Tempat Wisata

Pantai Tanjung Pinggir, pantai berpasir coklat dengan panorama alam yang mempesona di Batam

Pantai Tanjung Pinggir, pantai berpasir coklat dengan panorama alam yang mempesona di Batam

Pantai Tanjung Pinggir memiliki pesona tersendiri sehingga banyak dikunjungi orang. Informasi lengkap tentang wisata di Batam ada di sini!

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 07.00-19.00 WIB, Alamat: eh Rand, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Batam merupakan kota niaga yang memiliki lokasi strategis di Indonesia. Selain itu, Batam juga dikenal memiliki banyak pilihan wisata pantai yang indah dengan daya tarik tersendiri. Saat Anda berkunjung ke Batam, jangan lupa untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Pinggir.

Wisata pantai di Batam ini memiliki pasir berwarna coklat sehingga terlihat indah. Selain itu, Tanjung Pinggir membuat banyak orang penasaran karena menawarkan pemandangan yang berbeda dari destinasi wisata pantai lainnya.

Bagaimana pemandangan di Tanjung Pinggir? Kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan di wisata Tanjung Pinggir? Bagaimana cara mengunjungi? Apakah fasilitas tempat wisata ini lengkap? Cari tahu lebih banyak tentang Tanjung Pinggir di Batam di artikel ini!

Daya tarik Pantai Tanjung Pinggir

Daya Tarik Pantai Tanjung Pinggir BatamKredit foto: Instagram Firman Fitriyadi

Tanjung Pinggir adalah pantai uang yang membentang dari barat ke timur dan menghadap ke utara. Pesona keindahan alam pantai yang memukau dengan pemandangan yang menarik bisa Anda temukan di pantai ini.

1. Keindahan pantai yang mempesona

Warna pasir pantainya yang coklat dan bersih terbentang jauh di sepanjang bibir pantai membuatnya terlihat indah. Pepohonan yang membatasi pantai membuat destinasi ini terlihat asri dan menenangkan.

Pantai yang landai ini memiliki akumulasi karang laut di sepanjang tepiannya. Ombak laut yang terbilang tenang dan sesekali berbenturan dengan gugusan karang laut menambah pesona kawasan wisata ini.

Destinasi wisata ini juga memiliki hutan bakau sehingga terlihat semakin mempesona. Selain itu, hutan bakau di tempat wisata ini juga berfungsi untuk melindungi pantai dari abrasi.

Selain pantainya yang indah, tempat wisata ini juga menawarkan keindahan bawah laut. Ada berbagai terumbu karang dan biota laut yang indah untuk dilihat saat snorkeling.

2. Pemandangan Singapura dari jauh

Secara umum pantai ini menawarkan pemandangan laut lepas yang sangat luas. Namun, destinasi wisata tepi pantai ini menawarkan pemandangan yang berbeda. Daya tarik utama Pantai Tanjung Pinggir Batam adalah menawarkan pemandangan Singapura dari jauh.

Memang negara Singapura dan kawasan Marina Bay Sands banyak dilihat oleh wisatawan yang menginap di Tanjung Pinggir. Selain itu, gedung pencakar langit Singapura juga mudah terlihat dan bisa dinikmati dari pantai.

Pemandangan indah ini bisa dilihat karena Tanjung Pinggir menghadap ke utara menuju Selat Singapura yang memisahkan Singapura dari pulau Batam di Indonesia.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung Pinggir BatamKredit foto: Google Maps Joko Handaya

Pantai Tanjung Pinggir terletak di Sekupang, Desa Tanjung Pinggir, Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau. Lokasi destinasi wisata ini sangat dekat dengan Taman Habibi, Rumah Sakit BP Batam dan Pelabuhan Feri Sekupang.

Jika Anda berangkat dari Bandara Hang Nadim di Batam, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mencapai kawasan wisata pantai. Jarak tempuh di darat dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewaan hingga 30 km.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa naik Bus Damri dengan rute Hang Nadim-Bandara Jodoh. Naik bus ke halte bus Simpang Jam. Selanjutnya naik bus Trans Batam Kor 1 jurusan Batam Center ke Sekupang.

Sesampainya di Sekupang, perjalanan bisa dilanjutkan dengan ojek. Hanya membutuhkan beberapa menit dengan ojek untuk sampai ke pantai yang indah ini.

