Tempat Wisata

Pantai Seger Kuta, pantai indah dengan panorama alam yang mempesona di Lombok

Pantai Seger Kuta, pantai indah dengan panorama alam yang mempesona di Lombok

Pantai Seger Kuta adalah salah satu pantai terpenting di Kuta lombok, Nusa Tenggara Barat menawarkan pemandangan alam yang indah serta budaya tradisional.

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pujut, Cab Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pantai Seger Kuta merupakan pantai dengan sejuta pesona. Mulai dari panorama yang mempesona, ditambah dengan unsur tradisional dari cerita legenda tentang Putri Mandalika Lombok. Dua hal ini saja sudah bisa menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Destinasi ini memiliki kemampuan untuk memukau pengunjung dari dalam dan luar negeri. Dengan luas pantai yang luas, wisatawan bisa mencoba beberapa titik pantai yang terbagi menjadi tiga bagian. Setiap bagian berpotensi menjadi tempat kegiatan yang menarik.

Selain itu, lokasi pantai ini tidak sulit dijangkau, sangat strategis. Perjalanan dapat ditempuh tanpa kesulitan yang berarti. Yang lebih menarik lagi, fasilitas yang ada di pantai Seger Kuta juga cukup memadai bagi wisatawan untuk menikmati liburannya secara maksimal.

Daya tarik tersebut dimiliki oleh Pantai Seger Kuta

Objek wisata Pantai Seger KutaSumber gambar: Google Maps Urs Dreyer

Lombok memang terkenal dengan pantainya yang indah. Selain berdekatan, panorama yang ditawarkan juga tidak main-main. Salah satunya adalah Pantai Seger. Daya tarik seperti apa yang menjadi magnet bagi pengunjung ini?

1. Panorama alam

Daya tarik pantai ini adalah pesona alamnya yang menakjubkan. Wisatawan dapat menemukan pasir yang indah dan bukit-bukit yang menjulang tinggi. Saat musim kemarau pantai terlihat lebih cerah, cocok untuk tertangkap kamera.

Pemandangan perbukitan dan pegunungan dapat terlihat lebih jelas. Pesona alam yang tidak terpengaruh kabut seperti cuaca mendung, menjadikannya subjek foto yang sempurna baik saat matahari terbit maupun terbenam.

Namun saat musim hujan panorama yang ada tidak menjadi jelek. Wisatawan hanya akan mendapatkan getaran yang berbeda karena udara yang sejuk tetap ada sembari memanjakan mata dengan pemandangan hijau yang memanjakan mata.

2. Ritual Mencium Nyale

Ritual Bau Nyale berlangsung di Pantai Seger setiap tahun dari Februari hingga Maret. Wisatawan diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam ritual ini. Nyale sendiri merupakan legenda yang berkembang di masyarakat setempat. Legenda ini menceritakan tentang cacing laut penjelmaan Putri Mandalika.

Tradisi ini sudah ada sejak lama. Untuk mengikuti ritualnya juga sangat mudah. Wisatawan cukup mewaspadai cacing laut di Pantai Seger Kuta, Lombok. Carilah dalam jumlah banyak agar bisa diolah menjadi makanan siap saji nantinya.

3. Pembagian pantai

Ada tiga bagian pantai yang masing-masing menawarkan panorama yang menakjubkan. Dimulai dari utara yang airnya jernih dan ombaknya tenang. Ada juga tugu peringatan Putri Mandalika yang bisa dijadikan objek foto.

Kemudian bagian tengah pantai langsung diapit oleh hamparan sawah yang hijau. Titik ini disebut Seger 1. Di tengah lautnya terdapat tumpukan batu laut berwarna hitam, dimana juga terdapat jalan setapak di pesisir pantai Seger Lombok 1 yang berpasir putih. Lautnya yang biru dengan ombak yang besar sangat cocok untuk berselancar.

Lalu ada pantai selatan yang juga dikenal dengan nama Seger 2. Pantai ini memanjang dimana terdapat batu karang mirip jamur yang disebut Batu Tengkong (Batu Jamur). Wisatawan bisa berenang di sini karena ombak lautnya tidak terlalu besar.

4. Hewan ternak di dekat pantai

Di sekitar Pantai Seger Kuta terdapat ternak yang dipelihara untuk digembalakan oleh masyarakat. Salah satu hewan ternak yang sering dijumpai di sekitar pantai adalah kerbau.

