Berita Wisata

Pantai Tanjung Pendam rawan banjir saat cuaca buruk, Kepala Dispar mengimbau warga waspada

POSBELITUNG.CO, BELITUNG – Kondisi cuaca buruk di Belitung berdampak pada destinasi wisata khususnya Pantai Tanjung Pendam yang menjadi obyek wisata pantai di Tanjungpandan. Angin kencang dan banjir rob menggenangi area belakang sekitar pos TNI-AL.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Annyta mengatakan, parit-parit yang baru saja selesai dibangun dan dirawat di kawasan pantai Tanjung Pendam juga terkena imbas dari kondisi alam tersebut.

“Kami agak sedih karena saat ini sedang melakukan pemeliharaan jalan. Tapi kejadian ini terjadi setiap tahun, bukan hal baru. Begitu (cuaca buruk) reda, kami akan memeriksa kerusakan dan mencoba memperbaikinya dengan anggaran pemeliharaan.” ujarnya, Jumat (23/23/2011) 12/2022).

Dengan kondisi cuaca yang buruk saat ini, Annyta juga tidak merekomendasikan untuk pergi ke Pantai Tanjung Pendam.

Juga tidak disarankan untuk mengunjungi taman bermain anak-anak di bawah pohon saat kondisi angin kencang saat ini.

Menurutnya, kawasan di depan Tanjung Pendam seperti kafe dan restoran masih bisa dikunjungi karena objek wisata ini akan selalu dibuka.

Namun, dia meminta pengunjung tidak memasuki area belakang, termasuk area yang banyak pepohonan tinggi.

“Tanaman dikhawatirkan sudah tua, padahal bulan lalu kami memotong tanaman yang diduga akarnya lemah. Dipotong karena cenderung rontok,” imbuhnya.

Selain objek wisata yang dikelola pemerintah daerah, dia juga mengimbau masyarakat untuk waspada saat mengunjungi objek wisata yang rawan gelombang pasang. Termasuk objek wisata yang banyak pohon atau ranting patah yang dapat merugikan pengunjung.

Dia berharap cuaca buruk segera berlalu agar kerusakan tidak bertambah.

“Terutama di destinasi yang dikelola masyarakat, seperti Juru Seberang. Ada beberapa lokasi wisata yang kami khawatirkan akan terdampak cuaca buruk ini,” ujarnya.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button