Tempat Wisata

Pantai Semeti Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pantai J L. Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabin Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; map: Cek lokasi

Pantai Semeti memiliki pemandangan yang memukau siapa saja. Tebing karang di sekitarnya menambah daya tarik tempat ini. Ini adalah salah satu tempat paling populer bagi wisatawan dari luar daerah, bahkan luar negeri. Dengan ini, nama pantai saat ini semakin meningkat.

Meski tempatnya cukup jauh dari pusat kota, wisatawan tidak malas untuk datang ke pantai berpasir putih ini. Ada banyak batu dengan ukuran besar. Bahkan ada yang sebesar rumah. Batuan ini akan menyambut Anda saat pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Semeti di Lombok Tengah.

Pantai ini memiliki banyak atraksi, sehingga banyak wisatawan yang betah untuk tinggal di sana. Berikut ini adalah gambaran tentang objek wisata, fasilitas, dll yang terkait dengan Pantai Semeti.

Atraksi Pantai Semeti

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai SemetiKredit foto: Instagram KOMODO TOUR | OPERATOR TUR

Seperti yang telah disebutkan di atas, Pantai Semeti ini memiliki banyak objek wisata. Sehingga dapat menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung ke pantai tersebut. Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa Anda temukan di pantai yang satu ini.

1. Batu karang yang indah

Daya tarik utama adalah Anda dapat menemukan banyak batu karang di sekitar pantai. Batuan ini berukuran sangat besar. Menemukan batu seukuran mobil atau rumah tidaklah sulit.

Bentuk batunya juga sangat unik. Nanti Anda akan melihat bukit gundul di bagian atasnya yang ditumbuhi tanaman hijau. Hal ini terjadi karena batuan tersebut berlapis-lapis dan juga saling berhubungan.

Keindahan bebatuan dengan gradasi warna coklat, hitam bahkan abu-abu mampu menarik orang untuk menggunakannya sebagai background foto.

2. Banyak spot foto menarik

Spot foto menarik mudah ditemukan di Pantai Semeti. Baru saja memasuki kawasan pantai, Anda sudah dihadapkan dengan hamparan pasir putih yang bisa dijadikan spot foto menghadap ke laut biru. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa datang saat cuaca cerah atau mendung.

Pemandangan batu karang yang terlihat seperti pagar dan seolah melindungi pantai, juga bisa dijadikan spot foto yang menarik. Ditambah lagi, ketika ombak besar datang dan memecahkan batu karang di saat yang tepat, Anda akan mendapatkan foto yang sempurna.

Ada juga spot foto lain yang bisa ditemukan di pantai ini, yaitu hamparan pasir putih yang bersih. Gemerlap air laut membuat laut terlihat seperti berlian. Saat siang hari, pemandangan terlihat semakin indah.

Karena itu, jika Anda berencana untuk datang ke Pantai Semeti, jangan lupa membawa kamera. Karena banyak sekali pemandangan yang indah untuk diabadikan di pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SametiKredit foto: Instagram Dermanto Ang

Pantai Semeti Lombok terletak di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, tak jauh dari Jalan Pantai Mawi. Jika Anda berada di pusat kota dan berkendara ke tempat tersebut, akan memakan waktu setidaknya 2 jam untuk mencapai pantai. Bagi anda yang tidak membawa kendaraan sendiri, anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang bisa anda gunakan dengan cara menyewanya.

Ada banyak rute yang bisa dipilih. Namun, jalur yang biasa digunakan adalah Jalur Pantai Selong Belanak yang terletak di dekat pantai ini. Mengemudi rute ini tentu bisa menghemat waktu saat melewati perbukitan.

Selain itu, jalur yang Anda pilih nantinya juga lebih sepi. Jarang menemukan rumah di sepanjang jalan. Nantinya, setelah melewati jalan tersebut, Anda akan sampai di pintu masuk Pantai Mawi, gerbang utama menuju Pantai Semeti.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pantai SametiKredit foto: Instagram Stevie

Bagi Anda yang memang berencana mengunjungi Pantai Semati dan menikmati keindahan alam di sana, maka biaya yang dikenakan di sini hanya Rp 5.000 untuk 1 orang.

Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik ke pantai. Tentunya dengan harga yang sangat terjangkau tidak akan membebani wisatawan yang datang.

Aktivitas Seru di Pantai Semeti

Aktivitas seru di Pantai SemetiKredit foto: Instagram Dermanto Ang

1. Berenang di pantai

Salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Pantai Semeti adalah berenang. Pantai ini memiliki ombak dengan arus yang cukup tenang. Selain itu, wilayah pesisir juga memiliki kedalaman yang cukup dangkal, sehingga cocok untuk berenang.

