Tempat Wisata

Pantai Teluk Asmara, Pantai yang indah dengan pemandangan alam yang mempesona di Malang

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tambak, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Berada di kota Malang tidak lengkap rasanya tanpa menjelajahi salah satu dari berbagai destinasi wisata bahari yang ditawarkan di kawasan ini. Pantai Teluk Asmara adalah salah satunya. Dengan keindahan alam yang sejuk dan masih sangat asri, pantai ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Pantai dengan pasir putihnya dihiasi dengan hamparan laut biru dengan ombak yang relatif tenang dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitar area pantai, semakin melengkapi keindahan yang disajikan. Tentunya keberadaan pulau-pulau kecil tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri yang jarang ditemukan di kawasan wisata lainnya.

Obyek wisata bahari ini sangat cocok untuk melepas penat akibat aktivitas sehari-hari, mis. Misalnya lelah karena lembur atau lelah karena tugas sekolah. Selain itu, tempat ini juga cocok sebagai tujuan liburan bagi orang-orang terkasih seperti keluarga atau teman.

Daya Tarik Pantai Teluk Asmara

Tempat wisata pantai Teluk AsmaraSumber gambar: Google Maps Sinta Ardelia

1. Pemandangan alam yang indah

Anda tidak akan kecewa saat menikmati pemandangan di kawasan pantai ini karena Anda akan disuguhkan dengan berbagai wisata alam yang menakjubkan. Pesona alamnya mulai dari luasnya laut biru hingga hamparan pasir dengan karakteristik yang berbeda-beda di setiap pantainya.

Pantai ini juga memiliki berbagai keunikan tersendiri, mulai dari tebing batu karang, gugusan karang hidup yang indah hingga tepi laut yang landai. Semua itu bisa Anda temukan saat berkunjung ke kawasan wisata pantai di Malang ini.

2. Keindahan dua jenis pantai dalam satu kawasan

Di tengah garis pantai Pantai Teluk Asmara terdapat sebuah bukit yang tampak membentuk pembatas antara garis pantai yang satu dengan yang lainnya. Anda bisa menikmati panorama gugusan batu karang yang landai dengan air laut yang nyaris bebas ombak.

Di sisi kiri bukit pantai Anda dapat bermain hingga 50m dari pantai karena airnya cukup dangkal. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini adalah saat air laut surut. Saat Anda berada di sisi kanan bukit pantai Anda disuguhkan dengan pantai berpasir putih yang begitu indah. Di area ini Anda bisa bermain air dan juga pasir yang lembut.

3. Memiliki ombak yang tenang dan cepat

Daya Tarik Pantai Teluk AsmaraKredit foto: Google Maps Djay Riyadhi

Ombak di objek wisata laut ini cukup tenang karena banyaknya bebatuan yang landai. Di area ini Anda bisa bermain dengan genangan air yang membanjiri area pantai.

Berbeda halnya di sisi kanan pantai, di bagian ini ombak pantai terlihat cukup kuat, sehingga sangat tidak disarankan untuk bermain air di area pantai ini. Meskipun berenang dan bermain air diperbolehkan di sini, Anda tetap harus berhati-hati dengan keselamatan setiap saat.

4. Keindahan pasirnya begitu mempesona

Pasir di pantai ini memiliki keindahan yang mampu memukau siapa saja yang melihatnya. Warna putih kekuning-kuningan membuat area pantai terlihat lebih hangat dan eksotis.

Bagi Anda yang berwisata bersama anak-anak, bermain pasir bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Hal ini tentunya akan menambah pengalaman Anda saat berwisata di pantai Teluk Asmara.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Asmar Te TekukKredit foto: Google Maps Arafah Cahya Kamila

Pantai ini merupakan salah satu pantai di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi Pantai Teluk Asmara dekat dengan pantai lain di Malang yaitu Pantai Goa Cina dan Pantai Clungup. Dengan jarak tempuh sekitar 70 km dari pusat kota Malang, pantai ini menawarkan dua pilihan itinerary terbaik yang bisa kamu pilih.

Rute pertama, dari Kota Malang, Anda bisa berkendara menuju Turen. Kemudian menuju Sumbermanjing Wetan dengan berbelok ke selatan. Anda dapat terus menyusuri jalan dan menuju Mata Air Biru sampai Anda menemukan pertigaan. Dari sini yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan rambu-rambu jalan yang ada dan mengikutinya sampai Anda mencapai kota pantai.

Rute kedua, dari Kota Malang bisa menuju Kepanjen. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju kabupaten Pagak menuju kabupaten Bantur. Dari kabupaten Bantur, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pantai Balekambang hingga tiba di pertigaan. Dari sini, cukup belok kiri dan ikuti rambu jalan yang disediakan.

Pada jalur kedua, Anda juga bisa mengambil jalan lain untuk menuju kabupaten Bantur yaitu dari pusat Kota Malang menuju Gondanglegi dan hanya sampai kabupaten Bantur.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai Teluk AsmaraSumber gambar: Google Maps Malang Mbois

Untuk menikmati berbagai keindahan Pantai Teluk Asmara di Malang ini, Anda tidak akan dikenakan biaya yang mahal, meskipun biaya yang Anda bayarkan bisa dikatakan cukup bersahabat. Oleh karena itu, properti wisata bahari ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata dengan budget terbatas.

