Berita Wisata

Pantai Sijile, Surga Baluran Bagi Anda Pencinta Ketenangan di Situbondo

SurabayaNetwork.id – Destinasi yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kabupaten Situbondo adalah Taman Nasional Baluran, sebuah taman nasional yang menyimpan begitu banyak tempat indah.

Taman nasional berjuluk Africa Van Java ini memiliki luas 25.000 hektar atau 25 kilometer persegi. Selain itu, Nasional Baluran juga memiliki pantai eksotis yang keindahannya tidak diragukan lagi, salah satunya adalah Pantai Sijile.

Bagi Anda pecinta ketenangan, Pantai Sijile adalah tempat yang tepat untuk mengisi liburan Anda. Pantai Sijile adalah sebuah semenanjung atau daratan yang menjorok ke laut, kemudian di bagian lain pantainya melengkung hampir setengah lingkaran, kemudian berbentuk teluk. Dengan demikian, terciptalah kombinasi yang indah dan eksotis antara semenanjung dan teluk.

Selain itu, Pantai Sijile memiliki pasir putih bersih, suasananya tenang, bahkan arus lautnya nyaris tidak beriak, jadi bagi Anda yang suka snorkeling atau sekadar berenang, tempat ini sangat cocok.

Pantai ini memiliki keistimewaan yang sangat indah yaitu akan muncul ketika air mulai surut, akan muncul dataran pasir putih menyerupai lidah, yang menjadi dasar dari nama pantai ini Sijile dalam bahasa Madura yang berarti lidah.

Apalagi panorama hutan mangrove dan Gunung Baluran sebagai latar belakang menambah keindahan Pantai Sijile.

Ferry Hidayat, salah satu pengunjung Probolinggo, mengaku baru pertama kali melihat pantai khas dengan bentuk gumuk pasir seperti lidah. “Awalnya saya tidak percaya Sijile begitu indah, tapi ketika saya di Sijile, saya hanya percaya ada banyak objek bagus untuk diabadikan di sini,” jelasnya.

“By the way, saya suka fotografi, pemandangan pantai Sijile sangat eksotis dengan pantainya yang melengkung, air laut yang tenang, latar depan pohon bakau dan latar belakang gunung Baluran, komposisi yang bagus,” tambah fotografer lanskap Probolinggo ini.

Pantai Sijile dapat diakses dari pintu masuk barat yaitu dari Posko Seksi Pengelolaan Taman Nasional Karangtekok, Dusun Karang Tekok, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Berlokasi di Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan alam rimbanya, sebelumnya akses menuju pantai Sijile sangat sulit namun sepi, kini akses jalan menuju pantai Sijile sedang dibangun.

Bahkan beberapa infrastruktur sudah mulai dibangun oleh pemerintah Kabupaten Situbondo untuk memudahkan pengunjung, meski belum rampung, kendaraan roda 2 dan 4 sudah bisa menyeberang ke pantai Bilik yang jaraknya tidak jauh. oleh Panti Sijile. Sebaiknya berkunjung saat cuaca cerah atau tidak hujan.

Waktu yang dibutuhkan dari pintu masuk Karang Tekok menuju Pantai Sijile kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan roda 2 atau 4.

1. PENGUNJUNG UMUM

Hari kerja (Senin s/d Sabtu)

– Turis asing (WNA) Rp.150.000,-/orang/hari

– Wisatawan Indonesia (WNI) Rp 5.000,-/orang/hari

b) Tiket masuk rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang)

– Wisatawan Asing (WNA) Rp.100.000,-/orang/hari

– Wisatawan Indonesia (WNI) Rp 3.000,-/orang/hari

Hari libur nasional (Minggu dan hari libur nasional)

a) Tiket masuk pengunjung umum

– Wisatawan Asing (WNA) Rp 225.000,-/orang/hari

– Wisatawan Indonesia (WNI) Rp7500,-/orang/hari

b) Tiket masuk rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang)

– Turis asing (WNA) Rp.150.000,-/orang/hari

– Wisatawan Indonesia (WNI) Rp.4500,-/orang/hari

2. REKREASI LUAR RUANGAN

a) Kegiatan wisata umum.

Pengamatan satwa liar Rp.10.000,-/orang/paket/aktivitas

b) Kegiatan kunjungan kelompok mahasiswa (minimal 10 orang).

Pengamatan satwa liar Rp.5.000,-/orang/paket/aktivitas

3. PENELITIAN

Peneliti asing/mahasiswa internasional (peneliti asing)

1 bulan Rp.5.000.000,-/orang

1 bulan – 6 bulan Rp 10.000.000,-/orang

7 bulan – 12 bulan Rp 15.000.000,-/orang

Peneliti Nusantara (Peneliti Indonesia)

1 bulan Rp.100.000,-/orang

1 bulan – 6 bulan Rp 150.000,-/orang

7 bulan – 12 bulan Rp 250.000.-/orang 7 bulan – 12 bulan Rp 250.000.-/orang

Sama seperti pelajar Indonesia (pelajar Indonesia), biayanya Rp 0,- (nol rupiah)

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran sudah termasuk semua destinasi yang ada di dalamnya, jadi Anda tidak perlu khawatir membayar tiket masuk lagi untuk setiap destinasi.

Selain Pantai Sijile yang eksotis, Taman Nasional Baluran juga memiliki pantai yang indah dan menarik serta destinasi lainnya yang tergabung dalam Labuhan Merak antara lain Pantai Bilik yang unik dengan pasir koral, Kampung Merak yang khas dengan koloni sapinya, Pantai Lempuyang yang khas dengan perbukitan karangnya.

Selain itu, ada juga pantai khas Siranda, Kakapa dan Batu Hitam dengan tumpukan batu hitam besar. ***

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button