Tempat Wisata

Pantai Sendang Biru Malang – Objek wisata seru dan tentunya indah!

Pantai Sendang Biru Malang – Objek wisata seru dan tentunya indah!

Pantai Sendang Biru merupakan salah satu tempat wisata pantai dengan pemandangan alam yang mempesona. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Malang.

Kali ini Wisataseru.com membawa Anda berkeliling menikmati keindahan alam pantai ini dengan perairan birunya yang indah.

Keindahan Pantai Sendang Biru MalangKeindahan Pantai Sendang Biru Malang

Atraksi lainnya: Objek wisata menawan Taman Selecta Batu Malang

Informasi Umum

  • alamat: Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • peta: Google Peta
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Nomor telepon:-
  • Biaya masuk: Rp 12.000 per orang

Lokasi Pantai Sendang Biru

Pantai indah ini sendiri terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang memiliki potensi besar sebagai objek wisata yang indah untuk dikunjungi.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menyeberang ke Pulau Sempu harus melewati Pantai Sendang Biru terlebih dahulu. Karena keberadaan Pulau Sempu, ombak di Pantai Sendang Biru tidak sebesar pantai Laut Selatan lainnya.

Pulau Sempu yang Eksotis

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang Pantai Sendang Biru, ada baiknya juga jika kita membahas sedikit tentang pulau yang sempurna dan eksotis ini.

Jika Anda juga ingin berlibur ke Pulau Sempu, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada pihak Resor Konservasi Daerah Pulau Sempu yang letaknya tidak jauh dari tempat penyimpanan kendaraan. Namun bagi Anda yang belum pernah mengunjungi pulau ini, disarankan untuk menggunakan jasa pemandu.

Setelah mendapat izin, Anda bisa menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Sempu. Waktu tempuh dari Pantai Sendang Biru menuju Pulau Sempu kurang lebih 20 menit.

Pulau dengan luas sekitar 877 hektar ini merupakan bagian dari cagar alam yang dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur Dan Departemen Kehutanan Indonesia. Tempat ini resmi diakui sebagai cagar alam sejak tahun 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.

Di Pulau Sempu dapat dijumpai berbagai vegetasi mulai dari Bendo (Artocarpus elasticus), Trimester (Terminalia), Wadang (Pterocarpus javanicus), Ketapang (Terminalia catappa), Waru Laut (Hibiscus tiliaceus), Pandan (Pandanus tectorius) dan Mangrove (Rhizophora ). mucronata dan Rhizophora apiculata) dan lain-lain.

Wisatawan yang berkunjung ke pulau ini pun bisa melakukan hal tersebut Trekking bersama Hutan di Pulau Sempu didampingi oleh pemandu yang berpengalaman. Setelah trekking Anda dapat menjumpai Segara Anakan indah dan eksotik.

Segara Anakan di Pulau SempuSegara Anakan di Pulau Sempu

Segara Anakan merupakan tempat wisata penting di Pulau Sempu. Pantai Segara Anakan memiliki pasir putih dengan ombak yang tenang. Air pantainya juga biru jernih dan dikelilingi oleh ikan-ikan kecil. Keindahan pemandangannya juga semakin indah dengan pemandangan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan hijau.

Pelelangan ikan di Pantai Sendang Biru

Meski Pantai Sendang Biru cukup terkenal sebagai tempat pendaratan dan pelelangan ikan, namun pantai ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Menariknya lagi pantai Sendang Biru mempunyai sumber mata air yang sangat jernih dengan warna biru yang sangat jernih.

Saat anda berkunjung ke Pantai Sendang Biru, anda tidak perlu khawatir jika memutuskan untuk bermalam di pantai ini karena disekitar pantai terdapat beberapa penginapan, balai kota, rumah jaga dan persewaan perahu yang bisa digunakan pengunjung untuk menjelajah pantai. pantai indah di Malang.

Pemandangan objek wisata Pantai Biru Sedang yang mempesona

Pemandangan mempesona yang ditawarkan di Pantai Sendang Biru memang cukup menarik. Selain pasirnya yang putih bersih dan air lautnya yang biru jernih, kehadiran perahu nelayan warna-warni di pinggir pantai juga menawarkan pemandangan pantai mata air biru yang indah.

