Tempat Wisata

Pantai Tirang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Semarang juga memiliki pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Tirang. Sebelumnya, ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Tirang di Pantai Tirang. Namun, karena keausan yang parah, pulau itu menghilang dan hanya tersisa garis pantai yang disebut Pantai Tirang.

Pantai TiranSumber Pantai Tirang : instagram.com/simon.images

Lokasi di Pantai Tirang

Lokasi Pantai Tirang sangat strategis dan mudah dijangkau tepatnya di Desa Tambakrejo Desa Tambak Harjo yang termasuk dalam Kecamatan Tugu Kota Semarang.

Harga tiket masuk Pantai Tirang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui April 2023)

Jam buka Pantai Tirang

Peta lokasi Pantai Tirang

Tips mengunjungi Pantai Tirang

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pantai Tirang semakin menyenangkan dan berharga. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Tirang adalah liburan yang lebih panjang.
  • Datanglah ke Pantai Tirang bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Pantai Tirang.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Pantai Tirang.

Fasilitas di Pantai Tirang

Berbagai fasilitas yang ada di pantai ini antara lain tempat parkir, mushola, toilet umum, warung dan paviliun. Kios-kios yang berjajar memudahkan wisatawan untuk membeli makanan dan minuman.

Spot foto menarik di Pantai Tirang

Spot foto menarik di Pantai TirangSpot foto menarik di Pantai Tirang Sumber : instagram.com/reyyant

Di Pantai Tirang kita menemukan berbagai spot foto yang menarik, antara lain pemandangan sunset saat pesawat lepas landas, pohon bakau dan pemandangan pantai yang sepi. Lokasinya yang tidak banyak pengunjung membuat kami lebih leluasa untuk berekspresi.

Hotel / Akomodasi Pantai Tirang

Di kawasan Pantai Tirang juga banyak terdapat penginapan. Diantaranya adalah Front One di Hotel, Hotel Tugu Indah, Reddoorz dekat Bandara Ahmad Yani dan lain-lain.

Meski harga yang ditawarkan relatif mahal, ketiga penginapan tersebut juga menawarkan fasilitas lengkap seperti WiFi, AC, TV, restoran, dan layanan kebersihan. Jarak penginapan ini ke Pantai Tirang hanya sekitar 300 km.

Itinerary ke Pantai Tirang

Sayangnya, meski Pantai Tirang dekat dengan bandara, jalan menuju pantai ini di jalan utama masih berbatu. Ini juga sulit, terutama bagi mereka yang membawa mobil. Makanya banyak yang menyarankan kalau kita ke pantai ini sebaiknya naik motor saja.

Namun, jika hanya ingin berkendara, Anda juga harus berjalan kaki sejauh 500 meter untuk sampai ke pantai ini.

Untuk menuju Pantai Tirang sebenarnya ada banyak rute, semuanya tergantung dari lokasi awal.

Jika Anda datang dari Bandara Ahmad Yani, Anda harus melalui Jalan Bandara Ahmad Yani kemudian Jalan Pantura.

Setelah itu, lewati jalan Pantura Semarang-Kendal lalu masuk ke Jalan Siliwangi. Kemudian berkendara melewati Jalan Hanoman Raya untuk sampai ke kecamatan Tugurejo dimana pantai Tirang berada.

Dan jika Anda datang dari arah Semarang, Anda bisa memilih arah dari bundaran Kalibanteng. Kemudian jalan lurus hingga menemukan kantor samsat online. Perjalanan dilanjutkan hingga langsung menuju Perumahan Graha Padma.

Setelah melewati jalan pemukiman, kami melewati sungai dan kolam ikan warga. Tidak jauh dari tempat ini kita menemukan Pantai Tirang.

Wisata dekat Pantai Tirang

Selain mengunjungi Pantai Tirang yang eksotik, tak jauh dari tempat ini kita juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya seperti Pantai Sangklak alias Baruna di Pelabuhan Mas.

Kemudian pantai lainnya yaitu Pantai Cipta atau Kontainer yang juga tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Mas. Disinilah para pecinta foto mencari sunset yang indah.

Objek wisata Pantai Tirang

Objek wisata Pantai Tirang Daya Tarik Pantai Tirang Sumber: instagram.com/ronnycc20601/

Pantai Tirang memiliki daya tarik tersendiri, antara lain :

1. Matahari terbenam yang indah dan panorama pesawat lepas landas

Seperti pantai lainnya, sunset terlihat begitu indah dan mempesona di sini. Selain itu, wisatawan juga disuguhi pemandangan pesawat yang lepas landas sehingga membuat pemandangan semakin indah.

2. Memancing

Selain pemandangannya yang indah, Pantai Tirang juga memiliki banyak ikan di tepi pantainya, jadi bagi Anda yang hobi memancing bisa menangkapnya di sini.

Berbagai jenis ikan terdapat di sini antara lain ikan bandeng atau ikan baramundi dan ikan dokan yang sangat digemari oleh penduduk setempat.

3. Tempatkan foto

Pantai Tirang juga memiliki banyak spot foto menarik yang bisa menghiasi galeri ponsel Anda. Atau anda bisa mempostingnya di media sosial anda.

Sunset yang bertahta di sini juga terlihat indah, apalagi dibarengi dengan pemandangan pesawat yang lepas landas.

4. Pasir pantai yang lembut

Pantai Tirang memiliki pasir pantai yang sangat lembut dan tidak ada bebatuan. Jadi wisatawan juga bisa menikmati jalan-jalan di pantai dengan tenang.

Sambil menyusuri pantai, kita juga akan berkenalan dengan aktivitas warga di tambak. Perlu kita ketahui bahwa di sini juga banyak tambak milik warga.

Namun sayang kondisi pantai ini kurang terawat terbukti dengan banyaknya sampah yang berserakan di sepanjang pantai.

5. Mangrove

Keindahan pantai ini juga dilengkapi dengan pepohonan bakau yang mengelilingi pantai. Kehadiran mangrove tidak hanya membuat bentang alam menjadi eksotis, tetapi juga dapat melindunginya dari abrasi.

6. Terumbu Karang

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan terumbu karang di kawasan pantai ini.

Gambar dan Foto Pantai Tirang

Foto Keindahan Pantai TirangFoto keindahan Pantai Tirang Sumber : instagram.com/budenk_budiantopesisirpantai berpasiropsi permainansuasana pantaipilihan kateringMatahari terbenam di Pantai Tirang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button