Tempat Wisata

Pantai Tanjung Setia: Lokasi, Atraksi, Jam Buka & HTM

Berkunjung ke Pantai Tanjung Setia menjadi istimewa karena pantainya yang indah, berpasir putih dan bersih. Selain itu, ombaknya sangat bagus sehingga banyak orang senang berselancar di sana. Dengan tinggi ombak hingga 6-7 meter dan panjang 200 meter, sangat cocok untuk berselancar.

Tak heran jika pantai ini menjadi terkenal dan menjadi salah satu tujuan para peselancar dari seluruh dunia. Namun tidak hanya peselancar, masyarakat umum pun bisa menikmati keindahan laut sambil snorkeling atau berenang di dekat pantai.

Pantai ini juga sangat cocok untuk bersantai karena cukup bersih dan tertata rapi. Anda juga tidak perlu khawatir tentang spot foto, tempat ini sangat indah dan Anda tidak akan kehabisan spot foto untuk diabadikan. Mari simak pembahasan berikut ini.

Lokasi dan rute menuju lokasi

Pantai Tanjung Setia terletak di Desa Tanjung Setia Kabupaten Lampung Barat, dekat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan Provinsi Lampung. Dibutuhkan sekitar 6-8 jam dari Bandar Lampung. Transportasi umum juga tersedia dengan biaya sekitar Rp 60.000 sedangkan biaya perjalanan sekitar Rp 80.000.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Bandar Lampung, ambil rute Jalan Trans Sumatera Lintas Barat. Sasarannya Kota Agung Tanggamus, yang akhirnya sampai ke Tanjung Setia. Alternatif lain adalah pergi ke Lampung Utara ke Kota Krui, dari mana Tanjung Setia juga bisa dijangkau.

Objek Wisata Pantai Tanjung Setia

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pantai Lampung ini memang sudah dikenal sebagai destinasi surfing. Namun yang jelas tidak hanya deburan ombak saja yang bisa dinikmati, karena secara keseluruhan pantai dan lautnya indah untuk bersantai dan refreshing.

1. Gelombang tinggi dan panjang

Daya tarik utamanya sebenarnya adalah ombaknya yang terkenal dengan ketinggian 6 hingga 7 meter dan panjang hingga 200 meter. Ini sangat ideal untuk berselancar. Pengunjung pasti akan bertemu turis asing yang datang untuk berselancar.

Bahkan ada tiga spot khusus yang digemari para peselancar. Masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang berbeda sehingga menjadi tantangan yang sangat menarik. Apalagi saat gelombang mencapai 6-7 meter di awal hingga pertengahan tahun.

2. Pantai yang luas dan bersih

Meski tidak bisa berselancar, pantai di Lampung Barat luas dan nyaman untuk aktivitas seperti voli pantai. Anda bahkan dapat membuka tikar dan bersantai. Sehingga Anda bisa bersantai dengan nyaman bersama seluruh keluarga. Anak-anak suka bermain di pasir dan berlari di pantai.

Biaya masuk

Pantai indah ini memiliki biaya masuk hanya Rp 8.000. Namun, harga tersebut dapat disesuaikan sewaktu-waktu. Selalu periksa dengan pejabat untuk informasi terbaru.

Tempat favorit untuk berselancar

Anda sebenarnya bisa berselancar di mana saja di pantai yang indah ini. Namun, ada tiga spot favorit yang selalu dibidik para peselancar. Ini mengacu pada ombak yang dianggap terbaik untuk berselancar. Berikut pembahasannya:

1. Nyimbor Karang atau Ujung Bocor

Ombak di tempat ini sebenarnya bisa mencapai ketinggian 6-7 meter dan panjangnya mencapai 200 meter. Sehingga menawarkan tantangan tersendiri bagi para peselancar. Hanya disarankan untuk digunakan hanya oleh mereka yang terbiasa menghindari bahaya.

2.Jimmy

Berbeda dengan lokasi Karang Nyimbor, berselancar di lokasi ini bisa lebih aman karena ombaknya yang tidak terlalu tinggi. Bagi yang tidak pandai berselancar, lebih aman melakukannya di tempat ini. Juga cocok untuk mereka yang baru mulai belajar dan berlatih.