5. Jembatan penghubung antar daerah

Pemerintah juga sedang membangun jembatan penghubung di kawasan pesisir agar beberapa kawasan di sekitarnya dapat terhubung. Destinasi yang bisa dikunjungi melalui jembatan ini adalah Pantai Kuta, Bukit Seger, Gili Suguh, Gili Lawang, Gili Peneteh dan Bukit Putri Nyale.

Alamat dan rute menuju lokasi

Objek wisata Pantai Seger KutaKredit Foto: Google Maps Fathur Razak

Pantai Seger Kuta terletak di Sukadane, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pengunjung dapat memulai itinerary dari Bandara Internasional Lombok dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di tempat tujuan.

Jika memilih titik keberangkatan dari pusat kota Mataram, waktu tempuhnya sekitar satu jam. Jika sebelumnya Anda pernah menginap di kawasan Kuta, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit berkendara untuk sampai ke tempat tujuan.

Akses menuju destinasi juga terbilang mudah karena pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transportasi seperti sepeda motor, mobil, angkutan umum bahkan taksi. Jalur utama yang sering dipilih adalah melalui Jalan Kuta Lombok dan Jalan Batunyala.

Selain itu, wisatawan juga diperbolehkan bepergian dengan rombongan menggunakan bus. Bagi yang baru pertama kali berkunjung, tidak perlu khawatir tersesat karena warga sekitar bisa langsung menanyakan arah.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Pengunjung bisa datang ke pantai Kuta Lombok kapan saja karena jam operasionalnya 24 jam sehari. Harga tiket masuk ke Pantai Seger cukup terjangkau, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk satu orang.

Lebih spesifiknya, nominal Rp 5.000 merupakan tiket weekday, sedangkan Rp 10.000 merupakan harga untuk akhir pekan atau high season. Biaya parkirnya sendiri adalah Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Namun nominal harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan operator objek wisata. Tentunya harga yang terjangkau tersebut cukup untuk menjelajahi seluruh pantai Seger, meskipun belum termasuk biaya sewa kendaraan, akomodasi dan biaya lainnya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Seger Kuta

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Seger KutaKredit foto: Google Maps Heidi Li

Liburan di pantai kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan beberapa aktivitas menarik. Selain itu, inilah Pantai Seger Kuta Lombok yang lautnya jernih bisa dijadikan tempat aktivitas air. Kegiatan apa yang direkomendasikan?

1. Snorkeling, selancar, berenang

Di pantai ini, wisatawan diperbolehkan melakukan berbagai aktivitas air, seperti berenang dan snorkeling. Snorkeling memungkinkan pengunjung untuk langsung menikmati keindahan alam bawah laut. Berbagai ikan unik dan terumbu karang tumbuh di laut.

Selain itu, selancar adalah aktivitas air lain yang menarik. Meski ombak di Pantai Seger Kuta tidak terlalu besar, namun aktivitas ini tetap menantang. Di pantai yang indah ini Anda bisa berenang dan sekedar bermain air.

2.Bukit Seger

Wisatawan tidak hanya bisa bersenang-senang di Pantai Seger Kuta, tetapi juga menyempurnakan liburan mereka dengan mendaki bukit-bukit kecil yang mengelilingi pantai. Di puncak bukit Anda bisa melihat seluruh pantai secara utuh.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Seger Kuta LombokKredit Foto: Google Maps Nona Jhe

Sebagai salah satu tempat wisata utama, Pantai Seger menawarkan berbagai fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Toilet dan kamar kecil untuk keperluan aktivitas air.
  • Villa atau homestay sederhana. Wisatawan bisa bermalam di dekat Pantai Seger Kuta. Beberapa penginapan telah didirikan di pantai, antara lain Pipe Dream, Villas, Aerotel Tastura, Novotel Lombok, dan Siesta House.
  • Tempat parkir yang luas. Jadi, wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir. Tempat parkirnya memiliki daya tampung yang luas, sehingga kendaraan seukuran bus wisata pun bisa parkir.
  • Bagi wisatawan yang ingin bersantai, pengelola pantai juga menyediakan saung, gazebo, dan kursi pantai.
  • Selain itu, tersedia berbagai warung makan, restoran, dan warung bagi wisatawan yang ingin berwisata kuliner.
  • Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah bangunan bersejarah, seperti Monumen Putri Mandalika, Batu Jamur dan lain sebagainya.
  • Ada juga pertokoan dan mall yang menjual pernak-pernik souvenir dan jajanan khas Pulau Lombok.

Menjelajahi wisata laut di Pantai Seger Kuta Lombok sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memiliki pengalaman unik dan menarik. Selain dicirikan oleh panoramanya yang indah, pengunjung dapat mengikuti ritual Bau Nyale yang rutin dilakukan setiap tahun.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button