Tempat Wisata

PANTAI SOAN GALUH Tempat yang indah dengan tugu

Harga Tiket Masuk Pantai Soan Galuh : Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Desa Antap, Selemadeg, Tabanan, Bali, Indonesia, 82162.

Pantai Soan Galuh salah satu dari sekian banyak pantai eksotis di Tabanan Bali. Tepi pantainya terbuat dari pasir berwarna gelap dan dihiasi bebatuan. Selain itu, kawasan ini masih sepi dan tenang. Karena memang tidak sepopuler pantai-pantai lain di Bali.

Meski kawasannya berpasir, keunikan pantai ini terletak pada bebatuannya. Bebatuan karang besar dengan berbagai bentuk yang unik. Tak heran jika banyak orang menjadikan kawasan karang ini sebagai tempat berfoto.

Biaya masuk ke Pantai Soan Galuh

Bagi yang ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu mengeluarkan uang. Karena memasuki kawasan pantai ini gratis alias gratis. Anda hanya perlu menyiapkan uang jika ingin jajan di warung-warung sekitar pantai.

Baca : Tiket & Atraksi PURA TANAH LOT

jam buka

Pantai Soan Galuh terbuka untuk wisatawan umum 24 jam sehari. Karena tidak ada jam buka. Dan tidak ada satpam yang membuka dan menutup akses menuju pantai.

jam buka
Sehari-hari 24 jam

Daya tarik Pantai Soan Galuh

Ombak di pantai ini soan galuhPantai Soan Galuh memiliki ombak yang cukup besar. Foto: Google Maps/Pavel Maksin

Keindahan pemandangan pantai menjadi daya tarik tersendiri di destinasi wisata ini. Namun tidak hanya itu, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Misalnya bersantai dan bermain di pasir pantai, selamat menikmati matahari terbenam hingga memancing. Berikut beberapa hal menarik yang dapat dilakukan di pantai Soan Galuh.

Baca: Tiket Masuk Kebun Raya Bali dan Koleksi Tumbuhan Unik

Pantai yang menghadap ke karang eksotis

Pemandangan saat air laut surutSebuah batu unik berbentuk jamur raksasa yang sering disebut sebagai Batu Nogog. Batu ini dapat diakses saat laut surut. Foto: Foto: google maps/Yuza Dwi prasetyo

Pemandangan pantai Soan Galuh memang juara. Hamparan pasir hitamnya terlihat eksotik dengan hamparan bebatuan yang memiliki bentuk unik. Pemandangan ikonik ini bisa dilihat pada dua buah batu berbentuk jamur. Batu jamur ini cukup besar, bahkan lebih besar dari ukuran orang dewasa.

Selain itu, kawasan tebing di sekitar pantai terlihat asri dihiasi semak-semak hijau subur. Barisan pohon kelapa tumbuh di atas, bergoyang tertiup angin laut. Pemandangan pantai tropis sangat bagus.

Baca : Tiket & Tempat Wisata PANTAI PASUT Tabanan

gua di pantai

Gua eksotis di Pantai Soan GaluhGua eksotis di Pantai Soan Galuh. Foto: Google Maps/Yuza Dwi Prasetyo

Salah satu yang unik dari pantai Soan Galuh adalah adanya gua di tepi pantai. Gua tersebut terletak di sisi timur pantai yang dikenal dengan nama Batu Bolong. Area gua cukup luas, membentuk lorong sepanjang 15 meter.

Pengunjung yang datang tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berfoto di goa Batu Bolong ini. Karena sinar matahari yang masuk ke dalam goa terlihat sangat indah. Namun jika ingin menuju goa, pengunjung harus menunggu air pantai surut.

Baca: Eksotisme Pasir Hitam di Pantai Balian Tabanan

Tempat foto yang Instagramable

Berfoto di atas batuBerfoto di atas batu karang yang menjorok ke laut. Foto: Google Maps/Arthur Simadibrata

Di sebelah spot foto Batu Bolong yang merupakan spot populer. Pengunjung bisa berfoto di gugusan batu karang yang menjorok sedikit ke laut. Apalagi saat ombak menghantam karang, pengunjung terkena cipratan air laut. Bisa menghasilkan foto yang keren, apalagi jika diambil pada waktu yang tepat.

Kemudian di sekitar pantai bertebaran bebatuan dengan bentuk yang unik. Bahkan ada yang ukurannya sangat besar dan pengunjung bisa menaikinya. Saat air laut surut, pengunjung bisa berfoto di bebatuan berbentuk jamur. Nama lain karang berbentuk jamur adalah Batu Nogog yang ditemukan di dekat lubang.

Menikmati matahari terbenam dengan piknik

Matahari terbenam di pantai Soan GaluhMenikmati sunset di sekitar pantai. Foto: Google Maps/Gilgaapx

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana matahari terbenam bisa ke Pantai Soan Galuh pada sore hari. Waktu terbaik datang ke pantai untuk menunggu matahari terbenam jam 17. Sambil menunggu, wisatawan bisa piknik di pinggir pantai sambil menikmati jajanan. Siluet bebatuan terlihat semakin indah di bawah cahaya senja.

Bermain di pantai

Di Pantai Soan Galuh, pengunjung bisa berjalan-jalan santai sejenak. Sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan deburan ombak. Pantainya panjang dan pasirnya lembut. Pengunjung bisa mengajak hewan peliharaannya untuk bermain di pantai yang luas ini.

Wisatawan yang mengajak anak-anak bisa bermain pasir di pantai. Membangun istana pasir bersama anak bisa menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan di pantai ini. Anda juga bisa menerbangkan layang-layang di pantai karena angin pantai sangat kencang. Pantai juga sering menjadi arena permainan sepak bola atau sejenisnya.

tempat memancing

Ombak besar Pantai Soan Galuh tidak cocok untuk berenang tetapi cocok untuk memancing. Tak heran jika tempat ini sering menjadi tujuan memancing yang populer. Area pemancingan yang paling populer adalah di tengah laut jika Anda menyewa perahu atau jukung kayu.

Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan aktivitas nelayan setempat yang cukup aktif. Di sekitar pantai terdapat pangkalan perahu nelayan. Saat air pasang, nelayan melaut berdasarkan lorong-lorong di bebatuan berlubang. Idealnya, nelayan memposisikan perahu sejajar dengan lorong saat keluar. Patokan ini ternyata bisa mencegah perahu dihantam ombak.

Lokasi Pantai Soan Galuh

Lokasi pantai ini berada di Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali. Jaraknya sekitar 53 kilometer dari kawasan wisata Kuta dan perjalanan hanya memakan waktu kurang dari 2 jam. Sedangkan jika berangkat dari Kota Tabanan jaraknya hanya 25 kilometer dan waktu tempuh kurang dari 1 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button