    Keindahan Pantai Sendang Biru MalangKeindahan Pantai Sendang Biru Malang via Kaskus

Perahu-perahu ini tidak hanya digunakan untuk memancing, namun seringkali juga disewakan kepada wisatawan. Nantinya, Anda bisa menyewa perahu dari para nelayan tersebut untuk menikmati indahnya pemandangan Pantai Sendang Biru dari jarak dekat.

Artikel terkait: 76 Tempat Makan Enak di Malang, Referensi Wisata Kuliner

Di tengah laut nanti anda bisa melihat ke bawah, nah dari atas anda sudah bisa melihat pemandangan bawah laut dengan jelas, ikan-ikan kecil beraneka warna berenang di sela-sela karang, pasti akan menjadi pemandangan yang sangat indah.

Hal ini tentunya akan membuat kunjungan Anda ke tempat wisata Pantai Biru Sendang Malang menjadi tak terlupakan. Perahu ini dapat digunakan maksimal 12 orang dengan harga Rp 100.000 per perahu.

Keberadaan pantai mata air biru ini tidak lepas dari keberadaan mata air atau mata air yang berada di kaki bukit yang airnya berwarna biru dan sangat jernih.

Inilah cikal bakal nama pantai tersebut. Sampai sekarang warnanya biru. Lokasi yang beriklim sedang ini berjarak kurang lebih 1 km dari pantai barat. Dari pantai ini Anda naik ke sebuah desa yang mengarah ke jalur selatan.

Di sebelah kiri jalan dari pantai ini terdapat jalan setapak yang mengarah ke bawah bukit. Dari sini terdapat sumber air dengan luas sekitar 10 x 8 meter dan kedalaman sekitar 2,5 meter. Di kawasan tersebut terdapat dua sumber mata air, selain Sendang Biru juga terdapat Sendang Gambir, namun debit air Sendang Biru jauh lebih besar.

Biaya masuk ke Pantai Sendang Biru

Kemudian tiket masuk Pantai Sendang Biru Malang sangat terjangkau yaitu Rp 12.000 per orang.

Bagi Sobat Seru yang membawa kendaraan pribadi juga perlu mengeluarkan biaya parkir kendaraan yaitu sekitar Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk mobil.

Bagi pecinta Seru yang ingin lebih menikmati keindahan pantai, Anda bisa menyewa perahu yang disediakan pihak pengelola Pantai Sendang Biru. Jika Anda ingin merasakan menjelajahi pulau dengan perahu motor, harap siapkan tas seharga Rp 100.000 hingga Rp 150.000 untuk sekali jalan.

Agar liburanmu semakin seru, Sahabat Seru juga bisa menginap di berbagai akomodasi yang ada di sekitar pantai. Ada homestay yang bisa kita sewa dengan berbagai fasilitas pendukungnya, dan biaya sewa penginapan hanya sekitar 200.000 per malam.

Cara menuju Pantai Sendang Biru

Bagi pecinta Seru yang berangkat dari pusat kota Malang, pantai ini terletak sekitar 70 km sebelah selatan di Desa Sumber Agung di Kecamatan Sumber Manjing Wetan.

Terletak di Malang sendiri, pantai indah ini membentang sepanjang total 20 km di sekitar pantai, sejajar dengan Jalan Raya Nasional Balekambang-Bajul Mati-Sendang Biru.

Untuk menuju lokasi pantai, Sahabat Seru akan disuguhkan pengalaman seru dan sangat mempesona selama perjalanan.

Jalan menuju pantai ini merupakan bagian dari jalur Panggul-Sendang Biru-Jarit-Puger-Glenmore di Jawa Timur dengan total panjang sekitar 350,69 kilometer, dengan rencana pembangunan keseluruhan sepanjang 627,58 kilometer.

Sahabat Seru bisa mencapai lokasi pantai ini dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan untuk sampai ke sana.

Nantinya kita akan berkendara di jalan yang berbeda-beda, ada yang menanjak, menurun dan berkelok-kelok, sehingga kita harus tetap fokus dan waspada saat berkendara.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Sahabat Seru juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju lokasi pantai. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum melalui Terminal Malang Arjosari-Gadang Turen-Sendang Biru untuk menuju kota pantai Sendang Biru.

