Tak Berkategori

Pantai Sindangkerta Tasikmalaya – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Sindangkerta dengan panoramanya yang mempesona menjadi destinasi pantai indah di Tasikmalaya yang sayang untuk Anda lewatkan.

Harga tiket: Rp3.500, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sindangkerta, Kec. Cipatujah, Kab.Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Dikelilingi pemandangan alam, Pantai Sindangkerta sangat cocok dijadikan tempat rekreasi keluarga di Tasikmalaya. Siapapun yang berkunjung ke pantai ini pasti akan terkagum-kagum ketika melihat sudut wisatanya. Banyak sekali keindahan alam karena pantai ini dikelola dengan baik. Destinasi alam ini bisa anda kunjungi saat berlibur untuk sekedar bersantai bersama sanak saudara.

Wisatawan dapat menjelajahi kawasan pantai karena daratannya terlihat sangat luas jika dilihat dari ujung. Bahkan air laut di objek wisata mempesona ini sangat jernih dan menarik untuk dipandang mata. Tidak ada sampah yang berserakan di laut, pasir atau tempat lainnya. Kebersihan tempat menjadi hal terpenting dan selalu dijaga agar para tamu betah.

Bagi anda yang ingin melepas penat sangat cocok untuk datang ke objek wisata populer Pantai Sindangkerta. Kegiatan menyenangkan ini bisa dilakukan dengan mudah dengan menyiapkan perlengkapan pribadi dari rumah. Selain itu, angin pun terasa lebih segar karena banyak tumbuh pepohonan di sana. Oleh karena itu, pilihlah waktu terbaik untuk menghabiskan akhir pekan di pantai.

Objek Wisata di Pantai Sindangkerta

Daya Tarik Pantai SindangkertaKredit foto: Google Maps Ai Novia

Air laut

Pantai indah ini dikelilingi oleh air laut yang sangat bersih dan mampu memukau siapa pun. Gradien biru air lautnya bersinar indah di siang hari. Selain itu, pantulan sinar matahari membuat Pantai Sindangkerta terlihat bagaikan awan. Kebersihan lautnya kerap dinikmati pengunjung untuk bermain air karena udaranya yang sangat dingin.

Batuan karang yang tersebar di sepanjang pantai juga menjadi rumah bagi biota laut. Wisatawan bisa dengan mudah menemukan ikan-ikan kecil di bebatuan dengan corak warna-warni. Bagi yang ingin menjelajahi setiap biota yang indah bisa menyelam di pantai ini. Ombaknya yang tenang memudahkan wisatawan untuk melakukan snorkeling di kawasan laut.

Pemandangan indah

Pemandangan yang muncul dari tepi pantai menjadi incaran para pelancong. Disana juga terdapat pohon kelapa yang membuat suasana menjadi lebih sejuk. Wisatawan sering tinggal di dekat pohon untuk berteduh saat cuaca panas. Selain itu, wisatawan juga kerap mengabadikan momen dengan objek-objek yang ada di pemandangan alam.

Pasir putih Pantai Sindangkerta yang bersih menambah keindahan panorama yang memikat hati. Bahkan terdapat kursi santai yang disebar untuk para tamu yang ingin menikmati pemandangan. Anda bisa memilih sudut mana saja untuk menikmati dan mengabadikan keindahan pantai.

Tempat yang menarik

Anak muda yang sangat suka menyaksikan matahari terbit dan terbenam bisa datang ke Pantai Sindangkerta. Pasir dan pendopo menjadi tempat yang kerap ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru. Objek wisata populer ini memungkinkan Anda menyaksikan matahari terbit dan terbenam pada waktu-waktu tertentu.

Tentu saja tempat-tempat menarik tidak hanya bisa digunakan untuk melihat panorama alam, tapi juga sebagai background. Selain itu, setiap sudut menawarkan spot nyaman dengan pemandangan laut. Siapa pun yang memasuki kawasan rekreasi lokal ini pasti tidak ingin langsung pulang.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai SindangkertaSumber gambar: Google Maps Muhammad Rifki Zulfikar

Pantai Sindangkerta terletak tepat di Desa Sindangkerta, Tasikmalaya, Jawa Barat. Siapapun yang datang dari kota Tasikmalaya boleh membawa kendaraan apa saja. Waktu perjalanan diperkirakan sekitar 2 jam dengan koneksi jalan yang mudah. Selain itu, banyaknya angkutan umum dan ojek yang melewati kawasan tujuan wisata sehingga memudahkan perjalanan para tamu.

Perjalanan menuju pantai dapat dilakukan dari Jalan Raya Karangnunggal. Terus lurus ke Jalan Raya Cipatujah yang tidak jauh dari lokasi. Lanjutkan perjalanan menuju kawasan Karanganjar dengan jarak beberapa kilometer saja. Pengunjung akan menemukan pantai ketika memasuki kawasan ini karena desa tempat objek wisata berada terlihat ramai.

Meski letaknya cukup jauh dari Kota Tasikmalaya, namun wisatawan tidak akan kesulitan untuk berwisata ke sana. Apalagi kini sudah ada Google Maps yang mudah dilihat. Wisatawan juga sering bertanya kepada warga setempat tentang pantai tersebut. Dengan cara ini Anda tidak akan tersesat meskipun Anda belum pernah ke sana sebelumnya.

Biaya masuk wisata bahari

Biaya Masuk Pantai SindangkertaKredit foto: Google Maps Nanna Hery

Pantai Sindangkerta merupakan destinasi yang tidak memakan banyak biaya, meski digunakan sebagai tempat piknik. Biaya masuknya hanya Rp 3.500 per orang baik dewasa maupun anak-anak. Harga ini berlaku setiap hari mulai dari pembukaan hingga penutupan. Dana yang terkumpul digunakan untuk pengembangan pantai indah ini.

