Tak Berkategori

Pantai Teluk Tamiang, pantai pasir putih yang menakjubkan di Kotabaru

Nikmati keindahan alam Pantai Teluk Tamiang, pantai pasir putih yang memukau dengan pesona Gua Lowo di Kotabaru

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Teluk Tamiang, Kecamatan. Pulau Laut Tanjung Selayar, Kab.Kotabaru, Kalimantan Selatan; Map: Periksa lokasinya

Terletak di ujung Kalimantan Selatan, Kotabaru mempunyai pesona tersembunyi bernama Pantai Teluk Tamiang. Meski lokasinya agak jauh dari hiruk pikuk kota, pengunjung setiap harinya tak pernah sepi.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa Teluk Tamiang merupakan keajaiban alam yang luar biasa: pasir putihnya yang halus memanjakan setiap langkah dan airnya yang jernih menawarkan kejernihan yang tiada tara.

Selain itu, keberadaan terumbu karang yang terjaga secara alami menjadi nilai tambah bagi para pecinta laut. Pantai ini merupakan surga bagi mereka yang mencari kedamaian dan keindahan alam.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sini, menambah daftar alasan untuk berkunjung. Berkat fasilitasnya yang lengkap, setiap momen di pantai eksotik ini dijamin akan menjadi pengalaman nyaman tak terlupakan dan pastinya akan dikenang selamanya.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Teluk Tamiang

Daya Tarik Pantai Teluk TamiangFoto: Google Maps/Pepenk Life

Wisata bahari ini memiliki berbagai pesona yang tidak umumnya ditemui di pantai. Berikut daya tarik pantai ini adalah:

1. Pasir putih lembut

Daya tarik objek wisata Pantai Teluk Tamiang yang pertama adalah memiliki pasir putih yang lembut. Tampaknya tidak semua pantai memiliki pasir putih. Jadi itu hanya pantai-pantai tertentu saja.

Di Teluk Tamiang pasirnya putih dan lembut. Sangat cocok untuk dimainkan anak-anak. Kalau tidak, pasirnya masih bersih dan tidak banyak batu kecil di pasirnya.

2. Airnya berwarna biru jernih

Daya tariknya yang kedua adalah airnya yang masih jernih dan berwarna biru alami. Karena belum banyak terjamah orang, Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru masih menyimpan keindahan alam.

Airnya juga sangat jernih dan pastinya tidak kotor. Pengunjung bisa menikmati aktivitas bermain air di tepi pantai. Namun, Anda juga perlu memperhatikan ombak yang datang.

3. Ada sebuah gua

Ternyata di sekitar pantai terdapat sebuah gua. Nama gua tersebut adalah Gua Lowo yang banyak terdapat kelelawar. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri.

Jika bermain di pantai dirasa terlalu membosankan, pengunjung bisa mengunjungi gua tersebut. Apalagi jaraknya cukup pendek dan hanya perlu berjalan kaki saja. Pengunjung pasti akan terkesima dengan gua tersebut.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Teluk TamiangFoto: Google Maps/Annisa Amelia

Jika ingin mengunjungi pantai ini, pengunjung dapat menggunakan dua jalur. Pantai ini bisa diakses langsung dari Kotabaru atau dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tentu saja kedua pintu masuk ini memiliki jalur yang berbeda.

Jika Anda datang dari Kotabaru, Anda bisa langsung menuju Desa Teluk Tamiang. Biasanya memakan waktu hingga 4 jam. Namun, jalannya cukup buruk karena ada segelintir pasir di jalan tersebut.

Namun jika perjalanan dari Banjarmasin. Pengunjung harus datang terlebih dahulu ke Pelabuhan Batu Licin. Lalu menuju pelabuhan, setelah itu baru bisa menuju pantai.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Teluk Tamiang, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar 10.000 rupiah. Namun biaya tersebut belum termasuk parkir jika ada yang membawa kendaraan.

Untuk tiket sepeda motor tarif parkirnya hanya 3.000 saja. Namun dikenakan biaya 10.000 untuk mobil. Harga sangat terjangkau dan kendaraan pasti aman.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal yang dapat dilakukan di pantai di Teluk TamiangFoto: Google Maps/Pajri Lbs

Pengunjung bisa melakukan berbagai hal menyenangkan di pantai ini. Berikut beberapa kegiatan tersebut:

Kegiatan snorkeling

Bagi yang suka beraktivitas Snorkeling, cocok sekali jika anda datang ke Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru. Terumbu karang di bawah lautnya juga banyak. Pastinya akan menjadi pemandangan yang sangat menyenangkan.

Ditambah lagi airnya masih jernih. Pastinya akan membuat kegiatan ini semakin seru. Namun, Anda harus berhati-hati dan memperhatikan cuaca jika ingin melakukan aktivitas ini.

Melihat matahari terbit dan terbenam di Pantai Teluk Tamiang

Pengunjung juga bisa melihat melalui pantai yang indah ini matahari terbit dan juga Matahari terbenam. Jika kamu ingin melihat Matahari terbit, maka kamu harus datang besok pagi. Pengunjung bisa melihat matahari terbit langsung dari tepi pantai.

Sampai jumpa lagi matahari terbenam Tentu saja Anda harus datang pada sore hari. Pasti akan menjadi momen yang sangat menyenangkan jika Anda bisa melihatnya matahari terbenam di Pantai Teluk Tamiang. Namun, biasanya hal ini bergantung pada cuaca.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di pantai Teluk TamiangFoto: Google Maps/Hamkani Abufikrie

Pantai ini juga menawarkan beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Berikut beberapa fasilitasnya:

Akomodasi

Jika Anda ingin melihat pantai pada malam hari maka menginaplah saja di pantai ini. Tentu saja di akomodasi di pinggir pantai. Jarak dari akomodasi ke pantai juga tidak terlalu jauh.

Ada beberapa akomodasi yang bisa digunakan pengunjung. Setiap akomodasi memiliki harga yang berbeda-beda. Jadi pilih saja akomodasi yang cocok untuk Anda Anggaran.

Ruang sholat

Pantai ini juga menyediakan tempat beribadah yaitu musala. Artinya, Anda bisa terus merayakan kebaktian gereja di tepi pantai meski sedang berlibur. Dengan cara ini waktu untuk kebaktian tidak terlewatkan.

Selain itu, musala yang disediakan sangat bersih dan nyaman. Sehingga akan membuat pelayanan menjadi menyenangkan. Perlengkapan beribadah juga disediakan di sini, seperti mukena dan sarung.

area parkir

Jika membawa kendaraan, parkir saja di tempat parkir. Di lokasi ini, petugas menjaga kendaraan pengunjung. Artinya kendaraan tetap aman meski sedang berlibur.

Tentunya petugasnya juga sangat profesional dan ramah. Jika Anda ingin memarkir kendaraan Anda di area ini. Oleh karena itu, pengunjung dikenakan biaya tertentu tergantung jenis kendaraannya.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Teluk Tamiang di Kotabaru. Jangan lewatkan pantai ini jika Anda datang ke Kotabaru. Pengunjung pasti akan terkesima dengan keindahan yang ditawarkan pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button