Tempat Wisata

Pantai Tikus Emas, pantai yang indah dengan berbagai wahana seru di Bangka

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab.Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; map: Cek lokasi

Pantai Tikus Emas di Sungaililiat menjadi destinasi yang menjadi salah satu cara mengisi liburan. Pantainya bersih dengan pasir putih yang dihiasi bebatuan granit. Nama pantainya juga unik, namun bukan berarti banyak tikus yang hidup di bagian pantai ini. Sebenarnya, tidak ada yang tahu persis dari mana nama Tikus Emas itu berasal, tetapi ada versi yang berbeda.

Beberapa orang mengatakan bahwa Tikus Emas diambil dari jalan tikus yang banyak digunakan oleh para penambang liar untuk membawa hasil tambangnya. Ada yang mengatakan bahwa daerah ini dulunya dihuni tikus. Namun, Anda tidak akan menemukan hewan pengerat ini jika mengunjungi salah satu pantai pasir putih di Bangka Belitung ini.

Selain asal usul namanya yang memiliki banyak versi, kawasan ini juga memiliki sejarah mistis. Dikisahkan ada seorang nelayan yang melihat seorang wanita terdiam. Sejak itu, orang percaya bahwa daerah ini diharapkan dari seorang wanita. Selain itu, banyak juga yang datang untuk mencari Wangsit.

Daya tarik Pantai Tikus Emas

Atraksi Pantai Tikus EmasKredit foto: Google Maps Suryanto tjan

Terlepas dari cerita mistisnya, Tikus Emas sangat cocok dijadikan tujuan liburan keluarga. Karena ada banyak atraksi yang akan memanjakan para pengunjung. Beberapa objek wisata yang dimilikinya adalah sebagai berikut.

1. Ikon pantai

Saat memasuki area pantai, pengunjung akan menemukan patung berbentuk tikus emas dengan tinggi sekitar 5 meter. Patung yang menjadi ikon ini kerap dijadikan spot foto oleh pengunjung karena keunikannya. Karena bentuknya yang khas, sayang sekali jika Anda melewatkan berfoto dengan patung tikus raksasa ini.

Di sebelah patung tikus, ikon pantai ini berbentuk font besar dengan tulisan Pantai Tikus Emas di atasnya. Lokasinya ada di sebelah kanan. Di bawah pasal tersebut terdapat kolam dengan taman untuk melengkapi keindahannya. Pemandian ini juga memiliki perahu dayung, namun karena keterbatasan ruang kolam, pengunjung harus mengantri untuk menaiki perahu yang hanya dilengkapi satu perahu.

2. Pemandangan Pantai

Pantai ini memiliki pesona keindahan alam yang memanjakan mata. Pantainya berwarna biru kehijauan dan berpasir putih dengan bebatuan granit sehingga tidak membosankan untuk dipandang mata. Kawasan ini juga ditumbuhi pohon pinus. Oleh karena itu, suasana pantai masih terasa teduh meski di siang hari.

Selain teduh, pemandangan sore hari jauh lebih bagus. Anda bisa datang untuk menunggu matahari terbenam dan merasakan sensasi menikmati garis cakrawala dengan kombinasi warna merah kekuning-kuningan di pantai ini. Ditemani suara deburan ombak, sunset menjadi waktu yang tepat untuk menikmati indahnya pemandangan pantai.

3. Vihara Puri Tri Agung

Tidak jauh dari pantai terdapat sebuah bangunan pura yang akan menarik perhatian pengunjung. Bangunan vihara ini berbentuk bulat, tingginya mencapai 30 meter. Halaman di depannya sangat luas dan menghadap langsung ke Laut Cina Selatan, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan pantai khas Bangka.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Tikus EmasSumber gambar: Google Maps Yunita Afsari

Pantai Tikus Emas terletak di Parit Padang, Sungailiat. Ini adalah salah satu pantai berpasir putih di Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Pesona, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke selatan dengan Jl. lingkaran timur. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar 10 menit.

Di sisi lain, jika Anda datang dari Pangkalpinang, perjalanan sekitar 45 menit, masih menuju Jl. lingkaran timur. Meski untuk menuju lokasinya mudah, akan lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan roda dua. Karena akses jalan turun menuju kota pantai tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat.

Pantai Tikus Emas menjadi cukup ramai, terutama saat musim liburan. Selain pemandangannya yang indah, liburan ke pantai juga murah. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk parkir, Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kegiatan menarik di Tikus Emas

Pantai Tikus Emas Kegiatan yang menarikSumber Gambar: Google Maps Keyy Zz

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Pantai Tikus Emas. Selain itu, ada banyak wahana seru yang bisa dicoba pengunjung. Jika Anda ingin liburan Anda di pantai ini lebih menyenangkan, Anda bisa mencoba beberapa aktivitas menarik seperti berikut ini.

1. Nikmati pemandangannya

Pemandangan di pantai ini sangat indah sehingga Anda bisa datang dan menikmati pemandangan saja. Duduk dan bersantai menghadap laut lepas ditemani deburan ombak pasti akan menyegarkan pikiran Anda. Anda bisa membawa tikar untuk bersantai bersama keluarga. Jika tidak, Anda juga bisa duduk santai di kursi yang disediakan.