Biaya lain yang harus dibayarkan antara lain Rp 3.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 5.000 khusus parkir roda empat. Pajak yang ditentukan pasti terjangkau karena tidak terlalu mahal. Jika Anda bepergian dengan bus, Anda juga bisa parkir di area tersebut karena terdapat tempat khusus di sana. Artinya, wisatawan boleh membawa kendaraan apa pun selama berkunjung.

Wisatawan yang ingin membeli jajanan bisa mampir ke toko kelontong. Soal harganya pun tak perlu diragukan lagi karena sangat aman di kantong. Meski harga di pantai populer ini murah, namun keindahan alam di sana mampu memanjakan siapa pun. Bahkan ada banyak tempat di mana para tamu bisa singgah dan menikmati indahnya suasana di kawasan tersebut.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal seru yang bisa dilakukan di Pantai SindangkertaSumber gambar: Setyasult Penggemar Google Maps

1. Mengamati biota laut di Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta yang sangat bersih menawarkan beragam biota laut. Saat permukaan laut sedang rendah, beberapa ikan kecil terlihat jelas di bebatuan. Selain itu kerang dan kepiting juga sering bermunculan sehingga membuat traveler senang saat bermain. Rumput laut bahkan menambah keindahan pantai yang mudah ditemukan saat pengunjung berada di tepi pantai.

2. Bermain ayunan

Wisatawan yang menginap di objek wisata alam ini bisa mencoba berayun. Selanjutnya permainan menghadap air laut yang jernih. Anda bisa berpegangan pada tali yang tergantung di pohon kelapa. Ayunan ini selain bisa digunakan untuk bermain, juga bisa dijadikan tempat berfoto estetik karena terbuat dari kayu.

3. Ambil foto

Indahnya laut, pepohonan, dan pasir di Pantai Sindangkerta bisa dijadikan background foto. Ada juga mercusuar yang sering difoto karena unik sekali. Wisatawan yang mengabadikan momen dapat membelakangi tempat-tempat berbeda ini. Foto akan lebih bagus jika diambil dari sudut yang sesuai dengan arah matahari.

4. Berkemah

Biasanya pengunjung kerap menghabiskan waktu di lokasi perkemahan saat berlibur. Banyak yang membawa perlengkapan pribadi, termasuk pakaian, tenda, dan perlengkapan memasak. Menikmati serunya berkemah di pantai indah ini merupakan hal yang tidak akan pernah Anda lupakan. Anda bisa bersantai apalagi di malam hari dengan membawa hammock.

5. Lihat Acara Budaya

Diketahui, acara budaya bernama Hajat Lembur Mapag Taun berlangsung di Pantai Sindangkerta setiap tahunnya. Wisatawan bisa menyaksikan acara ini setiap tanggal 1 Januari. Penduduk setempat akan memanen hasil pertaniannya dengan pakaian adat. Peristiwa budaya ini sering diabadikan oleh beberapa wisatawan yang menghabiskan liburannya di wisata pantai.

6. Berenang

Menikmati jernihnya air laut sambil berenang sudah menjadi kebiasaan setiap tamu. Pada siang hari ombak pantai tidak terlalu besar seiring dengan surutnya air laut. Anda bisa bermain air atau berenang di tepian pantai untuk merasakan kesegaran laut. Biasanya para traveller juga kerap menyiapkan jaket pelampung saat berenang.

7. Bermain dengan pasir

Pasir pantainya terkenal sangat halus dan memiliki warna putih seperti kapas. Siapa pun yang menginjak kawasan berpasir ini akan merasa nyaman karena tidak ada kerikil di sana. Anda bisa menyiapkan alat cetakan jika ingin bermain istana pasir. Selain itu, sebagian orang kerap bermain voli atau sekadar berjalan-jalan santai saat memasuki kawasan pantai yang berpasir.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Pantai SindangkertaKredit foto: Google Maps Ridho Sebaliknya

Pantai Sindangkerta dilengkapi dengan fasilitas memadai yang dapat menunjang aktivitas anda berlibur. Warung makan yang bersih dan luas mudah ditemukan di setiap sudut pantai. Para pedagang yang menawarkan makanan tersebut adalah warga sekitar. Ada beberapa paviliun yang tersedia untuk relaksasi di dekat area pasir.

Wisatawan yang baru tiba akan melihat tempat parkir kendaraan di dekat pintu masuk. Lahan yang tersedia dirancang khusus untuk menampung kendaraan roda dua dan empat. Lokasi perkemahan yang dekat dengan pasir dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berkemah. Penyewaan peralatan bermain juga dimungkinkan meski hanya dalam jumlah sedikit agar pengunjung merasa nyaman.

Mushola dan toilet umum mudah ditemukan disetiap ujungnya dimana terdapat ruang yang bersih. Kedua fasilitas tersebut dipisahkan sehingga tamu dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Tempat yang paling umum tersedia untuk mengambil foto dengan pemandangan sebagai latar belakang. Anda yang sudah selesai berlibur bisa menuju toko oleh-oleh yang ada di daerah tujuan.

Demikian informasi Pantai Sindangkerta yang selalu ramai. Wisatawan yang ingin datang bisa membawa kamera untuk mengambil foto kenangan di sana. Sembari menikmati liburan, sebaiknya ajak juga anggota keluarga atau teman. Area yang luas membuat pengunjung betah dan bisa melakukan aktivitas yang diinginkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button