Tempat Wisata

Pantai Tiga Warna, Pesona Pantai Indah dan Bersih di Malang

harga tiket: Rp6.000, Waktu aktif: 05.00-14.00 WIB, Alamat: JL Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Tiga Warna Malang merupakan tempat wisata alam di kawasan mangrove. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat tersebut menawarkan pemandangan yang masih asri dan sangat unik. Demi menjaga keindahan pantai ini, setiap hari ada larangan bagi wisatawan. Pantai ini sendiri juga merupakan salah satu bentuk keindahan yang dimiliki Kabupaten Malang.

Jika kebanyakan orang Indonesia hanya tahu bahwa Malang hanya memiliki pemandangan pulau dan pegunungan yang indah, maka hal ini tidak benar. Pasalnya, banyak pantai eksotis yang sayang jika tidak dikunjungi, salah satunya Pantai Tiga Varna. Jadi, Anda yang berada di Jawa Timur wajib mencoba berlibur ke tempat wisata ini.

Disarankan juga untuk mengajak teman, kolega, dan keluarga agar musim liburan lebih menyenangkan. Berbagai kearifan lokal yang ditawarkan pantai ini siap memanjakan setiap wisatawan yang datang. Nah, berikut ini berbagai hal yang sayang untuk dilewatkan karena ada hubungannya dengan Pantai Tiga Varna.

Daya tarik pantai tiga warna

Atraksi pantai tiga warnaKredit gambar: Google Maps James Johnson

1. Memiliki warna campuran

Dari pemilihan nama destinasi, terlihat bahwa pantai ini memiliki warna yang unik. Perpaduan warna yang menjadi daya tarik tempat ini adalah kehijauan, biru laut, putih dan pink. Namun, yang sangat mencolok dan sering terlihat adalah warna pasir pantainya yang berwarna biru kehijauan, biru laut dan putih.

Perpaduan beberapa warna inilah yang menarik banyak orang ke pantai eksotis ini. Bahkan, ada juga pengunjung yang rela melakukan perjalanan dari tempat yang jauh hanya untuk melihat langsung fenomena unik ini. Karena fenomena unik ini, mampu menarik semua orang, terutama pecinta wisata pantai.

2. Suasana tenang dan sejuk

Dengan keterbatasan jumlah pengunjung, suasana di kawasan pantai menjadi tenang dan tidak terlalu bising dengan kebisingan orang. Tentu saja, istirahat penting untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain itu, setiap pengunjung yang ada juga pasti akan merasakan suasana yang segar dan sejuk.

Ini karena ada angin sepoi-sepoi bertiup. Ini secara alami dapat membuat pikiran Anda lebih damai. Wajar jika banyak orang mengunjungi Pantai Tiga Varna karena suasana yang disuguhkan sangat cocok untuk bersantai dan menyegarkan pikiran kembali. Apalagi bagi orang-orang yang kesehariannya sibuk di kota-kota besar.

3. Kebersihan pantai sangat terjaga

Kebersihan suatu destinasi wisata menjadi hal utama karena mengarah pada kenyamanan semua pengunjung. Tempat wisata yang bersih membuat para pengunjung semakin nyaman untuk tinggal disana. Jangan khawatir karena kebersihan sudah menjadi salah satu ciri khas salah satu pantai unik di Malang ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tiga WarnaKredit foto: Google Maps Faizatul Mukrimah

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambak Rejo, lebih tepatnya di Cagar Alam Sendangbiru, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Anda harus mendapatkan izin untuk memasuki wilayah pesisir ini Perlindungan mangrove Clungup Pertama karena berada di cagar alam.

Anda dapat melakukan reservasi terlebih dahulu dengan petugas konservasi alam atau pihak pengelola di nomor telepon yang tersedia. Selanjutnya untuk menuju pantai, pengunjung terlebih dahulu melewati jalur menuju Pantai Goa Cina. Rute ini merupakan rute yang paling sering dipilih orang.

Dari pusat kota Malang, Anda dapat mengambil jalan ke Gadang dan kemudian ke Turen. Kemudian ikuti jalan menuju Pantai Sendang Biru. Lanjutkan perjalanan lagi selama kurang lebih dua jam dan Anda akan menemukan penyeberangan menuju Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina.

Pilih saja jalan menuju Pantai Goa Cina lalu ikuti jalan lurus sejauh dua kilometer sampai bertemu pertigaan lagi. Belok kiri menuju TPI atau Tempat Pelelangan Ikan. Nanti masuk ke desa warna dan ambil jalan ke Clungup Mangrove Talk. Nah, di cagar alam ini, pengunjung bisa menemukan pintu masuk ke Pantai Tiga Varna.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Pantai Tiga WarnaSumber gambar: Instagram Anna

Biaya masuk yang perlu dibayarkan saat mengunjungi wisata ini tidak mahal dan hanya 6.000 rupiah untuk satu orang. Tentunya harga ini cukup terjangkau dan ramah di kantong. Pengunjung juga bisa menyewa pemandu wisata di sana dengan biaya 100.000 rupiah untuk setiap rombongan.

Pantai Tiga Varna buka mulai pukul 05:00 hingga 14:00. Jadi pastikan Anda bisa berkunjung pada waktu-waktu tersebut. Namun ada satu hal unik yang sebelum datang ke destinasi wisata tersebut, pengunjung perlu melakukan reservasi atau booking terlebih dahulu.

