Tempat Wisata

Pantai Wates Yeh Malet Bali – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Wates Yeh Malet Bali – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket
harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karangasem, Kec. Karangasem, Cab.Karangasem, Bali; Map: pemeriksaan lokasi

Bali adalah pulau yang wajib dikunjungi jika ingin berlibur. Bagaimana bisa pulau berskala internasional ini berhasil menampilkan segudang keindahan, mulai dari pantai, gunung, tempat wisata, hingga kearifan lokal masyarakatnya? Menarik juga untuk ditelusuri. Memang keindahan Bali sudah diakui dunia internasional.

Dilihat dari berbagai sudut, Pulau Bali memang sangat eksotik, seperti Bali Timur dimana terdapat pantai indah tersembunyi bernama Pantai Wates Yeh Malet. Dulunya wisatawan tidak terlalu melirik pantai ini, namun sejak Pemkot Karangasem memesannya, wajah pantai cantik ini semakin mempesona.

Pantai indah ini terletak di antara perbatasan Kabupaten Klungkung dan Karangasem. Pasir pantainya berwarna hitam berkilau di sore hari saat terpantul matahari terbenam. Bagi yang semakin penasaran dengan keindahan pantai yang mempesona ini sebaiknya menyimak pembahasannya di bawah ini.

Daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Wates Yeh Malet

Objek wisata Pantai Wates Yeh MaletFoto: Google Maps/Simon Rajagukguk

✦ Patung Dewa Surya dan Dewi Candra

Sesampainya di pantai, wisatawan disambut dengan patung Dewa Surya dan Dewi Candra yang berdiri di atas Naga Aruna. Patung ini berukuran cukup besar dan berwarna putih keemasan. Di samping patung juga terdapat tempat sesaji umat Hindu yang juga dilengkapi dengan gapura.

Patung cantik ini melambangkan jiwa dan unsur material yang dianggap simbol spiritual untuk mencapai keseimbangan dalam hidup. Dengan adanya patung ini menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Wates.

✦ Pantai Pasir Hitam, Pantai Biru

Keindahan pantai terdekat adalah air lautnya yang berwarna kebiruan berpadu dengan pasir pantai yang hitam dan eksotis. Panorama keindahan pantai semakin terlihat jelas pada sore hari menjelang matahari terbenam. Di pagi hari, suasana matahari terbit pun tak kalah mempesona.

✦ Tulisan “Pantai Wates Yeh Malet”

Berkat persetujuan pemerintah Karangasem, Pantai Wates kini banyak dikunjungi wisatawan. Salah satu penataan yang menjadi identitas pantai tersebut adalah tulisan “Pantai Wates Yeh Malet”. Huruf ini besar. Biasanya dijadikan spot foto yang bagus dengan latar belakang pantai.

✦ Tempat wisata murah

Pantai Wates dapat dikunjungi kapan saja karena pantai ini buka 24 jam sehari. Pantai cantik ini merupakan salah satu tempat wisata murah di Bali, wisatawan hanya perlu membayar parkir saja.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Wates Yeh MaletFoto: Google Maps/Simon Rajagukguk

Alamat pantai cantik ini terletak di Banjar Yeh Malet di Desa Antiga Kecamatan Manggis yang termasuk dalam Kabupaten Karangasem. Lokasinya berseberangan dengan Jalan Raya Klungkung – Karangasem. Biasanya kawasan ini dijadikan tempat peristirahatan wisatawan asal Klungkung yang ingin ke Karangasem.

Nama Wates pada pantai ini memiliki arti perbatasan dan merupakan simbol perbatasan antara dua kabupaten yaitu Klungkung dan Karangasem di Bali. Sehingga wisatawan lokal yang berwisata ke sana juga berasal dari kedua kabupaten tersebut.

Jarak menuju Pantai Wates Yeh Malet dari Kota Denpasar sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi. Pengunjung bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Rute dari Denpasar bisa dilakukan melalui jalur By Pass Ida Bagus Mantra.

Biaya masuk wisata laut

Tiket masuk ke pantai ini gratis alias GRATIS. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yaitu Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Selain tiket masuknya yang sangat murah, harga makanan dan minumannya juga sangat terjangkau.

Pantai ini buka 24 jam sehari, namun jika wisatawan ingin merasakan makan di pantai, warung buka mulai pukul 10 pagi hingga 8 malam waktu setempat. Pengunjung bisa datang pada pagi hari saat fajar atau sore hari menjelang gelap.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Fasilitas pantai Wates Yeh MaletFoto: Google Maps/Tri Hardianto

1. Bersantai dan menikmati panorama pantai

Ombak pantai yang landai berpadu dengan birunya pemandangan laut. Kondisi pantai dengan langit biru jernih dan kebersihan menambah keindahannya. Dari jauh Anda juga bisa melihat Pulau Nusa Penida.

Pengunjung yang datang bisa menghabiskan momen bersama keluarga dan sahabat tersayang. Untuk menunjang kegiatan rekreasi tersebut, pemerintah menyediakan bangku taman yang berjajar rapi di sepanjang jalur pejalan kaki. Pengunjung juga bisa berjalan-jalan santai di sepanjang jalan setapak.

