Tempat Wisata

Pantai Tambak Belitung – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sukamandi, Kec. Damar, Kab.Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung; map: Cek lokasi

Pantai Tambak adalah salah satu pantai dengan panorama eksotis di Belitung. Sering disebut juga dengan Pantai Kuale Tambak, pantai ini menyimpan berbagai cerita menarik. Menurut sejarah yang berkembang di masyarakat, pantai ini dulunya merupakan kawasan pertambangan timah milik PT. Untuk memimpin. Terbukti dengan beberapa bangunan bergaya Belanda yang dulu berfungsi di kawasan ini.

Seiring berjalannya waktu, kawasan pertambangan timah ini mulai gulung tikar. Kemudian pantai ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk sumber daya alamnya. Keanekaragaman sumber daya alam yang hidup di pantai ini tidak perlu diragukan lagi. Kekayaan sumber daya alam membuat banyak orang di sini menangkap berbagai jenis ikan dan hasil laut sebagai nelayan.

Selain cerita menarik tentang fungsi purba Pantai Tambak dan kekayaan sumber daya alam yang melimpah, pantai ini juga sangat baik dalam menyuguhkan pesona alam yang dapat menarik setiap orang untuk berkunjung. Oleh karena itu, pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler yang tidak pernah sepi pengunjung. Sangat cocok sebagai tempat peristirahatan atau sekedar berlibur.

Atraksi Pantai Tambak

Pemandangan di pantai TambakKredit foto: Google Maps A FUK Mulia

Pantai Tambak adalah pantai dengan panorama yang mempesona di Belitung, tepatnya di Kabupaten Belitung Timur. Pantai ini merupakan pantai yang populer bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan alam. Pengunjung tidak hanya datang dari kawasan ini. Berbagai atraksi yang ditawarkan pantai ini mampu menarik pengunjung.

1. Pesona eksotisme pantai tropis

Daya tarik utama adalah pesona eksotis pantai tropis yang bisa dirasakan begitu dekat saat Anda menginjakkan kaki di sini. Hal ini terbantu dengan kombinasi pasir putih yang lembut dan warna air laut yang jernih dengan perpaduan hijau toska dan biru. Belum lagi pepohonan rindang yang berjejer di tepi pantai menambah nuansa eksotis Pantai Tambak.

2. Keindahan kehidupan laut yang menakjubkan

Daya tarik selanjutnya dari pantai di Belitung ini adalah kemegahan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Berbagai jenis biota laut dengan terumbu karang yang masih terjaga dan ditebar berbagai jenis ikan kecil berenang sangat bagus untuk disimak. Selain itu, airnya yang terkenal jernih memungkinkan keindahan biota laut terpancar dari atas permukaan laut.

3. Hutan mangrove dengan suasana yang menyenangkan

Daya tarik lain dari objek wisata pantai yang eksotis ini adalah diberkahi dengan hutan mangrove dengan suasana yang asri. Keberadaan hutan mangrove ini tidak jauh dari kawasan pantai ini, persis di sebelah pantai. Hutan mangrove yang berupa cagar alam ini dikelola oleh Komunitas Akar Mangrove itu sendiri. Banyaknya pohon bakau yang tumbuh di sini menciptakan udara asri yang bisa Anda rasakan dari dekat.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat Pantai Tambak BelitungKredit foto: Google Maps Rizál

Pantai Tambak Belitung adalah salah satu pantai yang ada di Belitung, tepatnya di Kecamatan Damar di Desa Sukamandi. Pantai ini terletak sekitar 31 km dari pusat Kabupaten Belitung Timur. Meski tempatnya cukup jauh dari keramaian, wisatawan tidak perlu khawatir dengan akses jalan yang harus dilalui. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju Pantai Tambak di Belitung sudah cukup baik.

Waktu berkendara untuk mengunjungi pantai ini adalah sekitar 40 menit jika berkendara dimulai dari Kabupaten Belitung Timur bagian tengah di Kepulauan Bangka Belitung. Dalam perjalanan menuju pantai, wisatawan disuguhi pemandangan beberapa area penambangan timah yang masih beroperasi. Agar wisatawan tidak bosan dalam perjalanan menuju lokasi pantai.

Untuk mengunjungi pantai eksotis ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat atau dua. Mengingat akses jalan dinilai cukup untuk dilalui kendaraan roda empat. Bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi pantai eksotis dengan berbagai atraksi ini, wisatawan dapat memulai perjalanan dari Kabupaten Belitung Timur menuju Pantai Tambak.

Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jalan Aik Dundang di Kabupaten Belitung Timur hingga ke Jalan Tengah Tj. pandan. Kemudian lanjutkan ke Jalan Raya Manggar-Gantung dan belok kiri ke Jalan Numpang Empat. Lanjutkan ke Jalan Bandara-Manggar lalu belok kanan menuju Jalan Pelita hingga sampai di tujuan.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Pantai TambakKredit foto: Google Maps XXA M&S

Menawarkan pemandangan eksotis seperti pantai tropis, Pantai Tambak tidak bisa memungkiri keindahannya. Dengan keindahan yang disuguhkan, pantai ini menjadi tujuan wisata populer bagi mereka yang ingin bersantai atau sekedar berlibur bersama keluarga. Namun, berbicara tentang harga tiket masuk, berapa harga yang ditetapkan untuk mendapatkan pijakan di sini?

