Tempat Wisata

Pantai Tabanio Tanah Laut – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Pantai Tabanio Tanah Laut – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Pantai Tabanio, pantai eksotik dengan pemandangan matahari terbenam yang mempesona di Tanah Laut, tidak hanya menawarkan keindahan alam yang mempesona, namun juga peninggalan sejarah benteng kolonial yang menjadikan destinasi ini menarik bagi pengunjung.

Harga tiket: -, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Tabanio, Kec. Takisung, Cab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Map: Periksa lokasinya

Berwisata ke pantai merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Tempat wisata alam berupa pantai selalu mampu menghadirkan keindahan tersendiri bagi para wisatawan yang datang. Salah satu pantai terbaik yang bisa Anda kunjungi ada di provinsi Kalimantan Selatan yaitu Pantai Tabanio.

Pantai ini terletak tepat di Kabupaten Tanah Laut, disana anda akan menemukan keindahan yang tidak akan anda temukan di tempat lain. Pantai ini saat ini sedang populer dan populer sehingga wajar jika pengunjung sering datang ke tempat ini.

Pantai Tabanio di Kabupaten Tanah Laut menawarkan berbagai jenis atraksi. Salah satu daya tariknya adalah keberadaan benteng era kolonial. Jika anda sedang mencari tempat wisata alam berupa pantai, sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat hari libur tiba.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Tabanio

Daya tarik Pantai TabanioKredit foto: Google Maps Gila Arleta

Keindahan pantai

Panorama pantai yang indah membuat pengunjung betah. Di sana Anda bisa menikmati keindahan air laut yang biru dan jernih serta pantai berpasir, bebatuan karang, dll.

Selain itu, Anda juga bisa melihat biota laut eksotis seperti karang di Pantai Tabanio. Panorama pantai inilah yang akhirnya menarik pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri untuk datang dari jauh untuk melihatnya.

Keindahan matahari terbenam

Salah satu momen terindah di pantai adalah saat menjelang matahari terbenam. Keindahan matahari terbenam di pantai ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Waktu senja menjadi pilihan terbaik ketika berkunjung ke tempat ini.

Banyak orang yang menganggap bahwa matahari terbenam adalah momen terindah di sana. Jika Anda datang pada sore hari saat cuaca cerah, Anda bisa menyaksikan keindahan ini.

Cahaya keemasan yang terpantul dari sinar matahari di permukaan laut membuat suasana di sekitar pantai semakin menakjubkan.

Biota laut yang beragam

Lokasi Pantai Tabanio memiliki biota laut yang sangat beragam dan mudah untuk Anda temukan. Beberapa biota laut seperti kerang. Nantinya kalian bisa menggunakan shell tersebut agar mudah dimainkan. Namun, pastikan Anda tidak merusak lingkungan dan biota laut sekitar.

Benteng kolonial

Seperti yang telah disebutkan di atas, di lokasi ini Anda akan menemukan sebuah benteng peninggalan masa penjajahan Belanda. Benteng peninggalan VOC ini berdiri di pinggir pantai.

Benteng ini dikenal dengan nama Benteng Tabanio, sebuah bangunan bersejarah dan saksi bisu masa penjajahan Belanda di Tanah Air. Anda bisa mengunjungi dan berkeliling bangunan kokoh dan bersejarah ini nantinya.

Meski sudah berusia berabad-abad, namun bangunan ini masih terlihat sangat kokoh. Keberadaan benteng tersebut membangkitkan minat banyak wisatawan untuk berkunjung.

Ada banyak spot foto menarik

Pantai Tabanio menjadi rumah bagi banyak spot foto terbaik dan Instagrammable. Atraksi inilah yang pada akhirnya mendatangkan wisatawan pecinta fotografi ke tempat ini.

Tak akan sulit bagi Anda untuk menemukan background foto cantik dan keren di sana. Beberapa spot foto terbaik bisa ditemukan di sekitar pantai. Pastikan Anda mendapatkan sudut yang tepat di sini untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Alamat dan rute menuju pantai

Daya Tarik Pantai TabanioSumber gambar: Google Maps Orang Kampung

Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Tabanio harus segera menuju ke Kabupaten Tanah Laut di Kalimantan Selatan. Lokasi tepatnya pantai ini berada di Kecamatan Takisung.

Pantai ini terletak tidak jauh dari kota Banjarmasin. Untuk menuju ke sana, Anda memiliki beragam pilihan transportasi.

Karena akses menuju lokasi sangat bagus, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Sesampainya di Kecamatan Takisung, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 12 km untuk mencapai kawasan pantai.

Jika kesulitan menemukan lokasi pasti pantai ini, Anda bisa menggunakan teknologi melalui smartphone. Dengan smartphone ini Anda bisa mengakses Google Maps dan menemukan rute terbaik disana.