2. Menikmati matahari terbenam di Pantai Wates

Daya tarik utama dari pantai indah ini adalah saat senja. Matahari sore yang baru saja terbenam begitu indah. Pemandangan matahari terbenam semakin indah dipadukan dengan hiasan lampu dari Pantai Wates Yeh Malet. Sisa-sisa perahu tergeletak di pinggir pantai, dan saat senja tiba, pemandangan kapal semakin indah.

Pengunjung pantai ini sebagian besar adalah anak muda dan remaja yang menghabiskan akhir pekannya di sana. Waktu tersibuk bagi wisatawan adalah sore hari. Oleh karena itu, pada sore hari, banyak pedagang yang berada di lokasi untuk menawarkan barangnya

3. Berfoto di spot-spot yang tersedia

Spot foto pertama yang menarik perhatian adalah landmark atau prasasti Pantai Wates Yeh Malet. Tempat di depan tulisan ini banyak digunakan pengunjung sebagai spot berfoto. Desain font yang cantik dan ikonik ini terletak tepat di pinggir jalan utama Karangasem hingga Klungkung.

Prasasti papan nama ini membuat pantai ini semakin terlihat oleh pengendara sehingga banyak pengendara yang tertarik untuk mengunjungi pantai eksotik ini. Keberadaan landmark ini berdampak pada jumlah pengunjung.

4. Bermain air

Bermain air merupakan kegiatan yang digemari pengunjung kawasan pantai. Kegiatan bermain air seperti berenang, bermain di pantai dan lain-lain dapat dilakukan.

5. Kunjungi Patung Surya Candra

Patung cantik berpadu warna putih dan emas ini sengaja dibangun pihak pengelola untuk menjadi salah satu landmark wisata di Kabupaten Karangasem sekaligus menambah daya tarik Pantai Wates Yeh Malet.

Pasalnya banyak wisatawan yang mampir ke sana dan mengambil foto memastikan patung cantik ini menjadi viral dan terkenal. Banyak orang. Tentu saja hal ini memberikan dampak yang sangat positif bagi sektor pariwisata di Indonesia.

Selain patung Surya Candra di dekatnya, juga dibangun Padmasana, tempat persembahan bagi umat Hindu. Yang diperkuat dengan Candi Bentar sebagai gerbang masuknya.

6. Olahraga

Karena lokasinya yang luas dan pemandangan alamnya yang luar biasa, Pantai Wates cocok dijadikan lokasi olah raga. Berbagai aktivitas olah raga tersedia bagi pengunjung, seperti voli pantai, yoga, jogging, jalan sehat bahkan senam.

7. Memancing

Aktivitas menarik berikutnya di Pantai Wates Yeh Malet adalah memancing. Kebanyakan wisatawan yang ingin memancing sudah membawa seperangkat alat pancing. Tempat memancing yang paling populer adalah kawasan berpasir di tepi pantai.

Yang istimewa dari kegiatan memancing ini adalah pancingnya nantinya akan ditancapkan di pasir dan pengunjung kemudian bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai di hadapannya sambil menunggu ikan mengambil umpan.

Udang biasanya digunakan sebagai umpan. Sedangkan ikan yang diperoleh berupa ikan tongkol, ikan jangki dan langoan. Namun, masih banyak lumba-lumba di kawasan pengawasan ini.

8. Perburuan Kuliner

Setelah lelah bermain di pantai, apakah Anda merasa lapar? Bersantai di Pantai Wates Yeh Malet. Di kawasan pantai banyak terdapat warung makan yang menawarkan segalanya mulai dari makanan khas hingga masakan ala Warmindo. Harga sangat terjangkau.

9. Bermalam di pantai

Mengingat jarak menuju Kota Denpasar yang cukup jauh, tak ada salahnya pengunjung memutuskan untuk sekadar bermalam di tepi pantai. Terdapat sejumlah penginapan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Harga per malamnya cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantai Wates Yeh MaletFoto: Google Maps/Simon Rajagukguk

Pemerintah setempat telah membangun sejumlah fasilitas untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan. Fasilitas umum di Pantai Wates Yeh Malet antara lain terdapat tempat parkir dengan petugas valet untuk menjaga keamanan kendaraan pengunjung.

Fasilitas selanjutnya adalah toilet dimana pengunjung dapat buang air kecil, menyiram dan berganti pakaian. Peran toilet sangatlah penting bagi sebuah pantai karena para pengunjung judi pasti membutuhkan tempat untuk membilas diri. Di samping toilet juga terdapat rumah garam.

Hal unik dan menarik berikutnya adalah adanya jalur pejalan kaki (pedestrian enclosure) atau jalur pejalan kaki yang ditata dan ditata dengan baik untuk memudahkan akses jalan bagi pengunjung. Bangku-bangku juga didirikan di sepanjang jalur pejalan kaki ini agar wisatawan dapat duduk bersantai menikmati pemandangan.

Demikian pembahasan mengenai pesona Pantai Wates Yeh Malet yang konon merupakan tempat baru mencari ketenangan di Kabupaten Karangasem Bali Timur. Jika Anda sedang berada di Pulau Bali, tidak ada salahnya mampir ke sini dan merasakan ketenangan yang ditawarkan suasana pantai yang ada.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button