Karena hanya dengan cara ini Anda bisa mengunjungi destinasi wisata tersebut. Maksimal 100 pengunjung diperbolehkan berkunjung setiap hari. Jadi pastikan Anda memilih hari yang tepat saat berkunjung ke pantai ini. Akan lebih baik jika Anda membuat grup sendiri yang terdiri dari 10 orang.

Karena jika rombongan yang datang bukan kelipatan 10, maka tidak diperbolehkan. Misalnya, jika Anda datang dengan rombongan 15 orang, Anda hanya diperbolehkan memesan untuk 10 orang dalam satu rombongan. Sedangkan 5 orang lainnya harus membuat grup sendiri.

Juga, karena pengunjung perlu memesan terlebih dahulu. Oleh karena itu disarankan untuk mencari hari kerja dan bukan akhir pekan. Itu karena reservasi hari kerja cenderung lebih sepi daripada akhir pekan.

Aktivitas menarik di Pantai Tiga Varna

Kegiatan pantai tiga warnaKredit foto: Google Maps Kharina Utami

1. Berenang

Di pantai, pengunjung bisa berenang bahkan snorkeling. Jika Anda tidak memiliki peralatan snorkeling, Anda bisa menyewanya dengan harga 15.000 rupiah per orang. Saat snorkeling Anda akan menikmati pemandangan indah terumbu karang di bawah laut yang dilengkapi dengan biota laut.

2. Berkemah

Tentunya dengan reservasi terlebih dahulu untuk berkunjung ke sini, sayang sekali jika tidak menginap atau berkemah di pinggir pantai. Semua pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda di lokasi. Jika Anda tidak membawa tenda, Anda bisa menyewa tenda seharga 25.000 rupiah per malam dan ditambah lagi 25.000 rupiah untuk menyewa tanah.

3. Mendaki

Aktivitas menarik di Pantai Tiga VarnaSumber gambar: Twitter Breaktime.co.id

Sudah dijelaskan bahwa Anda bisa menyewa pemandu wisata seharga 100.000 rupiah. Nantinya, pemandu wisata akan sangat membantu untuk memandu pengunjung menjelajahi cagar alam dan kawasan Pantai Tiga Varna.

4. Lihat ubur-ubur

Di sana, pengunjung akan melihat ubur-ubur berkeliaran dengan bebas. Jadi jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan hewan cantik ini. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena ubur-ubur bisa menyengat.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar Pantai Tiga WarnaSumber gambar: Google Maps Ambyar

1. Homestay Dhilpratis

Bernama Homestay Dhilpatris, penginapan ini terletak di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Harga untuk menginap di penginapan mulai dari 266.000 rupiah. Ada berbagai jenis fasilitas di sana, antara lain tempat tidur yang nyaman, kipas angin, layanan kamar 24 jam, tempat parkir, dan kamar mandi.

Padahal, penginapan ini sangat dekat dengan wisata alam lainnya. Misalnya Pantai Ngopet, Pantai Mbehi, Pantai Kondang Merak dan Pantai Balekambang.

2. Lina homestay

Lina Homestay terletak di Bajul Mati, Gedangan, Kabupaten Malang. Harga menginap di sini sangat terjangkau, mulai dari 262.000 rupiah saja per malam. Tersedia berbagai fasilitas seperti kipas angin, tempat parkir, kamar mandi, tempat tidur dan room service selama 24 jam.

Lokasinya sangat strategis karena juga dekat dengan Pantai Sumenggung, Pantai Goa China, Pantai Watu Leter dan Pantai Bajul Mati. Pemandangan alam di sekitarnya juga sangat segar dan alami.

3. Homestay Labda Asri

Alamat Labda Asri Homestay terletak di Jl Sendang Biru, Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Harga untuk satu malamnya sendiri sekitar 301.000 rupiah. Fasilitasnya hampir sama dengan penginapan lainnya, seperti kamar mandi, tempat tidur nyaman, parkir, kipas angin, dan room service 24 jam.

Selain Tiga Varna, penginapan ini juga sangat dekat dengan pantai-pantai indah lainnya. Diantaranya Pantai Waru-Waru, Pantai Kondang Buntung dan Pantai Sendang Biru.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan Pantai Tiga VarnaKredit Foto: Google Maps Jane Caprita Wijaya

Pantai Tiga Varna memiliki berbagai fasilitas yang tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda datang dengan kendaraan Anda sendiri, tersedia tempat parkir mobil yang luas. Pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan saat berwisata, karena sudah banyak stand dan toko yang menjual makanan dan minuman yang enak.

Paviliun dan kabin juga tidak pernah ditinggalkan oleh pengunjung yang mencari tempat berteduh dan bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang mempesona. Bagi Anda yang sudah selesai berenang, tersedia kamar mandi dengan ruang ganti yang bersih dan nyaman. Selain itu, terdapat juga mushola yang diperuntukkan bagi pengunjung muslim untuk beribadah.

Fasilitas berupa spot-spot foto yang indah juga bisa ditemukan di pantai ini. Hal ini tentunya sangat cocok bagi anda yang suka berfoto. Pengunjung yang ingin berenang namun takut tenggelam tidak perlu khawatir. Karena disini sudah banyak tempat yang menyewakan pelampung dengan harga terjangkau.

Itulah beberapa hal menarik tentang destinasi wisata bahari yang populer di Malang bernama Pantai Tiga Warna. Anda dapat mengunjungi pantai yang indah ini untuk pengalaman berharga yang akan Anda ingat selamanya. Karena keindahannya, tidak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat wisata alam terpopuler di Jawa Timur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button