Tempat Wisata

Pantai Tablolong Kupang – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 2.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur; map: pemeriksaan situs

Salah satu pantai yang sangat direkomendasikan untuk liburan Anda adalah Pantai Tablolong. Pantai indah ini terletak di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kupang. Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu menarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Bahkan, wisatawan yang datang ke tempat ini tidak hanya wisatawan domestik saja, tetapi juga wisatawan mancanegara. Meski terkesan gerah dan gersang, Kupang juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, terutama wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Tablolong itu sendiri.

Bagi Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Kupang, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir ke pantai ini.

Daya tarik Pantai Tablolong

Objek wisata Pantai TablolongKredit foto: Google Maps remon prudential

1. Panorama pantai yang sangat bagus

Nyatanya, meski pandemi belum berakhir, Pantai Tablolong tak pernah sepi pengunjung. Karena daya tarik utama dari pantai ini adalah panorama yang indah.

Pantai ini diapit oleh Pulau Rote dan Pulau Timor. Pemandangan alam yang bisa Anda temukan di tempat ini sungguh menakjubkan. Pantai ini membentang dari barat ke timur. Memiliki pasir putih yang begitu halus dan cukup luas. Di pinggirnya Anda akan menemukan paviliun atau disebut juga lopo-lopo. Anda bisa menggunakan gazebo untuk bersantai.

Karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar, maka pantai ini cukup aman untuk berenang. Air lautnya juga terlihat jernih dan biru. Yang membuat banyak wisatawan betah berada di tempat ini adalah angin semilir dan ombak yang begitu menenangkan.

Di sekitar kawasan pantai sendiri Anda akan melihat pohon centigu yang tumbuh subur di sekitar bebatuan. Pohon ini memang unik dan termasuk dalam kelompok tanaman perdu yang sangat populer dan dicari.

2. Tempat memancing yang nyaman

Daya tarik selanjutnya yang membuat pantai ini begitu ramai dikunjungi wisatawan adalah Anda bisa memancing di tempat ini. Lokasi Pantai Tablolong memang sangat cocok untuk dijadikan arena memancing.

Bahkan, tidak hanya di tingkat nasional, setiap tahun kegiatan penangkapan ikan dilakukan di tingkat internasional. Sebab, pantainya membentang sejauh 10 mil dan seperti disebutkan di atas termasuk dalam jalur migrasi ikan.

Tidak jarang beberapa spesies ikan ini terjebak dan bersembunyi di bebatuan sepanjang pantai. Selain itu, Pantai Tablolong yang berseberangan dengan Pulau Semau menjadi tempat berlindung ikan saat hujan turun.

Oleh karena itu, wajar jika lokasi pantai ini sering dijadikan sebagai tempat pemancingan ikan maupun sebagai arena lomba mancing internasional dan nasional.

Pantai ini tidak hanya kaya akan jenis ikan, tetapi juga dikenal sebagai penghasil rumput laut terbesar di Nusa Tenggara Timur. Untuk itu, jangan heran jika Anda berkunjung ke tempat ini akan banyak menemukan rumput laut yang tersebar di sepanjang pantai.

Objek wisata tersebut memiliki Pantai TablolongKredit Foto: Google Maps Anindita Shaktiaji

3. Keindahan bawah laut

Keindahan bawah laut yang ditawarkan Pantai Tablolong juga bisa memukau siapa saja. Anda yang ingin merasakan sendiri keindahan ini bisa menyelam di pantai ini.

Nantinya Anda akan disambut dengan pemandangan terumbu karang yang begitu eksotik, berwarna-warni dan dengan berbagai jenis ikan. Di pantai ini sendiri setidaknya terdapat 3 spot untuk para wisatawan diving. Tempat-tempat ini termasuk Tabui, Dalam dan Beatri. Kota itu sendiri hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari pantai.

4. Keindahan matahari terbenam

Saat Anda berada di Pantai Tablolong Anda juga bisa melihat indahnya matahari terbenam yang ditawarkan tempat ini. Menyaksikan pergantian hari di pantai ini benar-benar akan membuat Anda terkesima dan terpana. Anda bisa melihat warna jingga yang membara merumput di cakrawala.

Cukup banyak wisatawan yang datang ke pantai ini dengan sengaja hanya untuk melihat sunset. Sebagian besar datang bersama keluarga atau pasangannya. Karena saat itu suasana benar-benar sangat romantis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai TablolongKredit foto: Google Maps remon prudential

Jalan menuju Pantai Tablolong tidak terlalu sulit. Tempat wisata ini bisa Anda tempuh dari pusat kota Kupang. Namun perlu Anda ketahui bahwa meski lokasinya tidak jauh dari ibu kota, Anda tetap akan kesulitan menemukan angkutan umum yang mengarah ke pantai.

