Tempat Wisata

Pantai Timang Gunung Kidul – atraksi, aktivitas liburan, lokasi dan harga tiket

Atraksi, kegiatan liburan, lokasi dan harga tiket Tour ke Pantai Timang Gunung KidulAnda mungkin dimanjakan dengan berbagai wahana yang memacu adrenalin. PPantai ini juga memiliki pemandangan alam luar biasa yang akan membuat semua orang takjub.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pantai JL.Sel. Pantai Jawa, Kabupaten Purwodadi. Tepus, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Keindahan setiap pantai yang ada di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi bagi Anda yang sangat menyukai wisata bahari yang mempesona. Gunung Kidul, Yogyakarta, dikenal sebagai harta karun berupa pantai-pantai indah.

Jika Anda berencana menghabiskan liburan ke Gunung Kidur, Pantai Timang bisa menjadi destinasi Anda. Pantai ini selain indah juga terkenal dengan berbagai atraksinya yang menantang. Rincian lebih lanjut dapat ditemukan dalam laporan pengujian.

Daya Tarik Pantai Timang

Shutterstock Daya tarik Pantai TimangFoto: Shutterstock/Vera Firmansyah

Beberapa tahun terakhir, Pantai Timang menjadi perbincangan karena keunikan dan pesonanya. Apalagi pantai ini ditampilkan dalam program variety show Korea Running Man.

Alhasil, nama pantai ini pun semakin populer dan menarik perhatian. Mengingat Running Man merupakan salah satu acara yang sangat populer di negaranya. Bahkan sebagian masyarakat Indonesia mengetahui acara bervariasi yang penuh tawa ini.

Melihat lebih jauh, Running Man pun tak salah memilih pantai ini. Karena selain pemandangannya yang memukau, ada juga wahana yang bakal memacu adrenalin Anda. Menariknya wahana ini menjadi ikon dan daya tarik Pantai Timang itu sendiri.

Pantai ini memiliki sebuah pulau bernama Pulau Timang. Pulau ini tidak seperti pulau pada umumnya karena hanya berupa bongkahan batu tajam dengan tebing terjal.

Meski terdengar menakutkan, namun itulah pesona pantai ini. Sejak pulau ini ada, Pantai Timang menawarkan wahana menarik. Untuk menuju Pulau Timang, Anda bisa menggunakan gondola tradisional atau kereta gantung.

Gondola tradisional ini terbuat dari kayu dan membawa Anda ke Pulau Timang yang berjarak sekitar 100 meter dan berada di ketinggian 9 hingga 11 meter di atas permukaan laut.

Jadi hanya diperuntukkan bagi orang yang berani melintasinya. Nanti Anda melewati ombak yang terkadang bisa sangat besar. Hanya ada kamu di gondola dan tidak ada orang lain.

Berkunjung ke Pantai Timang memang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Cocok sekali bagi anda yang mempunyai jiwa petualangan yang masih kuat. Jangan khawatir, perjalanan ini dianggap aman untuk Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai TimangFoto: Shutterstock/Raditya

Bagi Anda yang belum pernah menjelajahi pantai-pantai di Gunung Kidul, mungkin akan kesulitan menemukan Pantai Timang. Karena tersembunyi tapi jangan khawatir Anda bisa mengikuti rute berikut ini. Alamat Pantai Timang adalah Jl. Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Kab.Gunung Kidul, DIY.

Pantai ini berjarak sekitar 50 km dari pusat kota dan membutuhkan waktu hampir dua jam untuk sampai ke sana dan mengagumi keindahannya.

Pantai mempesona ini bisa dicapai melalui jalur Wonosari. Jika Anda berada di kawasan Wonosari, Anda bisa mengambil jalur menuju Pantai Baron. Sebelum Pantai Baron Anda akan menemukan pertigaan lalu ambil jalan kiri.

Arah ini menuju ke Pantai Siung. Mereka tiba di pasar Dakbong. Jika sudah selesai, Anda bisa berbelok ke Pantai Timang dan melanjutkan perjalanan dengan mengecek petunjuk arah menuju pantai ini.

Jalur menuju pantai ini cukup bagus hingga desa berikutnya. Perjalanan Anda sebenarnya dimulai beberapa ratus meter dari jalan desa. Jalan mulai kurang mulus akibat tebing kapur yang Anda lewati.

Jadi harus hati-hati karena terdapat beberapa bebatuan kapur yang tajam. Meski terjal, Anda akan disuguhi pemandangan hijau di kedua sisi jalan, apalagi saat musim hujan.

Biaya masuk dan jam buka

Anda bisa menikmati keindahan Pantai Timang tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya harga tiketnya tergolong murah yaitu sekitar Rp 10.000 saja per orang. Tiket ini sudah termasuk parkir kendaraan bermotor.

Tentunya harga tersebut sangat terjangkau dan ramah di kantong. Hanya saja harga dapat berubah sewaktu-waktu, terutama pada saat hari libur yang mungkin terjadi kenaikan harga.

