Tempat Wisata

Pantai Wantopi, pantai unik dengan panorama alam eksotis di Buton Tengah

Pantai Wantopi, pantai unik dengan panorama alam eksotis di Buton Tengah
harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Wantopi, Kec. Mawasangka Timur, Kab.Buton, Sulawesi Tenggara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Indonesia memiliki banyak potensi wisata dan sedang berusaha mengembangkannya. Salah satu daerah yang dikaruniai keindahan alam Indonesia dan potensi wisata adalah Buton. Potensi wisata Buton juga mencakup wisata alam budaya, dan wisata bahari yang saat ini sedang dikembangkan.

Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi di Indonesia bagian tengah dengan berbagai destinasi wisata. Namun, tidak banyak orang yang mengenal Kabupaten Buton Tengah yang menawarkan begitu banyak wisata alam. Kabupaten Buton Tengah, menempati sebagian besar Pulau Muna dan sebagian Pulau Kabaena. Buteng terdiri dari 10 kecamatan dan 67 desa dengan luas wilayah 958,31 km² dan jumlah penduduk 118.907 pada tahun 2020.

Selain branding wisata Buton, ada benteng sejarah peninggalan Kerajaan Buton. Sehingga hal ini mendorong banyak wisatawan untuk berwisata ke Buton. Namun tak kalah menarik, Buton memiliki banyak wisata pantai yang tak kalah indahnya. Pantai Wantopi merupakan salah satu potensi wisata bahari yang menarik di Buton Tengah.

Daya Tarik Pantai Wantopi

Objek wisata Pantai WantopiKredit foto: Google Maps Trisa Melati

1. Keunikan pantai

Dari Buton Tengah hingga Pantai Wantopi, kita masih bisa menemukan destinasi pantai yang memanjakan mata dengan keindahan alamnya di segala sisi. Terletak di Teluk Lasori di distrik Mawasangka Timur di Buton tengah, pantai ini dipadati pengunjung setiap akhir pekan. Hamparan pasir putih, indahnya naungan laut biru, rimbunnya pohon kelapa serta letak pantai yang seolah berada di tengah laut menambah keunikan pantai ini. Air lautnya jernih sehingga Anda bisa melihat dasar laut dengan jelas, pesonanya menarik hanya untuk berenang atau snorkeling.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Wantopi serasa berada di tengah lautan. Sepintas, pantai ini terlihat seperti sebuah pulau yang dikelilingi oleh laut. Anda bahkan tidak perlu naik perahu untuk sampai ke sana.

2. Pantai yang nyaman

Karena pantai ini berada di teluk, Pantai Wantopi tidak berhadapan dengan ombak secara langsung, sehingga pantai ini aman. jika anda ingin menghabiskan liburan di Pantai Wantopi bersama keluarga. Bagi anda yang tidak pandai berenang tapi tetap ingin berenang di pantai. Pantai Wantopi adalah jawabannya.

3. Pemandangan Pantai

Pasang surut juga menambah keindahan pantai. Yang berbeda dari Pantai Wantopi adalah pemandangannya yang menakjubkan serta bentuk pantai dan dermaganya. Bentuk pantai yang indah ini menjadi huruf S saat air laut surut dan meluas.

Dermaga pada umumnya menjadi tempat singgah perahu, namun berbeda dengan Pantai Wantopi.

Pantai Wantopi memiliki wisata alam yang mendukung. Di sekitar pantai terdapat wisata alam yang sangat bagus bernama Gua Loba-loba yang terletak di sekitar Pantai Wantopi.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai WantopiSumber Gambar: Google Maps Ismu Muhammad

Untuk menuju Pantai Wantopi berjarak sekitar 27 km dari Desa Lombai di Sulawesi Tenggara. Waktu perjalanan kira-kira 45 menit. Berkendara ke Pantai Wantopi Anda akan menemukan tanah kering di sepanjang jalan. Begitu Anda melihat pantai pinggir jalan, Anda hampir berada di kawasan wisata.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Wantopi, tiket masuknya gratis alias free entry. Liburan yang tepat untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan orang tersayang, lokasi yang sangat dekat dengan pedesaan menambah kenyamanan para pengunjungnya.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Wantopi

Aktivitas seru di Pantai WantopiKredit Foto: Google Maps Ang Leonard Anthony

1. Bermain dengan air

Saat berkunjung ke Pantai Wantopi, cukup banyak wisatawan yang suka bermain air untuk merasakan sensasi mandi di laut. Dengan kondisi pantai seperti di pulau kecil.

2. Bermain pasir

Pantai eksotis ini menawarkan hamparan pasir putih lembut yang cocok untuk bermain pasir, terutama bersama si kecil. Pantai ini juga cocok jika ingin bersenang-senang bersama teman.

3. Berkemah

Kegiatan menarik lainnya adalah mendirikan tenda di pinggir pantai. Anda bisa menikmati keindahan pantai lebih lama dengan berkemah bersama keluarga atau teman.

Fasilitas area pantai tersedia

Fasilitas Pantai WantopiKredit foto: Google Maps fahd Andyka Gohing

Fasilitas di kawasan pesisir masih belum memadai. Anda harus menyiapkan perbekalan jika ingin mengunjungi Pantai Wantopi karena tidak ada warung yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di kawasan pesisir juga minim toilet dan paviliun yang harus diurus pemerintah. Selain itu, tempat sampah di sini juga minim, membuat pengunjung bingung harus membuangnya ke mana.

Memang, Pantai Wantopi bisa dibilang sebagai pantai yang masih perawan keindahannya. Namun jika didukung dengan pengembangan wisata pendukung buatan, maka tentunya dapat menjadi jalan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Inilah potensi wisata yang ada di Pantai Wantopi. Didukung dengan harapan yang tinggi terhadap pembangunan dan perhatian pemerintah daerah terhadap potensi wisata daerah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button