Tempat Wisata

Pantai Tambak Sari, kawasan mangrove dan berbagai biota laut unik di Probolinggo

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Pandean, Sukokerto, Kec. Pajaran, Kab.Probolinggo, Jawa Timur; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tambak Sari Probolinggo dapat menikmati pemandangan indah diiringi kicauan burung yang merdu. Pemandangan ini tak hanya memanjakan mata, tapi juga menenangkan pikiran sejenak. Sebab, banyak pengunjung yang datang dari perkotaan.

Wisata pantai ini dapat membuat pengunjung betah selama berkunjung karena banyak kegiatan yang dapat dilakukan disini. Namun, pengunjung tidak dapat melakukan ini berselancar saat berkunjung kesini karena karakter ombak disini cenderung lebih tenang. Jadi bisa dipastikan ombaknya tidak terlalu cocok untuk berselancar.

Masih banyak lagi kegiatan seru yang bisa dilakukan di wisata bahari ini. Padahal, Pantai Tambak Sari juga memiliki beragam objek wisata yang cukup menakjubkan. Sebelum mengunjungi wisata pantai ini, yuk cari tahu dulu informasi lengkapnya!

Lihat penawaran hotel di Probolinggo

Atraksi yang ditawarkan Pantai Tambak Sari

Daya Tarik Pantai Tambak SariFoto: Google Maps/Rahmad Hidayat

Salah satu alasan wisata pantai ini selalu ramai terutama saat liburan adalah karena banyak sekali objek wisata yang benar-benar menakjubkan. Jenis atraksi yang berbeda ini dapat menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah. Lalu apa saja daya tarik wisata pantai ini yang harus diketahui wisatawan? Berikut daftarnya:

✦ Hamparan pohon bakau

Untuk memberikan kesan lebih sejuk, pihak pengelola pantai cantik ini banyak menanam pohon bakau di pinggir pantai. Tentunya keberadaan pohon ini dapat memberikan kesan alami pada Pantai Tambak Sari Probolinggo. Biasanya masyarakat memanfaatkan kawasan mangrove ini sebagai tempat peristirahatan.

Sehingga jika kelelahan terjadi setelah berenang, bermain air atau pasir, mereka bisa menghilangkan rasa lelahnya dengan beristirahat di bawah pohon yang rindang. Tak perlu khawatir meski datang di siang hari karena keberadaan pohon ini dapat melindungi pengunjung dari terik matahari yang cukup menyengat.

Paket Arung Jeram Pekalen Probolinggo

✦ Ada banyak spesies biota laut

Mulai dari kepiting, udang, kerang dan rumput laut hingga berbagai jenis ikan laut cantik yang hidup di kawasan pantai ini. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mengajak anaknya untuk mengunjungi pantai yang mempesona ini. Karena mereka bisa lebih mudah mengajari anaknya tentang kehidupan bawah air jika mereka melihatnya secara langsung.

Karena masih banyak biota laut di kawasan pantai ini, pengunjung bisa menghilangkan kebosanan dengan memancing. Wisata pantai sering dijadikan sebagai Pekerjaan Ideal untuk orang yang suka memancing. Ini karena ikan laut cenderung lebih mudah ditangkap di sini.

✦ Keindahan alam yang menakjubkan

Pada umumnya masyarakat lebih memilih datang ke Pantai Tambak Sari pada siang hari karena pada saat itu air laut sedang pasang. Sehingga Anda bisa melihat betapa indahnya gulungan ombak di sini. Namun, hal tersebut tidak menghalangi pengunjung untuk datang pada sore hari atau menjelang matahari terbenam.

Karena pemandangan matahari terbenam Di sini pun, pemandangan pantainya tak kalah indah di siang hari. Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di sini disarankan untuk datang antara pukul 16:30 dan 17:30. Selama ini, wisatawan bisa melihat jalannya sunset yang sangat indah dengan mata kepala sendiri.

