Tempat Wisata

Pantai Tanjung Baru Karawang – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pasirjaya, Kec. Cilamaya, Cab.Karawang, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Pantai Tanjung Baru merupakan wisata alam yang populer di kalangan masyarakat. Banyak pengunjung dari berbagai daerah yang ingin berlibur ke sini karena pemandangannya yang begitu indah. Cukup banyak turis dari luar negeri yang pernah ke sini sebelumnya. Apalagi saat perjalanan liburan terkesan dijejali para pelancong bersama keluarga.

Sebelumnya pantai di Karawang ini sempat terbengkalai karena tidak dihiraukan pengelola. Namun sedikit demi sedikit, destinasi alam ini telah direnovasi dan diubah menjadi tempat rekreasi yang terlihat asri. Area sekitarnya juga diberkahi dengan beberapa tanaman hijau yang sengaja ditanam. Hal ini tentunya akan membuat udara di sekitar terasa sejuk.

Selama berada di kawasan Tanjung Baru, Anda bisa bersantai sambil menikmati panorama. Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya terasa menyejukkan dan cocok untuk bercengkrama bersama keluarga. Selain itu, beberapa sudut pantai juga menawarkan tempat persewaan peralatan. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk bermain air sebanyak yang mereka suka selama kunjungan mereka.

Daya Tarik Pantai Tanjung Baru

Obyek wisata Pantai Tanjung BaruKredit foto: Google Maps Kayla & Naira Stories

1. Pesona Alam

Pantai Tanjung Baru dikelilingi oleh pemandangan alam yang sangat indah. Ada pohon kelapa dan bakau yang berjejer rapi di sepanjang bibir pantai. Pohon ini tidak hanya membuat suasana terlihat asri, tapi juga berfungsi untuk mencegah abrasi laut. Udara terasa segar saat Anda hirup karena banyak tanaman hijau dan Anda akan merasa nyaman.

Tak hanya itu, terdapat bukit-bukit yang bisa dilihat dari pantai. Hal ini membuat pesona alam semakin lengkap dan enak dipandang. Bagi yang berada di kawasan tersebut pada siang hari tidak akan kegerahan karena banyaknya pepohonan. Tak heran jika pariwisata selalu menjadi incaran anak muda dan orang tua dari berbagai daerah.

2. Pasir lembut

Pasir pantainya yang berwarna putih kecoklatan lembut saat disentuh. Bahkan turis pun tidak perlu memakai sepatu untuk merasakan kelembutannya. Pasir pantai ini sering digunakan pengunjung untuk bermain.

Selain itu, banyak traveler yang berfoto dengan latar belakang berpasir dan warna air laut yang indah. Anda biasanya dapat melihat beberapa biota laut seperti kerang di sepanjang pasir.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena tidak ada bebatuan sehingga pengunjung bebas berjalan-jalan sesuka hati. Lahannya yang luas juga cocok untuk jalan-jalan melihat pantai dari dekat. Jadi jangan lupa untuk berwisata ke pantai ini agar bisa merasakan lembutnya pasirnya.

3. Suasana Menenangkan

Suasana di Pantai Tanjung Baru terasa menenangkan dan nyaman. Hal ini karena jauh dari hiruk pikuk kota, sehingga tidak ada polusi udara. Selain itu, pantai ini diberkahi dengan beberapa tumbuhan hijau yang akan memanjakan mata.

Traveler yang ingin bersantai bisa berkunjung ke pantai saat berlibur. Suara ombak pecah dengan angin sepoi-sepoi akan menemani Anda. Bawalah makanan ringan agar Anda lebih nyaman saat duduk di kursi pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Pantai Tanjung BaruKredit foto: Google Maps Dede Maulana Iqsan

Wisata alam Pantai Tanjung Baru terletak di desa Pasir Jaya, Karawang, Jawa Barat. Meski cukup jauh dari pusat kota Anda tidak perlu khawatir karena lokasinya mudah ditemukan. Aspalnya mulus, sehingga kendaraan apapun bisa melewatinya. Tamu yang tidak membawa kendaraan sendiri dapat menyewa travel atau angkutan umum.

Berangkat dari kota Karawang, pengunjung bisa langsung menuju Jalan Syekh Ouro dan masuk ke Pasar Telagasari. Kemudian seberangi Jembatan Pegadungan untuk sampai ke Jalan Tempuran. Dari sini tempat wisata tidak jauh, hanya beberapa meter saja. Anda bisa belok kiri untuk menuju kawasan Desa Pasir Jaya yang merupakan tempat wisata pantai.

Bagi yang baru pertama kali datang ke Karawang, bisa mengaksesnya melalui Google Maps atau bertanya langsung ke warga. Tanda juga telah dipasang di beberapa jalan raya untuk membantu wisatawan menemukan tur. Sepanjang jalan terlihat pemandangan dan suasana pedesaan yang masih terlihat asri.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Masuk Pantai Tanjung BaruSumber gambar: Google Maps Anim Alfanjamil

Liburan di Pantai Tanjung Baru memang menyenangkan. Juga, ada tiket yang ramah kantong, hanya Rp 10.000 untuk anak-anak dan dewasa. Namun, khusus untuk wisatawan mancanegara biasanya dikenakan harga sendiri yang sedikit mahal. Anda bisa menikmati keindahan pantai bersama teman-teman dari pagi hingga malam hari.

