Tempat Wisata

Pantai Umbul Waru: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Anda yang ingin berlibur bersama keluarga sebaiknya mengunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Pantai Umbul Waru. Pantai bernama Umbul Waru ini terletak di Sidomulyo, Bakung, Blitar, Jawa Timur dan merupakan satu-satunya pantai di Indonesia yang memiliki air terjun. Selain unik, pantai ini juga tak kalah indahnya dengan pantai lainnya. Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, pantai ini sangat layak untuk dikunjungi.

Cocok juga bagi Anda yang menyukai hal-hal unik karena jarang terdapat air terjun di pantai. Ada yang pernah kesini pasti tahu betapa indahnya tempat ini? Bagi Anda yang belum pernah kesini dan berencana berlibur ke pantai ini bersama keluarga, dijamin liburannya menyenangkan.

Fasilitas di Pantai Umbul Waru

Bagi anda yang belum pernah berkunjung ke tempat wisata ini dan berencana berlibur ke pantai ini, maka anda wajib memperhatikan beberapa hal berikut ini termasuk fasilitas yang ada di Pantai Umbul Waru. Perlu anda ketahui bahwa pantai Umbul Waru masih alami dan belum ada bangunan disana sehingga belum ada fasilitas untuk umum. Sebaiknya membawa perbekalan dari rumah karena tidak ada mini market atau restoran di dekat pantai. Dan jika Anda memiliki masalah parkir, Anda dapat parkir di mana saja karena tidak ada tempat untuk parkir di sana.

Berburu foto di Pantai Umbul Waru

Saat Anda mengunjungi suatu tempat wisata, apalagi tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, pastinya Anda perlu mengabadikan momen tersebut. Ada banyak tempat yang bagus untuk berburu foto, salah satunya adalah air terjun. Anda bisa berfoto bersama keluarga di depan air terjun, lalu bisa juga berfoto dengan latar belakang perbukitan. Pokoknya banyak sekali spot foto di pantai ini.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini selalu mengincar air terjun ini. Karena tempat ini paling cocok untuk menghasilkan foto yang luar biasa. Namun harus berhati-hati saat berjalan dan menginjak bebatuan air terjun ini karena sangat licin. Dan jika salah sedikit saja, pasti akan berakibat fatal.

Baca Juga: Pantai Gondo Mayit, Pantai Penuh Rahasia dan Keindahan Luar Biasa

Akses jalan menuju Pantai Umbul Waru

Akses jalannya sendiri dari Kota Blitar cukup jauh. Karena harus melalui Kecamatan Kademengan, sebenarnya ada dua jalur yaitu jalur yang melewati Kademengan dan jalur yang melewati Kanigoro dan Sutojayan. Dan perkiraan waktu untuk sampai ke Pantai Umbul Waru sekitar 2 jam. Bagi anda yang belum paham dengan penjelasannya, anda bisa melihat peta dibawah ini:

Dan tentunya untuk menuju Pantai Umbul Waru harus melewati jalan yang rumit karena pantai ini berada di ujung dan belum dibangun sama sekali. Selain itu, Anda masih harus melewati tanjakan terjal dan bebatuan untuk menuju pantai ini, karena jalan yang belum beraspal. Memang aksesnya hanya 2 jam dari Kota Blitar, tapi pastinya lebih lama dari kota lain. Jadi jika anda berada di luar Kota Blitar dan ingin menuju ke Pantai Umbul Waru sebaiknya berangkat lebih awal untuk menghindari kemacetan.

Biaya masuk Pantai Umbul Waru

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Umbul Waru

Tips berlibur di Pantai Umbul Waru

Jika anda berencana berlibur ke Pantai Umbul Waru, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan karena pantai ini belum resmi dan masih sangat alami. Pertama, jangan lupa membawa kamera untuk berburu foto, karena kalau tidak membawa kamera, rugi kan kalau jauh-jauh dari Blitar menuju pantai ini? Selain itu, sebaiknya persiapkan perbekalan seperti bahan makanan dari rumah, karena di sekitar pantai belum terdapat restoran atau minimarket karena pantai masih alami. Dan waktu pemberangkatannya lebih baik dibandingkan pada pagi hari, karena jarak dari Kota Blitar cukup jauh, dan diusahakan untuk tidak sembarangan membuang sampah apalagi ke laut. Dan yang tak kalah penting, bawalah kantong plastik atau kantong plastik sendiri untuk menampung persediaan sampah Anda.

Ini adalah ulasan singkat tentang Pantai Umbul Waru Pantai ini masih alami dan belum terjamah manusia sama sekali. Bagi Anda yang tertarik untuk berlibur ke pantai ini bersama keluarga, Anda bisa menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan di atas. Dan jangan lupa membawa kamera untuk berburu foto dan menyiapkan perbekalan dari rumah. Semoga artikel ini dapat memudahkan liburan Anda dan mengucapkan selamat berlibur.

Galeri foto pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

Potret air terjun di pantai

Keindahan air laut di pinggir pantai
Potret bebatuan karang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button