Tempat Wisata

Pantai Sumur Tiga Sabang – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Sumur Tiga Sabang – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Ie Meulee, kabupaten. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh; Map: Verifikasi lokasi

Jika ingin merasakan keindahan pantai Pulau Weh, yuk datang ke Pantai Sumur Tiga. Pantai cantik ini menawarkan panorama alam yang luar biasa dengan pasir putihnya. Pantai ini sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Keistimewaan pantai eksotik ini adalah adanya spot diving dan snorkeling.

Situs tersebut berada di Provinsi Aceh dan terletak di pesisir pantai ujung barat Indonesia. Nama Pantai Sumur Tiga awalnya diberikan karena terdapat tiga buah pancuran air tawar di tepi pantai. Pasir pantai yang putih jernih menjadi ciri khas pantai indah ini.

Memang pantai dengan warna lautnya yang hijau kebiruan ini sangat cocok untuk dikunjungi. Tak hanya panoramanya yang indah, pantai ini punya banyak keistimewaan lain yang ditawarkan. Penasaran dengan daya tariknya? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Sumur Tiga

Objek wisata Pantai Sumur TigaFoto: Google Maps/Herry Agus

✦ Tempat snorkeling dan menyelam

Daya tarik utama dari pantai populer ini adalah spot snorkeling dan divingnya. Keindahan alam bawah laut bisa leluasa dijelajahi wisatawan saat snorkeling maupun diving. Kondisi terumbu karang di sini masih sangat terjaga dari tangan-tangan jahil, begitu pula dengan banyaknya biota laut seperti ikan berwarna-warni.

Spot snorkeling dan diving di Pantai Sumur Tiga banyak diapresiasi wisatawan mancanegara karena keindahannya. Meski pantai ini memiliki ombak yang agak tinggi, namun tetap nyaman untuk dijadikan tempat snorkeling.

✦ Terdapat benteng bersejarah dari Jepang

Kekhasan pantai berikutnya adalah tidak jauh dari kawasan pantai terdapat bangunan benteng tua peninggalan masa penjajahan Jepang. Benteng ini menjadi saksi sejarah kedatangan Jepang pertama kali ke Indonesia, yakni pada tahun 1942 saat sedang berlangsungnya Perang Dunia II.

Saat itu Jepang sengaja membangun pertahanan di wilayah Indonesia untuk memperkuat pertahanannya di seluruh pantai di kawasan Asia-Pasifik. Benteng Jepang ini masih bisa dilihat oleh wisatawan saat berkunjung ke Pantai Sumur Tiga, namun kondisi benteng tersebut sudah tidak terawat lagi.

✦ Terdapat tiga sumber air tawar

Sesuai dengan sejarah nama pantai tersebut, terdapat tiga buah air mancur di dekat pantai. Ketiga sumur tersebut saat ini tidak digunakan dan tidak dirawat.

Dahulu, air sumur dimanfaatkan oleh masyarakat untuk air minum dan kebutuhan sehari-hari karena airnya segar. Jarak antara satu sumur dengan sumur lainnya ratusan meter.

✦ Keajaiban matahari terbit

Pantai Sumur Tiga terletak di jalur perdagangan yang sibuk yaitu Selat Malaka. Pada zaman dahulu, jalur laut ini merupakan penghubung antar negara tersibuk. Kini pantai tersebut dijadikan sebagai tujuan wisata dengan keindahan matahari terbit yang luar biasa. Jika tidak ingin melewatkan terbitnya matahari, wisatawan bisa bermalam.

✦ Akomodasi keren

Terdapat penginapan super nyaman dan sejuk di dekat pantai dengan harga terjangkau. Wisatawan yang datang tidak perlu mencari penginapan jauh dari pantai. Akomodasi di dekat pantai tentu akan menghadirkan pengalaman menarik.

✦ Terdapat paviliun untuk berfoto dan bersantai

Pantai yang mempesona ini memiliki beberapa paviliun di dekat pantai. Fungsi dari pendopo ini adalah sebagai fasilitas bagi wisatawan yang ingin beristirahat atau mengabadikan momen dengan berfoto.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Sumur TigaFoto: Google Maps/Syam Abdul Jabbar

Alamat pantai Sumur Tiga berada di provinsi Aceh tepatnya di desa Le Meulee. Pantai indah ini terletak di kecamatan Sukajaya kota Sabang. Untuk menuju tempat wisata pantai ini, wisatawan yang datang dari Sabang hanya membutuhkan waktu 15 menit berkendara.

Rute perjalanan dari Sabang menuju kota pantai ini adalah dari Jalan Cik Ditiro menuju Jalan Agus Salim lalu menuju Sukajaya menuju Desa Le Mulee. Setelah sampai di bundaran depan The Sago, wisatawan dapat mengarahkan kendaraannya ke arah kanan. Jika Anda menggunakan angkutan umum setelah sampai di bundaran, Anda bisa menyewa becak.

Wisatawan asal Aceh bisa berwisata ke Subang setelah sampai di Subang, jarak tempuh tidak terlalu jauh. Agar perjalanan lebih nyaman, ada baiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewanya juga.

Biaya masuk wisata bahari

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Sumur Tiga, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk tiket masuknya, yaitu GRATIS. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi hanya perlu membayar biaya parkir.

Pantai ini buka 24 jam sehari, pihak pengelola tidak memberikan informasi jam berkunjung. Kapanpun wisatawan bisa datang ke pantai tersebut. Jika ingin bermalam, wisatawan bisa langsung memesan akomodasi di sekitar pantai. Harga per malamnya bervariasi antara Rp 100.000,- pengunjung bisa menginap di penginapan dekat pantai.