Daya Tarik Pantai Sendang Biru

Daya Tarik Pantai Sendang Biru Daya Tarik Pantai Sendang Biru

Mengapa kita berlibur di pantai ini? Apa saja daya tarik Pantai Sendang Biru, kenapa cocok kita jadikan tempat berlibur bersama orang tercinta? Nah, berikut beberapa alasannya:

1. Memiliki ombak yang tenang

Alasan pertama mengapa kita harus mengunjungi pantai ini adalah karena ombaknya yang relatif tenang sehingga sangat ramah untuk sobat bersenang-senang yang ingin bermain air sepuasnya, bahkan dengan anak-anak.

Hal ini tentunya cukup unik mengingat pantai selatan Pulau Jawa biasanya memiliki ombak yang relatif tinggi, namun di pantai ini justru sebaliknya.

Ombak di pantai ini tenang karena terdapat pulau yaitu Pulau Sempu yang berguna untuk menghalau ombak yang datang dari Samudera Hindia sehingga ketika sampai di pantai ukurannya lebih kecil karena sudah pecah.

Oleh karena itu, pantai ini sangat ramah bagi siapa saja yang ingin bermain air atau pasir sepuasnya tanpa takut terhanyut ombak.

2. Kawasan perburuan hasil laut

Ternyata pantai ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menangkap makanan laut segar. Ada banyak perahu nelayan yang berlabuh di sekitar pantai ini.

Wisatawan yang ingin membawa pulang hasil tangkapan lautnya bisa membelinya langsung dari nelayan yang ada di pesisir pantai, mulai dari ikan, kepiting, udang dan masih banyak lagi.

Selain bisa membelinya, Sahabat Seru juga bisa menyewa perahu nelayan untuk memancing di pantai ini dan berbagi hasil hasil laut atau sekedar menikmati hobi.

3. Nikmati pemandangan laut yang menakjubkan

Di pantai ini Sahabat Seru juga bisa menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Potensi keindahan lautnya yang begitu mempesona membuat pantai ini sangat layak untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Dengan kondisi air yang sangat indah, mulai dari air laut yang biru jernih dan tenang hingga pasir putihnya yang lembut, menjadikan perpaduan yang sungguh menakjubkan.

4. Basahi sesering yang Anda suka

Jika datang ke Pantai Sendang Biru jangan membawa baju ganti karena bermain air di sini sangat menyenangkan.

Jangan datang ke pantai tanpa basah. Asyiknya sekali bermain air bersama keluarga tercinta.

Selain itu, air pantainya yang sangat jernih dan ombaknya yang relatif tenang sangat cocok untuk Sobat Seru berenang. Bahkan bagi yang menyukai diving, tidak ada salahnya snorkeling di sini untuk menikmati keindahan biota laut lebih dalam lagi.

5. Mengunjungi Pulau Sempu

Aktivitas seru yang bisa kita lakukan selama berlibur di Pantai Sendang Biru adalah mengunjungi Pulau Sempu yang terletak di sekitar pantai.

Pulau kecil cantik ini menawarkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang kesini. Kita disuguhkan dengan alam pulau yang masih alami dan merupakan bagian dari kawasan lindung ini.

Pulau Sempu sendiri memiliki luas sekitar 870 ha. Untuk menuju pulau ini kita bisa menyewa perahu nelayan dengan biaya sekitar 100.000 rupiah.

Jika sobat Seru tertarik untuk berlibur ke pulau ini, disini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru, explore berbagai tempat keren dan terdapat beberapa danau terkenal di pulau ini seperti Telaga Lele atau Telaga Anakan yang keduanya memiliki keindahan yang luar biasa.

Menutup

Demikianlah informasi mengenai keindahan pemandangan alam yang ada disini pantai musim semi biru. Semoga bermanfaat. Apakah Anda tertarik untuk berlibur di pantai ini? Apa yang kamu tunggu? Ayo pergi ke TKP. Jangan lewatkan juga: 48 Tempat Wisata di Malang Jawa Timur Terpopuler

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button