Perjalanan snorkeling ke Gili Ketapang

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Tambak SariFoto: Google Maps/Budi Nugroho

Pantai yang masih sangat menyatu dengan alam ini terletak di Dusun Pandean, Sukokerto, Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur. Lebih spesifiknya, Pantai Tambak Sari berjarak sekitar 7 km dari pusat kota Kraksaan. Sedangkan jarak dari pusat Kota Probolinggo sekitar 25 km.

Pengunjung yang datang dari luar kota harus menuju ke Jl. Pertama Raya Pantura kemudian masuk ke kawasan Dusun Pandean yang berjarak sekitar 10 menit dari Jl. Kerajaan Pantura. Anda tidak perlu khawatir dengan medan disini, karena jalan ini dapat dengan mudah digunakan oleh sepeda motor maupun mobil.

Biasanya di setiap sisi Jl. Raya Pantura akan ada petunjuk arah yang bisa digunakan wisatawan untuk menuju wisata pantai dengan mudah. Untuk perjalanan yang lebih nyaman dan aman, lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi daripada angkutan umum.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas di Pantai Tambak SariFoto: Google Maps/Budi Nugroho

Wisata pantai yang tidak memerlukan tiket masuk ini memiliki berbagai macam fasilitas yang dapat membuat kunjungan ke pantai menjadi lebih menyenangkan. Pasalnya, berbagai jenis fasilitas tersebut memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai aktivitas yang menyenangkan. Beberapa dari mereka adalah:

1. Mainkan air

Kegiatan pertama yang dilakukan di Pantai Tambak Sari Probolinggo Jawa Timur adalah bermain air. Biasanya kegiatan ini lebih sering dilakukan oleh anak-anak. Namun, bukan berarti pengunjung dewasa juga tidak bisa mengikuti kegiatan ini. Untuk alasan keamanan, pengunjung disarankan untuk bermain air hanya di area pantai.

Dalam arti lain, pengunjung tidak disarankan untuk bermain air hingga setengah jalan di pantai. Karena dengan melakukan itu Anda hanya membahayakan keselamatan Anda sendiri. Meski ada beberapa warga di sekitar pantai yang memantau aktivitas pengunjung, tidak ada salahnya memastikan keselamatan diri sendiri.

2. Menangkap kerang di pinggir Pantai Tambak Sari

Siapa pun yang pernah ke sini tahu bahwa pengunjung diperbolehkan memancing kerang di Pantai Tambak Sari. Oleh karena itu, masyarakat biasanya membawa kantong plastik khusus yang bisa digunakan sebagai wadah penangkap kerang. Nantinya, kulit ini bisa diolah menjadi masakan yang enak.

3. berburu Pekerjaan Foto yang menarik

Meski kesannya masih sangat alami, wisata pantai populer ini punya beberapa Pekerjaan foto yang cukup baru. Oleh karena itu, wisata bahari juga sering dijadikan tempat sebelum pernikahan Itu sangat bagus. Foto yang diambil di sini bisa terlihat lebih indah karena kawasan sekitarnya masih penuh dengan alam yang asri.

4. Memancing

Masih belum puas dengan aktivitas di atas? Kemudian cobalah aktivitas menarik ini. Untuk kegiatan ini, pengunjung dapat menyewa perahu milik nelayan setempat. Bahkan, ada beberapa warga sekitar pantai yang juga menyewakan tambaknya sebagai tempat memancing.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai Tambak SariFoto: Google Maps/Fatimatuz Zah’ro

Dari segi fasilitas, Pantai Tambak Sari mungkin masih terlihat kalah dibanding tempat wisata pantai lainnya. Namun, bukan berarti fasilitas yang ada tidak memadai. Wisata pantai ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas sesuai kebutuhan pengunjung yaitu :

  • kamar mandi atau toilet
  • Tempat parkir yang luas
  • stand makanan dan minuman
  • Perhentian keren
  • Pekerjaan foto yang menarik

Keindahan alam Pantai Tambak Sari Probolinggo tidak kalah dengan keindahan alam wisatawan pantai Indonesia lainnya. Jumlah pengunjung wisata alam ini terus meningkat, karena semakin banyak orang yang tahu betapa indahnya alam di sini. Jadi Anda tidak perlu menunggu lama lagi untuk mengunjungi pantai cantik ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button