Aktivitas yang menyenangkan

Biaya masuk Wisata Pantai Sumur TigaFoto: Google Maps/David Holmes

1. Menikmati keindahan pantai

Tentu saja pengunjung yang datang dari luar Aceh dan langsung menuju Pantai Sumur Tiga masih merasakan penat dari perjalanan. Sembari menunggu mengumpulkan kekuatan baru, relaksasi adalah pekerjaan yang tepat. Untuk bersantai, pengunjung bisa memanfaatkan pondok-pondok kecil yang ada di sisi utara pantai.

Lebih lengkapnya lagi, pengunjung bisa memesan es krim kelapa yang cepat mengembalikan ion tubuh. Jika lapar, Anda juga bisa memesan makanan yang tersedia di stand. Dari segi harga tentunya masih terjangkau.

2. Menyelam atau snorkeling

Aktivitas selanjutnya yang wajib Anda coba adalah scuba diving atau snorkeling. Perbedaan yang paling terlihat antara diving dan snorkeling adalah kedalaman penyelamannya, dengan snorkeling Anda hanya menyelam di permukaan, dengan menyelam Anda menyelam lebih dalam. Kedua aktivitas inilah yang terbaik untuk Pantai Sumur Tiga.

Keindahan pantai ini terletak pada warna air laut yang biru kehijauan dan keanekaragaman biota laut yang sebagian besar masih terjaga keasliannya. Pengunjung yang menghargai keindahan tentu tidak akan melewatkan kesempatan menyelam dan snorkeling di sini.

Jangan khawatir jika tidak membawa perlengkapan apa pun, karena tersedia persewaan alat selam untuk wisatawan. Di area pantai juga tersedia pemandu untuk mengawasi dan mendampingi wisatawan dalam aktivitas menyelam dan snorkeling ini.

3. Mainkan Pasir Putih

Daya tarik utama dari pantai indah ini adalah pantainya yang berpasir putih jernih. Aktivitas bermain pasir yang dapat dilakukan antara lain membuat istana pasir, berjemur, menulis di pasir dan mengambil foto setelahnya, dan masih banyak lagi. Berjalan tanpa alas kaki di sepanjang pantai bisa menjadi olahraga ringan yang menyenangkan bagi pengunjung.

4. Kunjungi benteng bersejarah

Meski dalam keadaan terbengkalai, daya tarik lain dari Pantai Sumur Tiga adalah keberadaan bangunan benteng bersejarah asal Jepang. Di reruntuhan benteng ini, wisatawan bisa menjadikannya sebagai spot berfoto.

5. Lihat tiga sumur

Ketiga air mancur yang menjadi landmark pantai eksotik ini memiliki air yang segar meski letaknya dekat dengan pantai. Karena keunikannya, ketiga air mancur ini menjadi terkenal. Selain itu, wilayah pesisir merupakan pintu gerbang menuju wilayah pedalaman Sabang. Meski kondisi sumur sudah tidak digunakan lagi, namun bangunannya masih tetap eksis hingga saat ini.

6. Ambil foto

Pantai menjadi tempat terbaik untuk mengoleksi berbagai foto Instagram. Foto pemandangan alam, pemandangan alam, potret orang di tepi pantai dan lain-lain bisa menjadi kumpulan foto menarik yang kemudian bisa diunggah ke media sosial.

7. Wisata Kuliner

Salah satu fasilitas yang ada di Pantai Sumur Tiga adalah banyaknya warung makan yang ada di pinggir pantai. Warung makan di sini menawarkan beragam masakan, mulai dari makanan siap saji, jajanan hingga makanan khas Aceh. Jika pengunjung belum berkesempatan mencicipi aneka kuliner Aceh, tidak ada salahnya untuk memesan beragam hidangan yang tersedia.

8. Bermalam

Bermalam di pantai bisa menjadi aktivitas menyenangkan selanjutnya. Suara deburan ombak, semilir angin sepoi-sepoi, dan keindahan laut membuat pengunjung sejenak melupakan kehidupan sehari-hari yang penuh tekanan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Sumur TigaFoto: Google Maps/Syam Abdul Jabbar

Pantai Sumur Tiga menawarkan keindahan alam yang dilengkapi dengan banyaknya pohon kelapa. Pantai eksotik ini juga telah dibantu oleh pemerintah setempat dalam pengadaan sarana dan prasarananya.

Fasilitas pendukung yang memberikan kenyamanan lebih bagi pengunjung antara lain lahan parkir yang cukup luas untuk menampung berbagai kendaraan wisata. Selain lahan parkir, yang tidak kalah penting adalah keberadaan warung makan yang menawarkan berbagai kuliner lezat dengan harga yang sangat terjangkau.

Di ujung pantai terdapat area pantai terbuka yang digunakan pemerintah sebagai pintu masuk. Sebagai fasilitas tambahan untuk memberikan kenyamanan pengunjung bersantai, di bagian utara pantai terdapat gubuk atau kabin kecil yang dapat digunakan untuk bersantai dan menyimpan barang bawaan.

Apa yang membuat Anda tertarik mengunjungi pantai indah di ujung barat Indonesia ini? Mari kita mulai mempersiapkan waktu untuk merencanakan perjalanan ke sana. Menyelam dan snorkeling menjadi aktivitas wajib yang wajib Anda coba di Pantai Sumur Tiga Kota Sabang. Ajak juga seluruh keluarga agar liburan semakin bermakna.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button