Ternyata selama ini wisatawan yang ingin melihat keindahan alam yang tersaji tidak perlu menyiapkan uang sepeser pun sebagai tiket masuk alias gratis. Namun, ada satu kewajiban yang harus dipenuhi wisatawan saat berkunjung ke kawasan pantai, yaitu menjaga kebersihan. Karena dengan kebersihan, keindahan pantai berpasir putih ini tetap terjaga.

Aktivitas seru di Pantai Tambak

Aktivitas seru di Pantai TambakSumber gambar: Google Maps Felicia DS

1. Alami matahari terbenam yang tak terlupakan

Panorama eksotis yang ditawarkan oleh pantai indah ini menjadi sesuatu yang pasti didapatkan wisatawan saat berkunjung, terutama pada sore hari. Puncak keindahan Pantai Tambak di sore hari menawarkan pemandangan hangatnya sinar matahari yang dipadukan dengan semilir angin dari pepohonan dan ombak kecil. Wisatawan akan merasakan sunset yang tak terlupakan di wisata laut ini.

2. Snorkeling ditemani berbagai biota laut

Keanekaragaman biota laut yang menghuni perairan pantai dapat menarik pengunjung untuk snorkeling. Wisatawan bisa melihat berbagai biota laut sambil snorkeling. Ditemani ikan-ikan kecil yang bersembunyi di balik terumbu karang, pengalaman snorkeling menjadi sangat berarti. Belum lagi air lautnya yang begitu jernih.

3. Mendidik diri sendiri di hutan mangrove

Keberadaan hutan mangrove yang berdekatan dengan lokasi Pantai Tambak berfungsi untuk mencegah abrasi dari gelombang pantai. Hutan mangrove yang terdapat disini dapat dimanfaatkan oleh wisatawan untuk menimba ilmu tentang berbagai jenis pohon mangrove dan fungsinya, sehingga cocok sebagai tempat rekreasi yang kaya akan ilmu pengetahuan. Fasilitas di hutan mangrove ini juga cukup memadai.

Penginapan murah di daerah ini

Oasis Hotel BelitungKredit foto: Hanya Google Maps Hasanah

1. Hotel Oasis

The Oasis Hotel merupakan hotel yang cocok untuk bersantai setelah berlibur di Pantai Tambak. Karena lokasinya yang berada di lingkungan yang sama dengan pantai, maka sering dikunjungi oleh wisatawan pantai. Selain lokasi, fasilitas yang tersedia di Oasis Hotel juga cukup memadai. Misalnya ketersediaan kolam renang, parkir dan WiFi gratis, serta hotel yang bersih.

2. Omah Andini

Penginapan ini terkenal dengan interiornya yang bersih dan lokasinya berbatasan dengan danau. Pelayanan penginapan ini sangat ramah, sehingga wisatawan tidak akan kecewa saat menginap disini. Tidak diragukan lagi fasilitas yang ada cukup lengkap, seperti tempat parkir mobil dan akses WiFi gratis, kamar ber-AC, restoran dan yang menarik adalah gymnya.

3. Hotel tamu

Hotel ini adalah properti yang paling dekat dengan pantai. Karena lokasinya yang dekat dengan pusat keramaian, Guest Hotel menjadi tempat peristirahatan yang cocok bagi wisatawan pantai yang menyukai keramaian. Tak perlu ditanya lagi soal fasilitas, berbagai fasilitas tersedia bagi pengunjung di sini, mulai dari WiFi hingga area bersih.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tambak Belitung

Fasilitas Pantai Tambak BelitungKredit Foto: Google Maps andy faturachman

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Tambak Gorontalo dinilai kurang memadai mengingat objek wisata ini masih tergolong baru dan letaknya yang agak jauh dari pusat kota. Terlepas dari fasilitas yang dirasa kurang memadai, pantai ini berhasil menyuguhkan panorama alam yang memukau siapa saja yang melihatnya. Dengan dukungan daya tariknya yang begitu beragam.

Fasilitas yang ada belum lengkap dan memadai. Ada beberapa fasilitas yang mendukung liburan wisatawan, seperti B. Warung makan. Beberapa warung makan sederhana di sini menyajikan makanan ringan dan minuman dengan tambahan kelezatan seperti kopi dan pasta. Untuk rasa makanan dan minuman, wisatawan di sini tidak perlu meragukan kelezatannya.

Beberapa warung makan di sekitar pantai akan ditambah saat tanggal merah tiba. Karena pada saat tanggal merah tersebut, jumlah pengunjung yang berkunjung ke pantai ini akan bertambah dan lebih banyak dari biasanya. Wisatawan bisa bersantap di stan makanan atau menyeruput kopi yang sudah diseduh sambil menikmati keindahan panorama yang ditawarkan pantai pasir putih ini.

Itulah beberapa informasi tari tentang Pantai Tambak di Belitung. Meski tempatnya agak jauh dari keramaian karena berada di pedesaan, pantai ini tetap tak mau ketinggalan menyuguhkan panorama alam yang eksotis dengan keanekaragaman biota laut dan hutan mangrove. Biaya masuk yang tidak ada atau gratis juga membuat pantai ini menjadi pantai yang populer. Mau liburan ke sini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button