Selain melalui jalur darat, perjalanan menuju pantai cantik ini juga bisa dilakukan melalui jalur laut. Wisatawan cukup turun di Pelabuhan Sekupang Batam. Perjalanan kemudian dapat dilanjutkan dengan menaiki perahu kecil selama 10 menit hingga sampai di pantai.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Wisatawan yang memasuki kawasan ini harus membayar tiket masuk ke Pantai Tanjung Pinggir seharga Rp 10.000 per orang. Jika Anda datang ke pantai dengan kendaraan pribadi, Anda harus membayar biaya parkir kendaraan.

Manajemen Tanjung Pinggir mematok tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 5.000. Parkir kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 10.000 per kendaraan.

Kapan Anda bisa mengunjungi destinasi pantai ini? Tempat wisata Tanjung Pinggir dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 07:00 hingga 19:00 WIB. Pantai di Batam ini ramai pada hari Sabtu, Minggu dan libur panjang.

Aktivitas menarik di Pantai Tanjung Pinggir

Kegiatan di Pantai Tanjung Pinggir BatamKredit foto: Google Maps Darma Santosa

Memang berlibur ke pantai paling nyaman sambil duduk santai menikmati pemandangan dan deburan ombak. Namun, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai aktivitas seru lainnya saat berkunjung ke pantai ini.

1. Aneka olahraga air

Mencoba berbagai olahraga air di tempat wisata pasti sangat menyenangkan. Pilihan pertama yang bisa dicoba adalah naik banana boat. Naik banana boat dengan kecepatan tertentu pasti menyenangkan karena bisa memacu adrenalin.

Wisatawan tidak hanya bisa menyewa banana boat, tapi juga menikmati pemandangan laut sambil berkano keliling. Ada kano tunggal dan kano ganda yang bisa disewa dengan harga mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000.

Olahraga air apa pun yang Anda pilih, selalu gunakan pelampung yang tepat untuk alasan keamanan.

2. Perkemahan

Tanjung Pinggir juga menawarkan area yang cukup luas untuk berkemah. Kegiatan seru ini bisa dilakukan saat berlibur bersama keluarga, teman atau pasangan Anda. Pengelola perkemahan menyediakan tenda dengan berbagai ukuran, tenda kecil, sedang, dan besar.

Selain tenda, pengelola perkemahan juga menyediakan berbagai perlengkapan camping lainnya seperti tikar. Bumi perkemahan di kawasan pantai nan indah ini ramai dikunjungi wisatawan saat liburan panjang seperti malam tahun baru.

3. Bermain outbond dan paintball

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Pinggir adalah bermain di luar negeri. Wisatawan bisa mempraktikkan aktivitas seru ini di lahan seluas empat hektar yang terletak di atas bukit dekat pantai.

Di tempat yang sama juga ada kesempatan untuk bermain paintball. Game seru ini bisa dimainkan oleh 10 pemain.

4. Berburu foto

Jika Anda pergi ke resor pantai yang satu itu maka jangan lupa membawa kamera. Memang keindahan Tanjung Pinggir cocok dijadikan bahan hunting foto dan pembuatan video.

Pemandangan Singapura yang indah dari kejauhan bisa dijadikan latar foto yang unik dan menarik. Kapal yang bisa dilihat di laut lepas juga bisa dijadikan objek foto yang menarik.

Selain perahu, perahu nelayan yang berlabuh di pinggir pantai juga bisa dijadikan latar foto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Tanjung Pinggir BatamKredit foto: Instagram Firman Fitriyadi

Pantai Tanjung Pinggir Sekupang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Semua fasilitas ini diawasi dan dikelola oleh Pengelola Pariwisata. Berikut beberapa fasilitas yang ada di Tanjung Pinggir sebagai lokasi wisata pantai, yaitu:

  • ruang sholat
  • toilet atau kamar mandi
  • area parkir
  • toko masak dan restoran
  • Tempat sampah
  • gazebo atau tenda

Di sekitar pantai juga terdapat penginapan yang bisa disewa dengan harga terjangkau, seperti KTM Resort Batam.

Pantai Ujung Tanjung merupakan tempat wisata yang unik dan menarik di Batam. Selain keindahan pantai yang mempesona, daya tarik utama wisatawan adalah pemandangan laut yang indah dan gedung pencakar langit Singapura.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button