Tempat Wisata

Pantai Tawang Pacitan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Aktivitas atau pekerjaan yang intens yang Anda lakukan setiap hari seringkali menimbulkan rasa stres dan tekanan yang kuat dalam hidup Anda. Itulah mengapa liburan dianggap penting agar Anda bisa mengendurkan otot-otot tubuh dan menikmati keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa Sekaligus melepaskan penat. Keadaan kota yang penuh dengan kemacetan lalu lintas dan polusi udara yang dapat membahayakan kesehatan. Pacitan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang bisa menjadi tujuan wisata yang tepat apalagi jika anda mencari objek wisata alam karena disana anda bisa menemukan banyak tempat wisata alam yang menakjubkan termasuk yang akan kita bahas kali ini yaitu Pantai Tawang.

Pantai Tawang merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sebagai salah satu kabupaten paling terkenal di Jawa Timur, Pacitan kerap menjadi tujuan wisatawan tidak hanya dari dalam negeri tapi juga mancanegara. Selain banyak goa, pantai-pantai di sana tak kalah indahnya dengan yang ada di Bali. Dan jika sedang berkunjung ke Pacitan, jangan lupa mampir ke salah satu pantainya.

Pantai Tawang merupakan pantai yang masih terlihat asri dengan pemandangan alamnya yang sejuk dan sangat menyegarkan mata sehingga menarik minat wisatawan kesana. Selain itu, pantai ini memiliki keunikan lain, karena kedalamannya yang dangkal dan sangat cocok bagi yang ingin mencoba mandi atau berenang di laut. Hal ini dikarenakan letak teluk yang menyerupai kantong sehingga arus laut tidak begitu kuat. Sepintas, Pantai Tawang memang lebih mirip danau karena kondisinya tenang tanpa ombak, tidak seperti pantai-pantai lain di Pacitan.

Sesampainya di Pantai Tawang, sayang sekali jika tidak menuju ke tebing sebelah kiri yang terdapat mercusuar. Untuk menuju ke sana, jalan setapak melewati sungai di dekat rumah tempat ikan berada, atau Anda memilih jalan yang airnya dangkal agar mudah diseberangi. Dan jalan ke atas melalui jalan setapak di dekat pohon pandan, dilanjutkan dengan celah yang cukup lebar untuk dilalui. Kemudian teruslah mendaki hingga mencapai puncak tebing dan lanjutkan jalan setapak di area berumput hijau. Di jalan terlihat ada bebatuan dengan lubang yang cukup dalam, yang dasarnya terhubung dengan air laut. Lubang ini lebih mirip sumur dengan dinding batu dan sesekali saat ombak datang air laut memercik tidak sampai setinggi Pantai Klayar.

Tak jauh dari tempat ini Anda bisa melihat bangunan yang bentuknya seperti menara. Jika ingin berkendara sendiri atau berpasangan untuk alasan keamanan. Pemandangan dari mercusuar jauh dan jauh, memberi Anda pandangan yang lebih jelas dari atas. Udara dan suasananya sangat sejuk, anda bisa istirahat sambil menaiki tangga mercusuar.

Selain itu, Anda bisa melanjutkan ke bebatuan di sebelah kiri. Dari kejauhan terlihat batu-batu besar berjejer dan berfungsi sebagai penahan ombak alami dan tempat mancing yang seru bagi anda yang hobi mancing batu. Perpaduan antara bebatuan, ombak besar, dan bukit hijau di atasnya menawarkan panorama yang luar biasa.

Fasilitas di Pantai Tawang

Sedangkan fasilitas yang ada di tempat wisata Pantai Tawang ini tidak banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti :

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Karena sudah dibangun paviliun di sana, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan air laut yang jernih, pasir putih yang indah, dan langit biru.

– Akomodasi

Di sekitar kawasan pantai, Anda yang membutuhkan akomodasi akan menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar kawasan pantai.

Berburu foto di Pantai Tawang

Bagi Anda yang hobi fotografi, berburu foto di Pantai Tawang pasti mengasyikkan karena tempat wisata ini luas dan memiliki pemandangan yang indah. Pepohonan seperti kelapa dan lain-lain di sekitar pantai juga menambah indah panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang lautan biru dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto-foto bagus yang dapat langsung Anda unggah ke berbagai media sosial Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen matahari terbit, karena banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk menikmati matahari terbenam yang memberikan kesan romantis dan menenangkan. Mercusuar dan tebing karang yang ada di pantai ini bisa Anda gunakan sebagai spot foto. Di tempat ini juga dimungkinkan untuk berfoto selfie, sehingga Anda bisa mendapatkan foto-foto menarik yang bisa Anda unggah ke berbagai media sosial. Dengan cara ini Anda dapat berkontribusi untuk membuat objek wisata ini dikenal banyak orang.

Baca Juga: Pantai Pidakan, Wisata dan Bermain di Pantai Indah

Akses jalan menuju Pantai Tawang

Dari arah manapun, ikut JLS menuju Kecamatan Kebonagung. Dan setelah sampai di desa Sidomulyo, berhenti di jembatan di atas jalan (layang). Jadi jembatan tersebut adalah jalan menuju Pantai Tawang Katipugal. Jalan menuju jembatan dari timur mengarah ke kanan (menanjak) setelah jembatan. Jika dari arah Barat (Pacitan Kota), sebelum jembatan belok kiri, ikuti jalan tersebut, kemudian setelah jembatan belok kanan dan ikuti jalan utama melalui desa Klesem hingga sampai di desa Katipugal. Setelah sampai di gapura perbatasan desa Katipugal, jalan menuju pantai ada di kiri, jalan menurun dekat perbatasan. Ikuti jalan setelah pertigaan dan pilih arah kanan/lurus. Ikuti terus setelah ada pertigaan lagi, pilih arah kiri/bawah, lalu ikuti jalan utama/lurus sampai tiba di Pantai Tawang desa Katipugal.

Biaya masuk ke Pantai Tawang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam operasional Pantai Tawang

Obyek wisata Pantai Tawang buka 24/7 untuk wisatawan yang ingin berkunjung, dan juga anda yang ke sana tidak perlu membayar tiket masuk, cukup biaya parkir bagi yang datang dengan kendaraan pribadi.

Tips Liburan ke Pantai Tawang

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan mencemari lingkungan

Galeri Foto Pantai Tawang di Pacitan

Selamat datang di Pantai TawangBerkemah di pantaiPotret perahu nelayan yang didayung dengan rapiTambak udang di Pantai TawangPotret udara Pantai TawangMatahari terbenam di Pantai Tawang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button