Tempat Wisata

Pantai Tanjung Pesona, nikmati panorama alam sambil bersantap di Bangka

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Rambak, Kec. Sungailiat, Kab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; map: Cek lokasi

Pantai Tanjung Pesona memiliki panorama laut lepas yang indah. Terletak di antara Pantai Tikus dan Uber Bay Monitor, ia berada di sebuah tanjung. Pantai ini juga memiliki bebatuan besar yang tertata secara alami dengan tampilan yang sangat eksotis. Dengan pesona alam yang indah, wisata ini menjadi tujuan wisata populer di Bangka untuk liburan keluarga.

Jika diperhatikan lebih dekat, pantai ini sepertinya memiliki 3 tingkat. Di tingkat pertama terdapat bebatuan granit yang sangat indah, kemudian gazebo yang menjorok ke laut, dan yang terakhir adalah pantai landai dengan pasir putih. Batu granit dengan berbagai ukuran di sekitar pantai sering menjadi tempat para pengunjung duduk dan bersantai.

Destinasi Pantai Tanjung Pesona ini juga dilengkapi dengan hotel dan restoran. Banyak hotel yang didesain menghadap ke laut sehingga pengunjung yang menginap di sini bisa menikmati pemandangan yang memanjakan mata. Sementara itu, rumah makan di sekitar pantai menyajikan berbagai makanan khas Bangka, serta menu Indonesia seperti bakso atau jagung bakar.

Atraksi Pantai Tanjung Pesona

Tempat Wisata di Pantai Tanjung PesonaSumber Gambar: Google Maps Birin Rin

Pantai cantik ini kerap merebut hati para pengunjung yang datang. Kawasan yang sangat ramah anak ini memang sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga. Hal ini tidak lepas dari daya tarik pantai ini sendiri yang tidak kalah dengan pantai lainnya. Berikut beberapa daya tarik dari destinasi wisata ini.

1. Pemandangan eksotis

Pantai Tanjung Pesona memiliki pemandangan yang eksotis. Dengan bongkahan batu granit yang tersebar di sepanjang pantai dan tentunya tertata dengan sangat apik, hal ini menambah daya tarik pantai Pulau Bangka ini. Pada waktu-waktu tertentu pantai ini sepi, sehingga serasa berada di pantai pribadi. Pengunjung dapat merasakan ketenangan dan juga menikmati keindahan alam yang disajikan.

Pantai berpasir putih ini juga memiliki air laut yang jernih dan bersih. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk bermain air atau berenang di perairan dangkal. Ada juga banyak pohon kelapa yang tumbuh di sepanjang pantai. Dengan pohon-pohon ini, pantai menjadi segar dan perasaan yang sangat khas daerah pantai.

Di pantai ini juga terdapat paviliun yang menjorok ke laut. Jembatan panjang menuju pendopo menjadi daya tarik karena seolah membelah laut menjadi dua. Keunikannya membuat jembatan menuju pendopo menjadi ikon pantai ini. Pengunjung bisa menyusuri jembatan ini dan menjadikannya spot foto dengan air laut dalam jarak dekat.

2. Fasilitas untuk anak-anak

Sebagai tempat wisata yang ramah anak, pengelola telah menyiapkan fasilitas agar anak-anak merasa lebih nyaman dan bersenang-senang mengisi liburannya. Ada taman bermain anak-anak. Permainan yang aman untuk anak-anak disediakan. Orang tua tidak perlu khawatir tentang keselamatan anak-anak mereka.

Ada juga kebun binatang mini. Selain menyenangkan, kebun binatang juga bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak. Orang tua dapat mengajarkan berbagai jenis hewan secara langsung. Bahkan anak-anak berkesempatan memberi makan beberapa hewan seperti monyet dan burung bangka yang ada di dalam kandang.

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Tanjung PesonaSumber gambar: Twitter Caesarino

3. Kuliner

Pantai Tanjung Pesona memiliki restoran yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan. Menu yang bervariasi menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi pecinta kuliner. Pengunjung bisa mencicipi masakan khas Bangka di sini. Selain itu, ada juga aneka masakan kuliner Indonesia. Masakan asing seperti masakan Eropa dan Cina juga tersedia.

4. Drive permainan

Kawasan ini memiliki berbagai seluncuran air untuk dicoba pengunjung. Dengan banyaknya wahana, pengunjung tidak akan bosan selama liburan panjang di pantai ini. Selain itu, ada juga layanan sewa sepeda untuk bersepeda melalui rute yang sudah tersedia. Jika Anda menyukai olahraga yang menuntut, bersepeda itu menarik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung PesonaSumber gambar: Google Maps Melisa

Lokasi Pantai Tanjung Pesona hanya berjarak 9 kilometer dari pusat kota Sungaililiat, Bangka Belitung. Jika Anda berada di Pangkalpinanang, jaraknya sekitar 35 kilometer atau perjalanan sekitar 45 kilometer. Tidak ada angkutan umum untuk sampai ke kawasan ini. Jadi jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa kendaraan.

Ada dua rute yang bisa Anda ambil. Bisa melalui Jl. Listas Timur Bangka dengan estimasi waktu yang cepat. Atau bisa juga melalui Jl. Sungai Liat – Pangkalpinang dengan jarak 40 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Tanjung PesonaKredit foto: Google Maps nurhayati ibnu

Pantai Tanjung Pesona bukanlah tujuan wisata yang mahal. Untuk tiket masuk, setiap pengunjung hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000. Pecahan ini tentunya masih bersahabat di kantong para pengunjung.