Wisatawan yang datang bersama anak-anak juga diperbolehkan berenang di pantai asalkan mengutamakan keselamatan di sini. Air laut kemudian memastikan perasaan tubuh lebih segar. Selain itu, jika Anda berenang di sini bersama keluarga, teman atau sahabat, akan lebih seru lagi.

2. Memancing di bebatuan

Kegiatan seru selanjutnya adalah memancing. Di sini Anda akan menemukan banyak orang yang datang untuk memancing. Bukan hal yang aneh bagi para pemancing untuk membawa pulang ikan berukuran besar. Memang tempat ini sangat cocok untuk Anda berlatih memancing.

Duduk di antara celah-celah Anda dapat melihat banyak ikan ditangkap oleh ombak. Bagi yang sengaja datang untuk memancing, sebaiknya pergi ke tempat ini pada sore hari. Karena saat ini banyak ikan yang mencari makan. Selain itu, air laut mulai menggenangi dan naik pada sore hari.

3. Snorkeling

Tidak diragukan lagi bahwa kegiatan ini akan sangat populer di kalangan wisatawan yang datang ke pantai. Pantai Semeti memiliki kekayaan biota laut yang beragam, seperti terumbu karang dan ikan-ikan kecil, yang bisa Anda nikmati sambil snorkeling.

Anda dapat menyewa peralatan untuk kegiatan ini. Memang beberapa warga sudah menyiapkan persewaan alat snorkeling seperti pelampung dan lain sebagainya. Anda dapat melihat ikan dengan warna berbeda berenang di sekitar Anda. Terumbu karang di pantai pasti akan membuat Anda bahagia.

Anda bisa mengamati keindahan pantai bahkan di kedalaman 3 meter. Wisatawan dapat menjelajahi bagian pantai. Bagi anda yang baru belajar, akan ada pendamping yang menemani anda.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke Pantai Semeti dengan sengaja hanya untuk melakukan aktivitas yang satu ini.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat pantai SametiSumber Gambar: Google Maps Hanna Riyanto

1. Sempiak Villas

Memiliki jarak sekitar 6 km dari tempat wisata pantai ini. Penginapan yang bertema klasik membuat banyak wisatawan luar daerah betah berada di penginapan tersebut. Salah satu fasilitas yang dimiliki Sempiak Villas adalah layanan spa. Dengan layanan ini Anda akan memiliki tubuh yang segar kembali nantinya.

2. Pondok Mangga

Tempat yang memiliki lingkungan yang nyaman ini memiliki pelayanan yang ramah. Selain itu, penginapan ini juga memiliki pemandangan yang indah. Dari Mango Lodge Inn Anda bisa melihat persawahan dan perbukitan yang hijau. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, seperti tempat parkir, kolam renang dan lain sebagainya.

3. Hotel Selong Belanak Bungalows

Selong Belanak Bungalows adalah hotel bintang tiga di dekat pantai. Hotel ini juga menawarkan akses langsung ke pantai. Pemandangan pantai yang indah di tengah Lombok ini dapat dilihat dengan indah melalui jendela kamar hotel pada sore atau pagi hari. Area di sekitar hotel juga ditumbuhi pepohonan. Itu membuat suasana jadi segar.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di area pantaiKredit foto: Google Maps Sylvester Dueloke

Pantai Semeti menawarkan berbagai fasilitas bagi pengunjung. Salah satu fasilitas yang ditawarkan pantai ini adalah tempat parkir yang luas. Tempat parkirnya sendiri menggunakan daun pandan kering sebagai atap yang melindungi kendaraan Anda dari panas.

Namun tidak hanya itu, Anda juga bisa bersantai di gazebo yang sengaja diletakkan di pinggir pantai untuk para wisatawan. Keindahan pantai ini membuat banyak wisatawan betah tinggal di sana.

Banyak dari mereka memutuskan untuk bermalam untuk menikmati keindahan pantai keesokan harinya. Oleh karena itu, seperti dijelaskan di atas, ada juga pilihan akomodasi bermalam.

Selain itu, ada banyak penjual makanan yang bisa Anda temukan di kawasan Pantai Semeti Lombok Tengah. Tentu menjadi ide yang menarik untuk menikmati jajanan sambil menikmati pemandangan pantai yang indah. Fasilitas lain yang bisa ditemukan adalah toilet umum.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button