Biaya lain yang harus Anda bayarkan saat menginap di tempat wisata ini adalah biaya parkir kendaraan. Biaya ini juga cukup murah dan masuk akal. Itu sekitar 10.000 hingga 20.000 rupiah per kendaraan. Namun, biaya ini belum ditentukan dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Teluk Asmara

Aktivitas di pantai Teluk AsmaraKredit Foto: Google Maps Khansa Cintya PH

1. Nikmati keindahan matahari terbenam

Bukan rahasia lagi kalau pantai merupakan tempat terbaik untuk melihat sunset atau matahari terbenam. Tak terkecuali Pantai Teluk Asmara. Sayang sekali jika melewatkan momen sunset ini, karena saat momen sunset tiba, kawasan pantai akan langsung terasa hangat dan eksotis.

2. Snorkeling

Pantai ini memiliki ombak atau arus pantai yang cukup tenang meski berada di bagian selatan pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang deras. Anda bisa menggunakan ini untuk melakukan aktivitas snorkeling.

Snorkeling memungkinkan Anda untuk menikmati berbagai keindahan bawah laut yang ditawarkan pantai ini. Mulai dari keindahan terumbu karang hingga keindahan berbagai ikan kecil yang bisa Anda nikmati saat snorkeling. Ini dapat menciptakan pengalaman unik untuk Anda.

3. Berkemah

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di kawasan wisata pantai ini adalah berkemah. Jika memilih camping, Anda bisa merasakan keindahan malam dengan suara deburan ombak yang tenang dan suara alam sekitar yang begitu menyegarkan pikiran.

Dengan area pantai yang luas, Anda bisa nyaman dan tidak khawatir dengan ombak yang tinggi. Selain itu, jika Anda terlalu malas untuk membawa perlengkapan camping atau tidak memiliki perlengkapan camping, Anda bisa menyewakan berbagai perlengkapan camping tenda kepada warga sekitar yang kerap menyediakan jasa sewa ini.

4. Mengumpulkan kerang

Hal menarik yang bisa dilakukan di pantai Teluk AsmaraKredit foto: Teknisi amatir Google Maps

Buat kamu yang hobi mengoleksi barang-barang unik, mungkin bisa melakukan aktivitas ini. Di pantai Teluk Asmara, Anda bisa mengoleksi berbagai kerang yang bisa dijadikan koleksi menarik. Ada berbagai bentuk dan warna kerang yang begitu indah. Di pantai ini Anda akan menemukan banyak kerang mati yang masih utuh.

5. Jalan-jalan melihat terumbu karang

Terumbu karang di pantai ini terlihat jelas. Di sisi kiri bukit Anda bisa berjalan di atas hamparan karang untuk melihat semua biota laut yang ada di pantai ini.

Beberapa hal yang mungkin Anda lihat adalah terumbu karang hidup, cumi-cumi, siput laut dan babi yang cukup berbahaya. Tentunya jika Anda memutuskan untuk bermain di pantai yang indah ini, Anda perlu menyiapkan tempat berteduh yang baik.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai Teluk Asmara PantaiKredit Foto: Google Maps Villa Asmara Hills

1. Homestay Ariesta

Penginapan pertama yang tidak terlalu jauh dari pantai Teluk Asmara adalah Ariesta Homestay. Homestay ini memiliki berbagai fasilitas menarik yang pastinya akan membuat pengunjung betah berada di sini. Meski tanpa AC, bisa dikatakan udara di penginapan ini sangat sejuk. Tempat ini juga cocok untuk backpacker.

2. Pondok Wisata Berkah Alam

Penginapan di Sendang Biru ini bisa dikatakan cukup bagus, meski tampilannya masih cukup sederhana. Beberapa fasilitas yang tersedia di tempat ini antara lain kulkas, AC, WiFi, tempat parkir, TV, air bersih, kasur empuk dan masih banyak fasilitas lainnya.

3. Bukit Villa Asmara

Villa yang satu ini memiliki desain interior yang cukup menarik yang didominasi oleh kayu yang dapat membuat suasana terasa sejuk. Lokasi villa yang tidak terlalu jauh dari Pantai Teluk Asmara ini bisa membuat perjalanan Anda lebih hemat. Beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati di sini adalah sarapan gratis, WiFi, parkir, dan layanan kendaraan dengan biaya tambahan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Teluk AsmaraSumber gambar: Google Maps Millat Hanif

Padahal, fasilitas di pantai Teluk Asmara tidak selengkap di kawasan wisata lainnya. Karena pantai ini masih dalam proses pembangunan dan pengembangan. Meski belum lengkap, beberapa fasilitas sudah disediakan berupa sembako yang bisa kamu gunakan

Fasilitas dasar yang tersedia antara lain tempat parkir mobil yang luas, tempat ibadah umat Islam dan kamar mandi yang bersih. Selain itu, ada juga warung makan yang bisa kamu manfaatkan jika tiba-tiba merasa lapar. Anda bisa bersantai dan menikmati keindahan alam pantai sambil menyantap hidangan dari warung-warung tersebut.

Bagi yang ingin bermalam di area pantai bisa berkemah dan mendirikan tenda. Fasilitas yang mendukung kegiatan ini adalah tersedianya tempat persewaan peralatan camping dan tenda. Fasilitas lain yang secara bertahap muncul di tempat ini adalah wahana flying fox, paviliun, sudut pandang, titik foto dan banyak fasilitas lainnya yang sedang dikembangkan.

Tentunya setelah mendapatkan beberapa informasi tentang Pantai Teluk Asmara, Anda bisa menambahkan properti wisata bahari ini ke dalam daftar pilihan liburan Anda, khususnya di Kabupaten Malang. Berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini, serta keindahan pemandangan alam yang ada di sana tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button