Oleh karena itu, jika ingin berkunjung ke pantai ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Jalan menuju tempat wisata ini sudah cukup bagus. Dengan begini Anda bisa memilih menggunakan kendaraan roda dua atau bahkan membawa kendaraan roda empat.

Jika tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa kendaraan di Kupang. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata paling menarik yang bisa Anda temukan di Kota Kupang.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pantai TablolongSumber gambar: Google Maps Aprilio Perkasa

Pantai Tablolong buka setiap hari dan Anda dapat mengunjunginya kapan saja karena pantai buka 24 jam sehari. Harga tiketnya sendiri cukup terjangkau. Pantai ini termasuk dalam salah satu wisata murah yang bisa Anda temukan di Kupang.

Biaya masuk hanya Rp 2.000 per orang. Ada biaya parkir untuk kendaraan itu sendiri. Jika membawa kendaraan roda dua biaya parkirnya Rp 5.000, dan jika membawa kendaraan roda empat besar biayanya Rp 10.000.

Bagi Anda yang berniat menggunakan fasilitas MCK di lokasi ini, Anda harus membayar biaya tersendiri. Namun jangan khawatir karena harga yang dikenakan cukup terjangkau.

Jika sudah memutuskan untuk mengunjungi Pantai Tablolong, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantai. Jangan biasakan membuang sampah sembarangan.

Selain itu, selalu awasi anak-anak Anda saat bermain air di sekitar pantai. Meski ombak di kawasan pantai ini tidak terlalu besar, bukan berarti Anda bisa membiarkan anak bermain sepuasnya.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Tablolong

Kegiatan di Pantai TablolongKredit Foto: Google Maps HAPPY CLIPS

1. Berenang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ombak yang dimiliki Pantai Tablolong tidak terlalu besar. Itu membuat pantai ini cukup aman bagi Anda yang ingin berenang.

Di sana Anda bisa mengajak anak-anak Anda bermain air. Namun, ingatlah bahwa Anda harus selalu mengawasi dan mengawasi anak saat bermain di air.

2. Menyelam

Keindahan panorama bawah laut Pantai Tablolong memang sangat terkenal. Oleh karena itu, untuk bisa menikmati keindahan ini, Anda bisa melakukan aktivitas menyelam atau diving. Di sana Anda akan menemukan terumbu karang yang begitu indah dan asri. Selain itu, Anda dapat menemukan berbagai jenis ikan.

Aktivitas seru di Pantai TablolongKredit foto: Google Maps Pangeran Supit

3. Santai

Anda juga bisa duduk dan bersantai di pantai. Sebuah gazebo telah disediakan agar Anda dan keluarga dapat menggunakan gazebo tersebut untuk berkumpul sambil melihat-lihat pantai sekitar. Angin sejuk dan pemandangan gulungan ombak pasti akan menyegarkan pikiran Anda segera.

4. Berburu foto

Kegiatan liburan tentu tidak akan menarik jika tidak berburu foto. Mengabadikan momen tentunya menjadi hal yang perlu dilakukan, apalagi saat berada di pantai ini. Ada banyak spot foto menarik dan instagramable yang bisa kamu temukan.

Apalagi jika Anda datang menjelang matahari terbenam. Nah, saat ini Anda bisa melihat keindahan pantai yang bisa memukau siapa saja.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai TablolongKredit foto: Google Maps haryanto hary

Fasilitas di Pantai Tablolong sangat memadai. Anda bisa menemukan paviliun yang sering digunakan wisatawan untuk bersantai. Di sekitar pantai juga terdapat warung makan dengan menu yang enak dan harga yang terjangkau.

Untuk fasilitas lain yang bisa ditemui seperti toilet, ruang ganti dan tempat bermain anak. Tentunya dengan adanya wahana tersebut anak-anak anda akan semakin betah berlibur di tempat ini.

Bagi Anda yang ingin bermalam, ada juga beberapa pilihan penginapan yang tersebar di sekitar area pantai. Anda bisa menginap di vila di tepi pantai. Namun karena sebagian besar wisatawan yang menginap adalah turis, maka harga yang dikenakan memang cukup mahal.

Itu tadi ulasan lengkap tentang Pantai Tablolong di Kupang yang wajib Anda ketahui. Bagi yang kebetulan berkunjung ke Kupang, sangat disarankan agar Anda dan keluarga singgah sejenak di pantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button