Pantai ini akan semakin indah saat matahari terbenam. Jadi jika hanya ingin menikmati pemandangan, lebih baik datang pada sore hari. Anda tidak akan menyesal menunggu matahari terbenam di pantai ini. Langit jingga berpadu dengan birunya air laut pasti memanjakan mata.

2. Coba berbagai wahana

Ada banyak wahana yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Pantai Tikus Emas. Anda bisa mencoba ATV di pantai ini. Harga sewanya juga tidak mahal. Hanya dengan Rp 10.000 kamu juga sudah bisa jalan-jalan di pantai dengan menunggang kuda. Jika Anda bepergian bersama keluarga, Anda bisa mengendarai cidomo, atau sejenis gerobak yang berkapasitas hingga lima orang.

Seluncuran air juga biasa terjadi. Misalnya jet ski yang bisa Anda sewa hanya dengan Rp 200.000 selama 15 menit. Kalau datang rombongan juga bisa mencoba banana boat yang pastinya seru banget.

3. Fitur air

Bermain di pantai terasa kurang jika tidak ingin bermain air. Saat tidak sedang pasang, air lautnya cukup bersahabat, sehingga Anda bisa bermain di perairan dangkal. Namun saat menyala, Anda harus sangat berhati-hati, apalagi jika membawa anak-anak. Ombak pantai bisa mencapai ketinggian 1,5 meter saat air pasang, jadi akan lebih baik jika hanya di tepi pantai.

4. Memancing

Aktivitas menarik di Pantai Tikus EmasSumber Gambar: Google Maps Didibae Didibae

Anda juga bisa memancing di area ini. Ada banyak tempat di mana Anda bisa dengan mudah mendapatkan hasil memancing. Ikan yang Anda terima akan bervariasi dan bervariasi dalam ukuran juga. Jika anda seorang yang hobi memancing maka jangan lupa untuk membawa alat pancing anda saat berkunjung ke pantai pasir putih ini.

5. Berkemah

Jika Anda menyukai kegiatan berkemah, Anda bisa mencoba Pantai Tikus Emas. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki tenda karena pengelola pantai menawarkan persewaan tenda. Kamu hanya perlu membayar sewa sebesar Rp 50.000 dan kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai di malam hari sambil melakukan aktivitas seru bersama teman-teman.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi Pantai Tikus Emas MurahKredit foto: Instagram Hotel Tanjung Pesona

1. Hotel Tanjung Pesona

Selain pelayanan yang cepat dan ramah, lokasi penginapan ini juga sangat tenang dan nyaman, sangat cocok untuk tempat menginap keluarga. Sangat dekat dengan pantai sehingga pengunjung dapat langsung menikmati pemandangan. Fasilitasnya juga memadai antara lain tersedia wifi, parkir, restoran, kolam renang dan resepsionis 24 jam.

2. Pesona Hotel Teluk

Penginapan ini sangat dekat dengan Pantai Tikus Emas. Jaraknya hanya sekitar 800 meter. Pelayanannya ramah dan tempatnya bersih. Penginapan ini juga berada tepat di pinggir pantai, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan dari teras. Tersedia fasilitas seperti AC, WiFi, restoran, tempat parkir, serta resepsionis 24 jam.

3. Hotel Manunggal

Jarak dari penginapan ini ke pantai kurang lebih 6 kilometer. Dengan kamar yang bersih dan fasilitas yang memadai, pelayanan di penginapan ini juga sangat ramah. Pengunjung yang menginap diberikan fasilitas berupa WiFi, restoran, tempat parkir mobil dan meja resepsionis 24 jam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Tikus EmasSumber gambar: Google Maps Pulung Pranantya

Pantai Tikus Emas memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Fasilitas seperti tempat parkir tersedia dengan lahan yang cukup luas dan dapat menampung kendaraan roda dua dan roda empat. Ada juga mushola untuk pelayanan. Mushola juga dilengkapi dengan perangkat salat.

Pantai ini juga menawarkan berbagai wahana di sekitar pantai dan wahana air. Wahana ini bisa dicoba tanpa menguras kantong. Ada juga kamar mandi tempat Anda bisa berkumur setelah bermain air. Kamar mandi yang tersedia di pantai ini cukup bersih dan terawat.

Jika Anda hanya ingin bersantai ada kursi pantai yang disediakan oleh pengelola. Kursi-kursi ini juga dinaungi oleh pohon cemara, memberikan nuansa teduh bahkan di siang hari. Jika ingin bermalam, Anda juga bisa menyewa tenda. Harga sewa tenda juga sangat murah, sehingga Anda bisa menghemat budget jika memutuskan untuk bermalam.

Pantai Tikus Emas memiliki nama yang unik, pemandangan yang disajikan juga sangat memanjakan mata. Dengan pesona keindahan alamnya, juga terdapat banyak wahana mendebarkan yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan dan berkesan. Tak heran jika pantai dengan batu granit khas Bangka Belitung ini selalu ramai dikunjungi saat ini, terutama saat musim liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button