Biaya masuk wisata bahari

Pantai Tabanio memang menjadi salah satu destinasi wisata yang tergolong murah. Pasalnya, harga tiket menikmati segala keseruan dan keindahan di sana sangat terjangkau.

Anda tidak perlu khawatir tentang tempat parkir karena tempat parkirnya sangat aman. Selain itu, Anda dapat memarkir kendaraan Anda secara gratis ketika mengunjungi tempat ini.

Hal seru yang bisa dilakukan di Pantai Tabanio

Biaya masuk Pantai TabanioSumber gambar: Google Maps Zul Fadeli

1. Menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Tabanio

Ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Tabanio. Aktivitas yang paling ditunggu adalah menikmati indahnya matahari terbenam. Letak pantai ini memang sangat strategis sehingga Anda bisa merasakan pesona keindahan matahari terbenam secara maksimal.

Umumnya wisatawan datang ke tempat ini pada sore hari untuk menikmati matahari terbenam. Di ujung barat Anda bisa melihat matahari perlahan tenggelam ke dataran. Gemerlap cahaya di permukaan laut akan semakin membuat Anda takjub dengan keindahannya.

Selain itu, ada hal unik yang bisa Anda lihat saat matahari terbenam. Nantinya, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam dengan pemandangan kapal-kapal yang menebar jaring di tengah Sungai Barito.

2. Berburu Foto

Mayoritas wisatawan yang datang ke Pantai Tabanio ingin mengabadikan momen tersebut. Berburu foto merupakan kegiatan wajib yang wajib Anda lakukan karena tempat ini menyuguhkan pemandangan yang begitu indah. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera saat berada di sana.

3. Bermain di pasir yang luas

Kegiatan selanjutnya adalah bermain pasir yang luas. Di sana Anda memiliki panorama berpasir yang luas. Selain itu, kebersihan pasirnya membuat suasana kawasan pantai semakin terkesan eksotis. Pastikan Anda menjaga kebersihan tempat tersebut.

4. Kunjungi Benteng Tabanio

Rekomendasi aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan di Pantai Tabanio adalah mengunjungi benteng bersejarah kolonial Belanda yaitu Benteng Tabanio. Di sana Anda akan melihat benteng kokoh peninggalan masa lalu yang membawa banyak sejarah.

Hingga saat ini, benteng peninggalan penjajah tersebut masih terpelihara dengan baik dan terlihat sangat kokoh. Benteng ini juga bisa Anda gunakan sebagai latar belakang fotografi.

Siapa pun yang penasaran dengan benteng ini dipersilakan masuk. Namun pengunjung sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan.

5. Menikmati kuliner yang nikmat

Pantai Tabanio merupakan pantai yang sangat populer dan populer di kawasan Tanah Laut. Oleh karena itu, di sana Anda akan banyak menemukan pedagang yang menjual berbagai oleh-oleh khas. Oleh-oleh tersebut antara lain kerupuk ikan, ikan kering, aneka masakan seafood, dan lain sebagainya.

Siapa pun yang menyukai kuliner tidak boleh melewatkan aktivitas di lokasi ini. Selain cita rasa kulinernya yang lezat, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

6. Santai

Aktivitas lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah duduk dan bersantai di bawah pohon beringin besar. Ya, di sini terdapat pohon beringin yang sering dijadikan tempat duduk dan bersantai. Selain itu, tempat ini menjadi salah satu spot foto yang paling populer dan banyak dikunjungi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Hal seru yang bisa dilakukan di Pantai TabanioFoto oleh Ahyaru Andresyo / Google Maps

Pantai Tabanio di Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer. Banyak turis berkumpul di sini.

Untuk itu, pihak pemerintah menyediakan fasilitas yang memadai bagi wisatawan. Salah satunya menyediakan pondok-pondok di kawasan pantai.

Pantai cantik ini memiliki fasilitas berupa gubuk-gubuk yang berjejer rapi di kawasan pantai bambu. Anda bisa memanfaatkan tempat ini sebagai tempat bersantai dan memanfaatkan fasilitasnya sebagai tempat makan bersama sanak saudara.

Selain itu, sebagai fasilitas umum Anda akan menemukan toilet, ruang ganti, musala, tempat parkir yang luas dan aman serta warung tempat Anda bisa membeli oleh-oleh khas Tanah Laut.

Jika Anda berencana untuk bermalam di dekat pantai, Anda juga bisa menyewa akomodasi yang tidak jauh dari pantai. Tarif tersebut dinilai masih terjangkau.

Bagi yang kebetulan sedang berada di Tanah Laut, berkunjung ke Pantai Tabanio sangat direkomendasikan. Pantai yang sangat direkomendasikan bila berkunjung ke Kalimantan Selatan. Liburanmu ke sini akan semakin lengkap jika datang ke tempat ini bersama orang-orang tercinta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button