara deburan ombak dan semilir angin laut memberikan liburan serasa berpetualang di laut.

4. Photo Hunting di Pantai Samudra Baru

Berbagai kegiatan menarik dilakukan seperti berenang, bersantai di gazebo, boat trip dan kegiatan lainnya yang rasanya kurang lengkap tanpa dokumentasi. Selain itu banyak tempat yang indah dan menarik untuk mencari foto seperti gulungan ombak, sunset, pohon kelapa, mangrove, ornamen kayu “I LOVE U” dan berbagai tempat eksotis lainnya di Pantai Samudra Baru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas tepi lautFoto oleh Bagus Hendri Setyawan di Google Maps

Berbagai fasilitas pendukung tersedia untuk menjamin keamanan dan kenyamanan wisatawan. Tersedia tempat parkir mobil yang sangat luas dimana anda bisa memarkir mobil atau motor. Selain itu, terdapat juga toilet umum yang dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin berganti pakaian, menyiram atau buang air besar.

Bagi wisatawan yang ingin salat, di tempat ini juga terdapat musala. Jika Anda baru sampai atau hendak pulang namun perut terasa lapar, restoran dengan berbagai menu juga tersedia untuk wisatawan. Anda bisa mencari tahu dulu mengenai harganya atau jika ragu bisa bertanya terlebih dahulu.

Tempat wisata Pantai Samudra Baru Karawang ini buka 24 jam sehari dan tidak ada hari libur. Jadi jika wisatawan ingin berkunjung, tempat ini cocok untuk Anda. Agar tidak kesepian, jangan lupa untuk berbagi kegembiraan dengan anggota keluarga lainnya. Tidak disarankan datang sendiri karena bisa jadi liburan akan sia-sia. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tempat dan menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button