Terdapat biaya tiket parkir untuk tamu yang tiba dengan kendaraan pribadi. Harga masih tergolong murah, hanya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Khususnya bagi pemudik yang datang dengan rombongan bus biasanya dikenakan tarif sendiri. Negara luas ini dikenal mampu menampung banyak kendaraan.

Harga yang terjangkau memastikan destinasi alam ini tidak pernah sepi pengunjung. Saat liburan, tempat ini akan tampak ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Di beberapa sudut pantai juga terdapat beberapa warung dan persewaan peralatan. Harganya dijamin murah dan tentunya sangat cocok sebagai pilihan liburan keluarga.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tanjung Baru

Kegiatan wisata di pantai Tanjung BaruKredit foto: Google Maps Anim Alfanjamil

1. Sewa perahu

Di sudut lain, Pantai Tanjung Baru menawarkan penyewaan perahu. Anda bisa menjelajahi keindahan pantai dengan berjalan kaki menggunakan perahu yang dipandu oleh nelayan. Biasanya tamu yang datang pada siang hari nampaknya banyak melakukan kegiatan ini karena air laut sedang surut. Selain itu, ombak pantainya sangat mendukung karena tidak terlalu besar.

2. Berenang

Air pantainya dikenal terlihat jernih dan ombaknya merupakan ombak kecil yang cocok untuk berenang. Wisatawan bisa membawa perlengkapan berenang dari rumah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat persewaan pelampung di area pantai. Oleh karena itu, jangan lupa untuk bermain air saat liburan di pantai.

3. Bermain pasir

Pasirnya yang putih dan lembut saat disentuh sering digunakan untuk bermain pasir. Pengunjung bisa bermain voli atau membangun istana pasir. Tentunya Anda bisa membawa peralatan bermain dari rumah agar liburan Anda semakin seru. Selain itu, meski tanpa sepatu, pengunjung bisa merasakan kelembutan pasirnya.

4. Ambil gambar

Traveler yang bermain di pantai harus mahir mengabadikan momen. Apalagi di kawasan pantai eksotis ini menawarkan pemandangan indah langsung ke laut. Ada juga beberapa spot foto yang bisa dijadikan latar belakang yang bagus. Dijamin hasil jepretan Anda akan terlihat estetik jika berfoto di sini.

5. Berjemur

Berjemur adalah kegiatan pantai favorit bagi sebagian orang. Wisatawan yang datang pagi-pagi bisa menikmati matahari dengan duduk di atas pasir putih. Selain itu, Anda bisa duduk menghadap matahari langsung di kursi pantai yang disediakan. Kegiatan tersebut tentunya akan memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh dan kulit.

6. Saksikan matahari terbenam

Pantai Tanjung Baru yang indah sering digunakan oleh para pelancong sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam. Gazebo yang ada di dekatnya bisa dijadikan tempat bersantai. Langit senja jingga memanjakan mata para pengunjung. Panorama ini sering difoto oleh banyak orang untuk mengabadikan momen tersebut karena langit terlihat sangat indah.

7. Kunjungi pasar

Kawasan pantai ini dikenal dekat dengan pasar tradisional yang dikelola warga setempat. Berbagai jenis olahan biota laut dijual disana yang sudah matang dan masih mentah. Traveler bisa mencoba kuliner yang dijual di pasar ini, karena dijamin enak. Selain itu, Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh setelah liburan.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas di Pantai Tanjung BaruKredit foto: Google Maps Wawodh Swod

Wisata Pantai Tanjung Baru memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh para pelancong. Terdapat pasar tradisional di dekat pantai bagi pengunjung yang ingin berbelanja dan mencicipi kuliner. Ada persewaan yang ditawarkan oleh petugas, salah satunya persewaan perahu. Anda dapat melihat keindahan destinasi yang indah dengan menyewa perahu.

Area tersebut dilengkapi dengan tempat duduk dan gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai. Biasanya banyak rombongan keluarga yang menghabiskan waktu di pendopo. Di sudut lain terdapat kamar mandi untuk pengunjung setelah bermain air. Ingatlah untuk menjaga kebersihan kamar mandi setelah digunakan.

Fasilitas lain di sekitar pantai adalah panggung hiburan. Pada hari-hari tertentu, wisatawan dapat melihat atraksi tari tradisional atau live music yang dibawakan oleh pihak pengelola. Pada bagian depan dilengkapi dengan tempat parkir yang dapat menampung kendaraan dan mushola. Diharapkan Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan dengan baik.

Itulah beberapa penjelasan tentang Pantai Tanjung Baru. Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Karawang dapat mengunjungi wisata ini. Suasananya yang menenangkan dijamin membuat Anda senang berlibur. Jangan lupa ajak keluarga untuk membuat liburan menjadi menyenangkan dan siapkan beberapa perlengkapan yang akan digunakan selama menginap.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button