3rd Way Jambu

Ombak di titik ini sering disebut pipa karena bentuknya yang panjang. Namun, nelayan setempat memanggilnya “Iblis Sejati”. Selancar di sini tidak sesulit di Karang Nyimbor, namun tetap cukup besar dan menyenangkan bagi yang menyukainya.

Kegiatan yang menarik

Meski tidak tahu cara berselancar, jangan khawatir karena masih banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di pantai cantik ini. Mulai dari duduk santai hingga berolahraga. Simak pembahasannya di bawah ini:

1. Berselancar

Ombak laut memang menjadi daya tarik dan aktivitas utama di Pantai Tanjung Setia Lampung Barat. Peselancar dari semua tingkat keahlian dapat memilih tempat yang cocok untuk berselancar. Wisatawan mancanegara sering tinggal di kawasan ini cukup lama untuk puas berselancar.

Tempat ini sangat ramai dari bulan April hingga Agustus, saat ombak mencapai ketinggian maksimalnya. Secara keseluruhan, ombak cenderung tinggi dari awal hingga pertengahan tahun, sehingga pasti banyak pengunjung yang berselancar di ombak.

2. Berenang dan snorkeling

Jika Anda ingin menikmati laut tetapi tidak tahu cara berselancar, berenang dan snorkeling juga bisa menjadi kegiatan yang menarik. Karena ombaknya tidak tinggi di dekat pantai, berenang dan snorkeling masih aman.

3. Olahraga pantai

Beberapa pengunjung suka bermain di pantai. Olahraga seperti voli pantai, jogging, dan aktivitas lainnya ditawarkan di pantai. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga senang bermain di pantai yang luas dan bersih ini.

4. Bersantai di pantai dan menikmati sunset

Bahkan tidak sedikit pengunjung yang datang hanya untuk menikmati keindahan pantai dan lautnya. Apalagi jika Anda datang bersama keluarga. Pengunjung sering berpiknik di pinggir pantai sambil melihat anggota keluarga lainnya menikmati pantai atau berenang.

Banyak juga pengunjung yang sengaja datang agak sore untuk menikmati keindahan sunset. Saat mereka mengambil foto untuk diunggah ke akun media sosial mereka. Nyatanya, tempat ini tidak kekurangan spot foto cantik untuk dikenang.

5. Memancing

Pohon palem banyak ditanam di pinggir pantai. Di sana, banyak orang yang suka duduk santai sambil memancing. Jenis ikan yang ada memang sangat beragam dan salah satunya adalah ikan laut biru yang disebut Iwa Tuhuk oleh penduduk setempat.

6. Bermalam

Banyak pengunjung dari luar kota atau turis mancanegara yang suka menginap di tempat ini. apalagi saat menunggu ketinggian ombak yang menurutnya sangat ideal untuk surfing. Ada banyak jenis penginapan di kawasan ini. Mulai versi backpacker dari Rp 50.000 hingga yang standar Rp 300.000.

Fasilitas yang tersedia

Untuk menjamin kenyamanan para pengunjung, pengelola tempat ini telah menyediakan fasilitas pendukung yang memadai. Mulai dari parkir yang luas dan aman, musholla untuk pelayanan, warung makan di sekitar pantai, hingga flushing shower dan toilet.

Akomodasi di sekitar pantai

Apalagi bagi pengunjung yang datang dari luar kota atau bahkan dari luar negeri, tidak perlu khawatir. Di sekitar Pantai Tanjung Setia terdapat banyak penginapan dengan berbagai tingkatan. Mulai dari losmen, losmen, rumah liburan hingga hotel.

Tarif paling murah Rp 50.000 per orang per malam, cocok untuk backpacker yang berwisata ke sini. Sedangkan hotel memiliki harga sekitar Rp 300.000 per kamar per malam. Beberapa hotel dan rumah liburan dapat dipesan secara online.

Menutup

Mengunjungi Pantai Tanjung Setia memang terasa berbeda karena ombaknya tidak seperti laut lain di Indonesia. Tidak heran itu populer di kalangan peselancar asing.

Selain itu, kawasan pantai dan sekitarnya tertata rapi dan tertata dengan baik, sehingga pantai ini sebenarnya cocok sebagai tempat refreshing.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button