Tempat Wisata

Pantai Trikora Bintan – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Trikora, Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab.Bintan, Kepulauan Riau; map: Cek lokasi

Salah satu pantai berpasir putih di Pulau Bintan, Kepulauan Riau adalah Pantai Trikora. Pantai eksotis ini terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Memiliki pemandangan yang indah dengan garis pantai sepanjang 25 km dan ombak yang cukup landai.

Pantai ini tetap mempertahankan keindahannya dengan hamparan pasir putih yang luas. Air laut yang jernih dan suasana pantai yang tenang ditawarkan kepada para wisatawan yang datang. Liburan di pantai ini tentu tidak akan membosankan, dan pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti bersepeda dan snorkeling.

Tempat wisata di Pantai Trikora ini juga dikenal sebagai tujuan wisata populer bagi masyarakat Singapura karena jaraknya yang dekat. Selain itu, akses menuju kawasan pantai ini mudah dengan berbagai pilihan transportasi. Fasilitas umum cukup memadai.

Atraksi Pantai Trikora

Atraksi Pantai TrikoraSumber Gambar: Google Maps MR Hadytama

1. Pemandangan pantai berpasir putih

Liburan ke pantai masih menjadi pilihan banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh masyarakat Bintan dan sekitarnya adalah Pantai Trikora yang menawarkan pemandangan pantai berpasir putih.

Pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih yang lembut. Di beberapa sisi pantai terdapat bebatuan besar yang menambah drama pemandangan.

2. Air jernih dengan ombak yang landai

Pantai berpasir putih di Pulau Bintan terkenal dengan alamnya yang bersih. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan air laut yang bersih dan jernih.

Panorama bawah lautnya indah dan bisa dinikmati lebih maksimal karena kejernihan airnya. Ombak di pantai ini tergolong lembut, sehingga pengunjung bisa bermain di laut dengan lebih aman.

3. Suasana tenang

Atraksi di Pantai TrikoraKredit Foto: Google Maps hana christina

Di sepanjang bibir pantai, wisatawan bisa melihat deretan pepohonan hijau yang tumbuh subur. Pohon cemara memberikan suasana yang lebih teduh dan angin sepoi-sepoi yang sejuk. Wisatawan bisa bersantai dan berteduh dari teriknya matahari.

Ada juga pohon bakau di beberapa sisi Pantai Trikora, yang melindungi area pantai. Keberadaan pohon tersebut tentunya menjadi habitat bagi beberapa hewan laut. Jangan lewatkan pohon kelapa yang menambah nuansa tropis pantai ini. Udara yang lebih sejuk dan suasana yang tenang dapat dinikmati oleh wisatawan.

4. Matahari terbenam yang indah

Daya tarik lain dari objek wisata pantai ini adalah keindahan matahari terbenamnya. Lokasi ini cocok bagi wisatawan untuk menikmati panorama matahari terbenam karena area pantainya yang cukup luas. Selain itu, suasananya begitu tenang sehingga Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam romantis menyaksikan matahari terbenam di pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Trikora

Alamat Pantai TrikoraKredit foto: Jalan Kuliner Google Maps

Seperti namanya, Pantai Trikora merupakan objek wisata bahari di Pulau Bintan. Salah satu pulau di kepulauan Riau yang menawarkan pantai yang indah dan eksotis.

Pantai yang terletak di Malang Meeting Village ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Tanjung Pinang. Namun, angkutan umum yang langsung menuju pantai belum tersedia. Jika tidak membawa kendaraan sendiri, wisatawan bisa menyewa mobil untuk menuju pantai.

Perjalanan menuju pantai dari kota Tanjung Pinang dapat mengikuti jalan menuju perbatasan Kabupaten Bintan. Jalan beraspal dan dalam kondisi baik untuk kendaraan bermotor.

Biaya masuk ke Pantai Trikora

Biaya masuk ke Pantai TrikoraKredit Foto: Google Maps hana christina

Berwisata ke pantai memang bisa menjadi pilihan liburan yang murah. Anda hanya perlu membayar transportasi menuju Pantai Trikora jika Anda datang dari luar daerah. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tentunya bisa menghemat biaya perjalanan.

Bagi wisatawan lain yang ingin menyewa kendaraan dari Tanjung Pinang ke pantai ini, harga untuk pulang pergi biasanya sekitar Rp 400.000. Biaya tersebut berlaku untuk sewa mobil dan layanan sopir. Anda bisa bekerjasama dengan rombongan untuk biaya perjalanan ke pantai ini.

Jika Anda datang dari Pulau Batam, kapal feri dan speedboat siap mengantar wisatawan ke Pulau Bintan. Penyeberangannya tidak memakan banyak biaya, untuk penyeberangan feri biayanya sekitar Rp 26.000,- dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Sedangkan harga penyeberangan dengan speedboat hanya berkisar Rp 35.000.-.

Aktivitas seru di Pantai Trikora

Aktivitas Seru Pantai TrikoraSumber gambar: Google Maps Mitiyo Pamenanto

1. Bersantai di pantai

Trikora terkenal dengan pemandangan pantai pasir putihnya yang indah. Para pengunjung yang datang bisa menikmati keindahan panorama yang ditawarkan pantai ini sepuasnya dari pagi hingga malam.

