Berita Wisata

Pantai Senipah berpotensi menjadi wisata unggulan di Kabupaten Paser

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Gunung Embun atau disebut juga Gunung Boga Kabupaten Paser ternyata memiliki potensi wisata lain yang dapat memanjakan wisatawan.

Salah satunya di kawasan pesisir yakni Pantai Senipah yang termasuk dalam Desa Senipah, Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Minggu (15/1/2023).

Asisten desa setempat Darwansa mengatakan, Pantai Senipah memiliki keindahan yang tak kalah dengan pantai-pantai lain di Kaltim.

Dibandingkan pantai Nipah-nipah di Penajam, Pantai Senipah lebih bagus lagi, ujarnya.
Dikatakannya, banyak penduduk Desa Senipah yang berkerabat dengan penduduk Balabalagan.

Balabalagan adalah pulau eksotik yang secara geografis berdekatan dengan Kabupaten Paser, namun secara administratif masuk dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulawesi Barat).

Baca juga: Gunung Embun Layak Jadi Spot Paralayang, Disporapas Paser Perlu Atasi Masalah Pendaratan di 2 Tempat

“Banyak warga Desa Senipah yang berprofesi sebagai nelayan berlayar ke Pulau Balabalagan,” tambah Darwan.

Proyek pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini menunjukkan keseriusan warga Desa Senipah dalam pengelolaan potensi wisata ini.

Hanya saja dari segi infrastruktur jalan masih perlu pembenahan untuk menuju lokasi Pantai Senipah.

“Untuk menuju Pantai Senipah, jika menggunakan transportasi air bisa memakan waktu empat hingga lima jam dari pelabuhan Senaken Tanah Grogot. Jika melalui jalur darat akan lebih lama,” jelasnya.

Baca Juga: Wisata Alam di Kaltim, Gunung Embun Paser Tempatnya Indah, Cocok Untuk Paralayang

Diakui Darwan, kendala akses jalan memaksanya melalui jalan Bitrung, Pamuka Utara, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan.

Ia ingin jalan menuju pantai Senipah diperbaiki, berharap ke depan desa Senipah dapat menjadi primadona untuk dikunjungi wisatawan melihat potensi keindahan alam dan kearifan lokal masyarakat setempat.

“Masyarakat Senipah berharap infrastruktur jalan, listrik dan jaringan internet yang selama ini menjadi kendala dapat segera teratasi,” kata Darwan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button