Tempat Wisata

Pantai Tamban: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Malang, sebuah kota di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Malang ada beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan harga murah seperti Pantai Tamban.

Pantai Tamban merupakan tempat rekreasi yang wajib dikunjungi di Dusun Tambakrejo, Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika Anda tinggal di Jawa Timur, Anda tidak perlu pergi jauh untuk berlibur ke luar pulau atau ke luar negeri, karena sebenarnya banyak pantai indah di sekitar kita yang tidak kalah dengan yang ada di Bali. Jika Anda mengajak keluarga atau teman, dijamin suasana liburan akan semakin seru dan meriah.

Nama Pantai Tamban sendiri memiliki sejarah yang cukup kental di masyarakat setempat. Pantai Tamban berarti obat atau tombo dalam bahasa Jawa. Dulu, Pantai Tamban menjadi obat bagi tiga orang kiai yang menemukan kawasan ini. Kiai menanam area hutan di dekat pantai pada tahun 1880-an. Ketiga Kiai tersebut adalah Kiai Yaser, Kiai Mangun dan Kiai Ngastowo.

Dari segi pemandangan pantai ini masih sangat alami dan panorama yang ditawarkannya juga memanjakan mata setiap pengunjung. Pasir putih yang indah terasa lembut saat Anda berjalan di sepanjang pantai. Air lautnya yang biru jernih, dilengkapi dengan pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi dan hijaunya pohon kelapa yang terasa menyejukkan, akan menyapa mata Anda di pantai. Banyak hal yang dapat dilakukan di Pantai Tamban seperti bermain pasir, berkemah, membuat api unggun dan membakar ikan, atau sekedar bersantai menikmati udara yang sejuk dan lembut.

Fasilitas di Pantai Tamban

Meski jumlahnya tidak banyak, namun tetap ada beberapa fasilitas penunjang pengunjung di pantai ini, seperti;

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut sudah ada di Pantai Tamban. Jadi jika Anda perlu ke toilet tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa bilik toilet umum yang bisa Anda gunakan.

– Area parkir

Kendaraan pribadi bisa digunakan untuk menuju Pantai Tinta. Bagi anda yang membawa sepeda motor atau mobil sendiri, sudah tersedia tempat parkir yang cukup luas yang mampu menampung banyak kendaraan. Biaya parkirnya sendiri juga murah.

– Kamar untuk menginap

Bagi Anda yang membutuhkan tempat menginap, terdapat beberapa penginapan di sekitar Pantai Tamban dengan harga yang berbeda-beda tergantung fasilitasnya.

Lihatlah sekeliling sambil bersantai di atas kapal.

– Bilik atau tempat makan

Jika Anda tidak membawa bekal makanan atau minuman dari rumah, Anda tidak perlu khawatir kelaparan. Sudah ada beberapa warung atau kantin yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Ada beberapa paviliun di sana yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bersantai. Duduk-duduk menikmati pemandangan pantai sambil menyantap bekal yang dibawa pasti bisa menjadi kegiatan yang asik dan santai.

Berburu foto di Pantai Tamban

Berkunjung ke destinasi wisata manapun memang rasanya gagal jika tidak membawa kamera dan melewatkan berbagai momen seru yang dialami saat berlibur. Di Pantai Tamban, Anda bisa memanjakan hasrat fotografi, karena banyak tempat menarik yang bisa dimanfaatkan, seperti tempat-tempat di mana Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pasir pantai. Di sana Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang birunya air laut yang berkilauan diterpa sinar matahari dan pemandangan alam yang indah. Selain itu, kamu juga bisa meminta temanmu untuk mengambil fotomu saat melakukan aktivitas olahraga air yang menyenangkan. Selain itu, terdapat pemandangan perbukitan karang yang sangat indah, yang sangat cocok dijadikan sebagai target jepretan kamera Anda.

Baca Juga: Pantai KIpas, Wisata Menghadap Laut Biru

Akses jalan menuju Pantai Tamban

Jika Anda datang ke Pantai Tamban dengan kendaraan bermotor, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jika Anda memutuskan untuk langsung menuju Pantai Tamban dari Pantai Sendang Biru, hanya membutuhkan waktu 30 menit berkendara. Dari arah Malang, Anda bisa mengambil jalan menuju Pantai Sendang Biru. Sekitar 5 km sebelum Sendang Biru, ambil jalan kiri menuju Pantai Tamban. Tak perlu khawatir tersesat karena di perempatan sudah ada tanda hijau bertuliskan Pantai Tamban.

Biaya masuk ke Pantai Tamban

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Pantai Tamban

Tips berlibur ke Pantai Tamban

Jadikan liburan Anda dan liburan keluarga di Pantai Tamban lebih menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Pantai Tamban adalah liburan yang lebih panjang.
  • Datanglah ke Pantai Tamban bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Tamban.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Tamban.

Galeri Foto Pantai Tamban

Pantai Tampan
Batu karang di Pantai Tamban
Keindahan Pantai Tamban
Deretan perahu nelayan di Pantai Tamban
berburu foto
fasilitas relaksasi
Matahari terbenam di Pantai Tamban

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button