Bahkan, tiket masuknya tergolong murah sehingga membutuhkan budget yang cukup besar jika mencoba naik gondola atau jembatan gantung. Untuk mencobanya, Anda perlu menyiapkan dana mulai dari Rp. 50.000 dan lebih.

Jika ingin petualangan lebih seru, Pantai Timang juga menyediakan fasilitas jeep dengan harga mulai dari Rp. 350 ribu. Biaya tersebut juga belum termasuk foto di beberapa lokasi berbayar.

Kegiatan yang menarik

Unsplash aktivitas di Pantai TimangFoto: Unsplash/Rinz We

Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan pantai yang mempesona, banyak juga aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Apalagi jika Anda tidak mencoba wahana yang menantang adrenalin. Wahana pertama yang bisa Anda tempuh adalah jembatan gantung yang berdiri di tengah laut.

Anda bisa melintasi jembatan ini untuk menuju Pulau Timang. Kelihatannya sederhana, namun tak sedikit pengunjung yang berbalik karena takut.

Jembatan gantung ini sering dijadikan lokasi untuk selfie atau mencari foto-foto menarik. Saat berada di tengah jembatan, Anda langsung merasakan semilir angin pantai yang kencang. Selain jembatan gantung, Anda juga bisa menjelajahi bebatuan karang yang terlihat eksotis dan mempesona.

Bukit karang ini biasa dijadikan pengunjung untuk selfie. Jadi jangan lupa membawa kamera saat berkunjung ke Pantai Timang.

Yang tak kalah menariknya bagi Anda adalah lift gondola tradisional. Sebenarnya gondola ini sudah ada sejak lama dan digunakan oleh para nelayan untuk mencari udang di Pulau Timang.

Merasakan angin kencang dan ombak besar tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri jika mencobanya. Jika tak berani menyeberang, Anda bisa saja berfoto dengan gondola terkenal ini.

Berkunjung ke Pantai Timang belum lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas ini. Pengunjung yang datang kesini sering berburu lobster di kawasan Pantai Timang. Sebelum menjadi tempat wisata, pantai ini merupakan tempat pemancingan lobster.

Lobster dan udang biasanya bersembunyi di karang seberang. Jika bisa, pasti akan menjadi kenangan liburan yang tak terlupakan.

Jika Anda ingin terhindar dari kerepotan berburu lobster, jangan khawatir. Pasalnya pantai eksotik ini juga dikenal sebagai tempat kuliner dengan beragam menu seafood yang lezat.

Anda bisa menikmati berbagai olahan lobster dan udang yang akan memanjakan lidah dan perut Anda. Karena cara pengolahannya yang benar, rasanya tidak kalah dengan restoran lain. Apalagi jika makan sambil menikmati pemandangan yang luar biasa pasti akan lebih nikmat.

Setelah puas menjajal berbagai wahana, berfoto, hingga menikmati kuliner, keindahan Pantai Timang tetap bisa Anda nikmati meski matahari sudah terbenam. Dari tebing karang ini Anda akan disuguhkan lukisan Maha yang menakjubkan.

Anda bisa mengabadikan momen tersebut dengan kamera terpercaya Anda. Yang jelas matahari terbenam di pantai ini bisa menjadi akhir perjalanan Anda di pantai yang begitu terkenal dengan wahananya ini.

Akomodasi dekat Pantai Timang

Jika ingin lebih lama menikmati keindahan pantai ini, Anda bisa menginap di beberapa penginapan terdekat. Karena belum ada akomodasi di Pantai Timang.

Jadi solusinya bisa pergi ke desa terdekat atau pantai lain yang menyediakan akomodasi. Pantai ini berdekatan dengan beberapa pantai lain yang tak kalah terkenalnya. Mungkin suatu saat nanti akan ada akomodasi di pantai ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Unsplash fasilitas Pantai TimangFoto: Unsplash/Aaron Kiru

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, Anda bisa memarkir kendaraan Anda di tempat parkir mobil yang cukup luas. Untuk kebutuhan toilet Anda juga tersedia beberapa toilet yang bersih dan memadai.

Anda juga tidak perlu khawatir kelaparan karena di sini terdapat warung makan yang bisa Anda manfaatkan. Meski menunya tidak terlalu banyak, rasanya dijamin enak.

Seiring berjalannya waktu, Pantai Timang kemungkinan akan mengalami berbagai perubahan yang akan semakin memberikan kenyamanan dan memanjakan pengunjung. Dengan kehadirannya saat ini, sudah berpotensi menjadi magnet wisata, apalagi jika dikembangkan lebih lanjut.

Anda tidak akan menyesal berlibur ke Pantai Timang. Terdapat banyak aktivitas dan wahana yang membuat liburan Anda semakin seru dan berkesan. Apalagi jika Anda bepergian bersama teman atau keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button