Namun, jika pengunjung ingin mencoba fasilitas sepeda dan berolahraga di jalur trekking, mereka juga bisa menyewanya dari pengelola dengan tarif Rp 10.000 per jam.

Aktivitas menarik di pantai Tanjung Pesona

Aktivitas menarik di pantai Tanjung PesonaKredit foto: Instagram Yo Suhendra

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Tanjung Pesona. Apalagi dengan banyaknya fasilitas dan wahana yang bisa kamu coba. Jangan lewatkan semua kesenangan mencoba aktivitas menyenangkan ini. Anda akan memiliki pengalaman yang akan membuat liburan Anda tidak membosankan.

1. Berenang

Kawasan pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga aman untuk berenang di lepas pantai. Airnya sangat segar dan bersih sehingga bisa menyegarkan tubuh. Banyak anak-anak juga mandi dan berenang di air dangkal. Meski terbilang aman, anak-anak tetap perlu diawasi.

2. Berkano

Ada persewaan kano yaitu perahu kecil berkapasitas satu hingga dua orang. Jika ingin menikmati air dari dekat, Anda bisa bermain kano di area tersebut. Bermain dan menjajal perahu kecil ini akan membuat liburan Anda menyenangkan. Biaya tambahan untuk mencobanya juga tidak akan mahal.

3. Coba wahana lain

Anda juga bisa mencoba wahana lain di Pantai Tanjung Pesona yang tak kalah seru. Olahraga yang cukup memacu adrenalin dan seru sudah tersedia di kawasan ini. Anda bisa mencoba banana boat, juga permainan jet ski. Jika Anda berlibur di kawasan ini, Anda wajib mencoba wahana seru ini.

4. Memancing

Aktivitas di Pantai Tanjung PesonaSumber gambar: Twitter Berita GTV Indonesia

Jika Anda hobi memancing, maka liburan di pantai yang indah ini juga bisa berupa memfokuskan hobi Anda di pantai ini. Anda bisa membawa alat pancing dan ikan di perairan sekitar. Ada banyak sekali jenis ikan yang bisa Anda dapatkan. Banyak juga pengunjung yang melakukan aktivitas yang satu ini. Anda juga dapat mencoba.

5. Wisata kuliner

Di pantai ini Anda bisa berburu makanan yang cocok untuk para pecinta kuliner. Ada banyak menu yang ditawarkan. Mulai dari makanan khas Bangka yang mungkin belum pernah Anda cicipi, hingga makanan laut dan makanan asing seperti makanan Eropa atau China. Selain itu, Anda juga bisa sekadar mencicipi makanan nusantara.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di Pantai Tanjung PesonaSumber gambar: Google Maps Adhi Ciccone

1. Pesona Hotel Teluk

Pantai ini sangat dekat dengan Tanjung Pesona. Dengan kamar yang nyaman dan fasilitas yang lengkap, biaya sewa per malam mulai dari Rp 700.000. Jika Anda datang dengan rombongan besar, maka Anda bisa memilih penginapan ini.

2. Hotel Tanjung Pesona

Penginapan ini bisa menjadi rekomendasi akomodasi karena fasilitas yang ditawarkan juga sangat memadai. Selain kamar yang luas, Anda juga akan dilayani dengan cepat dan ramah. Lokasinya juga strategis dan ada juga kolam renang yang bersih untuk digunakan pengunjung.

3. Keluarga angkat yang ramah

Akomodasi ini terjangkau dengan fasilitas pengunjung yang wajar. Dengan menawarkan konsep home-from-home, kamar yang ditawarkan juga sangat nyaman dan bersih. Alamatnya juga mudah ditemukan. Selain itu, akses menuju pantai juga tidak terlalu jauh. Cocok untuk anda yang mencari penginapan murah tapi nyaman untuk istirahat.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di Pantai Tanjung PesonaKredit foto: Instagram Hotel Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona memiliki fasilitas yang memadai agar pengunjung merasa lebih nyaman berlibur di destinasi wisata yang satu ini. Pengelola telah menyiapkan semua fasilitas dan wahana untuk segala usia. Ada arena bermain untuk anak-anak agar anak-anak tidak bosan. Ada juga kebun binatang mini yang pasti kamu suka.

Wahana lain juga disiapkan. Permainan air yang tersedia seperti banana boat atau jet ski dapat dicoba oleh pengunjung untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan. Ada juga jogging track. Pengunjung juga bisa menggunakan jalur ini sebagai tempat bersepeda. Anda juga dapat menyewa sepeda Anda sendiri dengan harga yang sangat murah

Terdapat gazebo untuk beristirahat dan melihat pedesaan di sekitarnya. Jika ingin menginap, pantai ini juga menawarkan hotel dan resort. Pengunjung bisa menyewa kamar dengan pemandangan laut yang indah. Resor ini juga menawarkan berbagai makanan untuk dipilih sesuai dengan selera masing-masing. Harganya terjangkau tapi memanjakan lidah.

Pantai Tanjung Pesona merupakan tempat wisata yang bisa menjadi pilihan untuk liburan keluarga. Berbagai wahana disiapkan untuk segala usia. Mulai dari anak-anak dengan taman bermain dan kebun binatang mini, juga untuk orang dewasa dengan permainan air yang seru. Anda bisa mencoba keseruannya saat berkunjung ke pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button