Tempat Wisata

Pantai Sulamadaha Ternate – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara; map: pemeriksaan situs

Destinasi Pantai Sulamadaha di Ternate memiliki keunikan tersendiri yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Ada berbagai panorama alam yang melengkapi kawasan pantai. Juga, ada air laut dan pasir yang begitu indah di siang hari.

Di sana Anda bisa mencoba berbagai permainan air yang seru. Ombak pantai yang tidak terlalu besar dijamin membuat Anda betah bermain air. Biasanya pada siang hari kapal nelayan berlabuh di bibir pantai agar pantai terlihat lengkap.

Kawasan pantai ini sering dipadati pengunjung dari berbagai daerah hingga mancanegara. Bahkan pada hari libur wisata alam ini terlihat begitu ramai. Jadi jangan lupa mampir ke Sulamadaha.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Sulamadaha

Obyek wisata di pantai SulamadahaKredit foto: Google Maps Edy Milala

1. Tempat terbaik

Pantai Sulamadaha terkenal memiliki spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset. Traveler yang datang pagi-pagi atau berkemah di sekitar bisa melihat matahari terbit. Pantulan sinar matahari perlahan akan menerangi pantai. Hal inilah yang membuat keindahan air laut tampil begitu lengkap dan memukau pengunjung.

Menjelang sore Anda bisa melihat matahari terbenam yang ditandai dengan warna langit sore. Keindahan ini sering diabadikan kamera oleh wisatawan yang datang. Traveler bisa duduk-duduk di area pasir atau pendopo yang disediakan. Biasanya liburan pantai ramai dikunjungi tamu karena memiliki tempat-tempat tersebut.

2. Pesona Alam

Destinasi alam selalu menawarkan panorama yang menarik. Sulamadaha dikelilingi bukit dan gunung yang menghadap langsung ke pantai. Hal ini membuat kawasan tersebut terlihat alami dan sering dijadikan tempat untuk mengabadikan momen. Wisatawan yang datang berkunjung dijamin betah saat melihat objek wisata ini.

Di sudut lain, terdapat pohon bakau dan kelapa yang melengkapi garis pantai. Pohon ini membuat udara segar dan asri karena selalu dirawat dengan baik oleh para petugas. Selain itu, pohon juga bermanfaat untuk mencegah abrasi oleh air laut. Sehingga wisatawan yang datang diharapkan tidak merusak alam dengan mencemari atau menebang pohon.

3. Air laut dan pasir

Pantai Sulamadaha memiliki air laut yang begitu jernih karena tidak tercemar sampah. Warna air lautnya terlihat biru kehijauan, cukup serasi dengan langit di siang hari. Bahkan ketika air surut, Anda akan melihat beberapa biota seperti kerang dan rumput laut di tepian pantai. Para tamu dapat bermain air dan melihat biota laut dari dekat.

Keindahan Pantai ini juga dilengkapi dengan pasir hitam yang eksotik. Pasirnya terasa lembut karena tidak ada bebatuan kecil. Hal ini membuat traveler senang saat bermain dan tidak perlu memakai sepatu. Tak hanya itu, pasir pantainya terlihat bersih karena tidak ada sampah yang berserakan di sekitar area tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata di pantai SulamadahaKredit foto: Google Maps Ivan Setiavan

Pantai Sulamadaha terletak tepat di desa Sulamadaha di Maluku Utara. Lokasi destinasi alam ini cukup jauh dari pusat kota sehingga pengunjung perlu membawa kendaraan atau menyewa biro perjalanan. Wisatawan yang datang dari luar bisa naik pesawat atau kapal laut. Ini karena pantai ini dekat dengan bandara dan pelabuhan.

Jika Anda berangkat dari arah Bandara Sultan Babullah, Anda bisa menuju ke Jalan Raya Tubo. Kemudian lurus ke depan menuju kawasan Jalan Batu Angus. Ikuti rute tersebut untuk sampai ke kawasan Village yang jaraknya beberapa meter dari arah jalan raya. Pemudik tidak perlu khawatir karena jalannya sudah beraspal mulus sehingga mudah dilalui kendaraan apapun.

Traveler yang baru pertama kali mengunjungi pantai ini tak perlu khawatir. Anda dapat mengakses jalan tersebut melalui google maps atau melihat rambu-rambu yang disediakan. Selain itu, para tamu juga bisa bertanya kepada penduduk setempat tentang tempat-tempat wisata. Nikmati perjalanan yang mengasyikkan untuk melihat desa yang indah dan hiruk pikuk masyarakat.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai SulamadahaKredit foto: Google Maps Diyanno 80

Berlibur di pantai Sulamadaha menjadi pilihan wisata keluarga karena tidak membutuhkan banyak budget. Tidak ada biaya tiket di area masuk, karena destinasi wisata indah ini gratis. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari pagi hingga malam hari. Anda juga bisa meminjam beberapa permainan air di sana.

