Tempat Wisata

Pantai Tanjung Bongo, pantai indah dengan panorama bebatuan di tengah Lombok

Salah satu surga tersembunyi di pulau Lombok adalah Pantai Tanjung Bongo. Tempatnya berada di balik bukit dan tidak banyak dikunjungi orang.

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 07.00-18.30 WITA, Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab.Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Bagi yang sedang mencari destinasi wisata pantai yang menarik, Lombok adalah tempat yang tepat. Pulau ini memiliki banyak objek wisata pantai yang membuat para wisatawan terpesona dengan keindahan yang ditawarkannya. Salah satu pantai terindah dan jarang dikunjungi adalah Pantai Tanjung Bongo.

Meski demikian, bisa diakui pemandangan di pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai lainnya. Padahal, suasana yang masih alami adalah salah satu ciri khas pantai ini. Banyak yang menyebutnya “Surga Tersembunyi Lombok” karena terletak di balik Bukit Merese.

Karena letaknya yang demikian, untuk menuju pantai ini Anda harus mendaki terlebih dahulu yang membutuhkan tenaga ekstra yang tidak sedikit. Namun, setelah berhasil mencapai pantai ini, usaha tersebut akan sia-sia karena Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang menakjubkan dikelilingi oleh tebing tinggi yang sangat indah.

Lombok Day Tour: Goa Bangkang, Banyumulek dan Pantai Kuta

Atraksi yang ditawarkan : Pantai Tanjung Bongo

Objek Wisata Pantai Tanjung BongoFoto: Google Maps/Loetfi Ono

Meski belum banyak yang mengetahui keberadaan pantai cantik ini, namun eksotisme alam yang ditawarkannya sungguh memikat setiap orang yang melihatnya. Keindahan dan kebersihan pantai ini masih terjaga dengan baik. Pasir putih yang lembut dan air laut yang biru membuat semua orang betah. Berikut beberapa daya tariknya.

✦ Pantai yang bersih dan alami

Pantai Tanjung Bongo memang tidak memiliki garis pantai yang sangat panjang, namun pasir putihnya yang bersih dan lembut menambah keindahan pantai ini. Karena belum banyak dikunjungi wisatawan, kondisi pantai ini sangat bersih. Karena itu, setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini diharapkan menjaga kebersihan dan keindahannya.

✦ Batu yang indah

Gugusan bebatuan yang banyak menghiasi pantai, tertata begitu indah, membuatnya menyerupai Raja Ampat. Letak batu karang ini berada di tengah air. Pemandangan yang begitu indah sayang jika kamera tidak mengabadikan momen tersebut. Ini akan menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai cantik ini.

✦ Air jernih

Air laut pantai ini cukup jernih. Pemandangan bawah laut akan sangat jelas. Berbagai biota laut juga akan terlihat jelas. Saat menyelam atau snorkeling, mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam bawah laut yang masih terjaga.

Cek hotel murah di Lombok Tengah

✦ Mengendarai sampan berkeliling

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai, namun tidak berani berenang, tersedia fasilitas kano di sini. Dengan perahu Anda bisa menyusuri dan mengitari pantai yang sangat menawan ini. Bentang alam bawah laut bisa terlihat sangat nyata selama perjalanan kano.

✦ Ada kolam alami kecil

Di Pantai Tanjung Bongo terdapat kolam alami kecil yang dikelilingi bebatuan besar. Kolam inilah yang menjadi ciri khas dan keunikan dari pantai ini. Sangat cocok untuk bersantai dan memulihkan diri dari perjalanan ke pantai yang indah ini. Airnya yang sejuk ditambah dengan angin sepoi-sepoi menambah pengalaman menginap yang menyenangkan di pantai ini.

Namun, kehati-hatian harus dilakukan saat mandi di kolam ini karena kolam alami hanya muncul ke permukaan saat air surut. Saat air pasang, wisatawan tidak diperbolehkan berenang di kolam alami ini karena ombaknya cukup besar. Hal ini karena wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

✦ Ada Bukit Merese

Bukit ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai Lombok yang indah. Bukit Merese memadukan keindahan kawasan perbukitan dan pantai yang memanjakan mata. Wisatawan bisa berswafoto di sini dan mengagumi beberapa pesona pantai terkenal di sekitarnya.