Area pantai yang cukup luas dan pasir putih yang halus membuat tempat ini nyaman bagi wisatawan untuk duduk santai menikmati pemandangan. Panorama pantai berpasir putih, air laut biru jernih dan pemandangan hijau di sekelilingnya akan membuat wisatawan betah untuk menginap.

2. Ambil foto

Tidak lengkap rasanya jika Anda pergi berlibur ke pantai tanpa berfoto. Jika Anda berkunjung ke pantai berpasir putih ini, jangan lupakan ponsel atau kamera Anda. Kamu bisa berfoto selfie dengan pemandangan alam yang indah sebagai oleh-oleh untuk nanti.

Selain pantai dengan pasir putih, ada spot foto menarik di tempat wisata ini di sekitar bebatuan besar di pinggir pantai. Pemandangan seperti pantai di Belitong ini bisa menjadi background yang bagus untuk foto liburan Anda.

3. Menerbangkan layang-layang

Tidak ada salahnya melakukan aktivitas yang Anda nikmati di pantai ini, seperti bermain layang-layang. Angin yang baik dan lokasi yang luas membuat layang-layang mudah untuk diterbangkan. Anda bisa membawa layang-layang kecil untuk diterbangkan bersama anak atau bahkan teman Anda.

4. Bersepeda

Aktivitas seru di Pantai TrikoraKredit foto: Google Maps Vijay Plancias

Jika ingin berkeliling pantai yang agak panjang ini lebih cepat, wisatawan bisa mencoba naik sepeda. Dengan hanya menyewa sepeda, pengunjung dapat menjelajahi pantai sesering yang mereka suka.

Biasanya resort di sekitar pantai ini menawarkan persewaan sepeda. Biaya sewa sepeda per jam di resor sekitar Rp 70.000.

5. Snorkeling

Jika Anda ingin lebih bahagia selama liburan di pantai ini, jangan lewatkan untuk melihat pemandangan bawah lautnya. Snorkeling merupakan salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berwisata di Pantai Trikora yang airnya jernih. Ombaknya tidak besar, jadi aman bagi wisatawan.

6. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas yang cocok bagi wisatawan, terutama yang datang bersama pasangan, adalah menunggu matahari terbenam. Warna-warni senja yang menghiasi langit dan terpantul di permukaan laut merupakan pemandangan menakjubkan yang disuguhkan kepada para wisatawan.

Jika Anda menginap di salah satu penginapan di sekitar pantai ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang tak kalah indah dari jendela kamar. Pemandangan matahari terbit yang menemani Anda saat sarapan.

7. Memancing

Pada pagi hari, wisatawan dapat melihat perahu nelayan yang melintas di kawasan pantai ini. Bagi Anda yang juga hobi memancing, Anda bisa mencoba menangkap ikan di pantai ini. Saat air laut surut, wisatawan juga bisa mewaspadai ikan-ikan kecil yang mungkin tersangkut di sekitar bebatuan.

Akomodasi murah terdekat ke pantai

Bintan Agro Beach Resort & SpaSumber gambar: Google Maps terbaru 4

1. Bintan Agro Beach Resort & Spa

Bagi wisatawan yang ingin menginap nyaman di dekat Pantai Trikora, ada Bintan Agro Beach Resort & Spa. Penginapan ini memiliki fasilitas kamar yang bagus dengan pemandangan laut, TV LCD dan antar-jemput bandara.

2. Bintan Cabana Beach Resort

AC, akses internet, kulkas, dan TV kabel tersedia di resor ini. Bintan Cabana Beach Resort bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan kamar dengan balkon yang menghadap ke laut.

3. Sahid Bintan Beach Resort

Salah satu akomodasi yang dekat dengan resor pantai terdekat adalah Sahid Bintan Beach Resort. Fasilitas tamu meliputi sarapan gratis, akses Internet, kamar ber-AC, dan TV layar datar. Resor ini juga tidak jauh dari bandara, yang memakan waktu sekitar 45 menit.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Trikora Bintan

Fasilitas Pantai Bintan TrikoraKredit foto: Google Maps Kong Wen Sheng (SHENGster)

Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap dan memadai. Akomodasi seperti losmen dan hotel mudah ditemukan di sekitar pantai ini. Anda bisa bermalam di penginapan sesuka hati.

Fasilitas penunjang juga telah disediakan untuk tempat wisata ini, mulai dari toilet atau kamar mandi, gubuk hingga tempat peristirahatan hingga persewaan peralatan snorkeling. Rombongan wisatawan dapat menggunakan gubuk kayu yang dibangun di sekitar pantai untuk beristirahat dan makan.

Bahkan pengunjung yang tidak membawa makanan dari rumah tidak perlu khawatir. Ada warung makan di tempat wisata ini. Beragam menu lezat bisa dipesan dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa untuk mencoba olahan seafood seperti cumi-cumi, otak ikan, siput salak dan lain sebagainya.

Inilah tempat wisata Pantai Trikora di Bintan yang memiliki banyak pesona dan keindahan. Menjelajahi alam di pantai yang eksotis ini bisa menjadi kegiatan yang bagus untuk menyegarkan pikiran dan tubuh yang lelah. Fasilitas yang lengkap membuat wisatawan semakin betah di pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button