Parkir tersedia untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi. Lahan tersebut cukup besar untuk menampung lebih dari 30 kendaraan. Petugas memungut biaya tiket sebesar Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Kendaraan dijamin aman karena dijaga dengan baik oleh petugas setempat.

Kalau datang ke Sulamadaha dijamin puas dengan panoramanya. Selain itu, wisata yang indah ini tidak mahal dan para pelancong dapat bersantai sepuasnya. Tamu juga diperbolehkan membawa makanan sendiri dari rumah. Maka dari itu, jangan lupa untuk berkunjung ke Sulamadaha jika ingin melihat keindahan alam dengan harga yang murah.

Aktivitas seru di Pantai Sulamadaha

Kredit foto: Google Maps Jeffrey Young

1. Naik perahu

Tersedia persewaan kano di kawasan wisata Pantai Sulamadaha untuk berkeliling. Wisatawan dapat melihat keindahan pantai dari jarak dekat dengan melakukan aktivitas ini. Anda bahkan bisa mengundang kerabat dekat karena ada pilihan perahu untuk rombongan keluarga. Pengunjung yang berkano akan diberikan jaket pelampung untuk keselamatan.

2. Snorkling

Ombak pantai yang tidak terlalu besar sering digunakan wisatawan untuk snorkeling. Anda dapat dengan jelas melihat keindahan bawah laut terumbu karang, ikan, bintang laut dan biota lainnya. Ada juga area pantai yang menyewakan peralatan untuk snorkeling. Jangan lupa juga untuk membawa kamera anti air untuk mengabadikan keindahan air lautnya.

3. Bermain pasir

Pantai dengan pasir eksotis lembut untuk disentuh. Hal inilah yang menarik sebagian wisatawan untuk menghabiskan waktu bermain pasir. Anda bisa membangun istana pasir atau bermain bola voli. Yang terpenting, wisatawan tidak mengotori area berpasir dengan sampah plastik setelah bermain di sana.

4. Abadikan momen

Memang keindahan Pantai Sulamadaha cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengabadikan momen bersama kerabat. Air laut yang jernih dengan pasir hitam membuat foto para tamu terlihat semakin estetik. Selain itu, kamu juga bisa memotret keindahan langit saat senja. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera agar foto bisa dijadikan oleh-oleh.

5. Berenang

Pengunjung yang ingin bermain air bisa berenang di Sulamadaha. Pada siang hari air laut surut dan cocok untuk olahraga ini. Ombaknya hanyalah ombak kecil yang membuat wisatawan betah. Anda bisa membawa baju renang dan kacamata serta menyewa pelampung yang terletak di dekatnya.

6. Berjemur

Berjemur di Pantai Sulamadaha merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur. Ketika sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Traveler bisa membawa tikar dan kacamata hitam untuk berjemur di area berpasir. Suara ombak dan angin sepoi-sepoi menemani wisatawan saat berjemur.

7. Coba banana boat

Permainan banana boat menjadi favorit sebagian pengunjung untuk mengisi waktu selama berkunjung. Wisatawan diberikan jaket pelampung selama pertandingan untuk melindungi mereka. Anda juga bisa berpegangan pada tali di banana boat. Nikmati permainan seru di pantai dengan mengajak keluarga agar liburan Anda semakin tak terlupakan.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas wisata di pantai SulamadahaKredit Foto: Google Maps Nur Zahrah

Destinasi Pantai Sulamadaha memiliki fasilitas pendukung yang dapat digunakan oleh semua tamu. Ada beberapa paviliun atau tempat duduk di sepanjang pantai yang dilengkapi dengan payung. Gazebo ini terbuat dari kayu dan jerami coklat yang terlihat begitu unik. Selain itu, terdapat toilet umum di area tersebut untuk mencuci setelah bermain air atau pasir.

Traveler yang datang tak perlu takut bosan karena banyak persewaan fitur air. Mulai dari jet ski, banana boat, perahu hingga pelampung untuk berenang bisa Anda sewa. Traveler juga bisa melihat-lihat kios penjual yang menjajakan berbagai kuliner. Selain itu, makanan yang dijual di sana rasanya begitu nikmat dengan bumbu olahan yang khas.

Di sudut lain terdapat tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan wisata. Tempat parkir dijaga ketat oleh petugas untuk menjaga keamanan sepeda motor dan mobil. Fasilitas yang ada di kawasan pesisir harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Pengelola juga akan terus mengembangkan fasilitas.

Itulah beberapa penjelasan singkat tentang Pantai Sulamadaha yang bisa dijadikan daftar wisata. Anda yang berada di Maluku Utara bisa mampir ke tempat wisata alam ini untuk melihat keindahan pantai dari dekat. Yang paling penting adalah menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa. Ajak juga teman dekat atau keluarga, agar liburan tidak membosankan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button