Paket rafting seru di Lombok

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Tanjung BongoFoto: Google Maps/Avijit Kumar Mitra

Pantai Tanjung Bongo terletak di dekat Bukit Merese, Kuta, Lombok, NTB. Dari kota Mataram jaraknya sekitar 60-65 km. Siapa sangka untuk menikmati keindahan pantai ini, wisatawan tidak perlu membayar biaya masuk, cukup membayar biaya parkir saja. Sebenarnya wisatawan yang ingin ke pantai cantik ini bisa memilih dua jalur, datar dan lewat laut.

Ini karena lokasinya berada di balik bukit. Jika Anda berangkat dari Kota Mataram, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke Bukit Merese dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Kemudian, dalam wisata ini wisatawan dapat memilih menggunakan jalur darat atau jalur laut untuk melanjutkan perjalanan menuju pantai tersembunyi ini.

Jika memilih jalur darat, wisatawan harus memarkir kendaraannya di Bukit Merese. Kemudian mendaki bukit selama 15 menit. Kemudian Anda harus menuruni tebing yang cukup terjal di sisi kanan bukit. Agar tidak salah jalur, disarankan menggunakan aplikasi petunjuk arah untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Bongo.

Jika memilih jalur laut, wisatawan perlu memarkir kendaraannya di Pantai Tanjung Ann. Untuk melewati jalur laut ini, Anda tidak perlu mendaki gunung, Anda hanya perlu menyewa perahu sekitar Rp 150.000 hingga 350.000 tergantung jumlah penumpang. Jalur laut dapat dilalui saat air surut karena kondisi ombak yang cukup bersahabat.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas seru di Pantai Tanjung BongoFoto: Google Maps/Loetfi Ono

Karena pantai ini buka mulai pukul 08:00 hingga 17:00, wisatawan dapat menikmati keindahan pantai ini pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini dikarenakan tempatnya yang cukup tersembunyi dan melewati daerah perbukitan. Berbagai kegiatan menarik dilakukan di sini.

1. Berburu foto

Pantai Tanjung Bongo memiliki beragam spot foto menarik yang sayang jika tidak terekam kamera. Ada sekitar 20 titik yang bisa dijadikan spot fotografi dengan view yang mempesona. Ini juga berkat dukungan pemerintah setempat yang berusaha mengembangkan potensi wisata pantai ini.

2. Menikmati sunset di Pantai Tanjung Bongo

Pemandangan menjelang sunset di Pantai Tanjung Bongo ini sangat indah. Mampu memukau wisatawan dengan keindahan yang disajikan. Daerah perbukitan adalah tempat yang tepat untuk menikmati momen ini. Namun, wisatawan disarankan untuk pulang lebih awal, sebelum gelap, karena harus melewati daerah perbukitan yang terpencil.

3. Bersantai di pantai

Pantai ini cocok sebagai tempat melepas penat dari keseharian. Suasananya yang tenang dan jauh dari keramaian, menjadikannya pilihan yang tepat untuk menikmati ketenangan pantai yang indah ini. Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai Tanjung BongoFoto: Google Maps/Loetfi Ono

Saat ini belum ada fasilitas pendukung yang dibangun oleh pengelola setempat. Pasalnya, lokasi dan akses jalan menuju Pantai Tanjung Bongo cukup sulit.

Mereka harus mendaki bukit terjal atau menyeberangi lautan, sehingga menyulitkan pengelola untuk membangun fasilitas penunjang. Hanya ada satu tempat parkir mobil di Merese Hill.

Pantai Tanjung Bongo menawarkan keindahan alam yang sangat indah. Ciri khas pantai ini adalah kolam alami dan formasi bebatuan. Namun, jalan menuju pantai ini cukup berat karena harus melewati laut atau perbukitan yang terjal. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan tenaga ekstra dan perbekalan yang cukup sebelum berkunjung ke sini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button