Tempat Wisata

Pantai Watu Lawang Gunung Kidul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Watu Lawang, destinasi alam menakjubkan di Gunung Kidul, menawarkan keindahan alam yang spektakuler dengan hamparan pantai yang luas dan Benteng Batu yang terkenal.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Tepus, Kec. Tepus, Kota Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Salah satu kota di Yogyakarta yang menawarkan keindahan pantai adalah Kabupaten Gunung Kidul. Ada banyak tempat wisata indah di kawasan sepanjang pantai.

Salah satu pantai dengan keindahan alam yang menakjubkan adalah Pantai Watu Lawang. Keindahan pantai ini mampu memukau siapa pun.

Mengunjungi pantai ini sangat direkomendasikan untuk Anda dan keluarga. Dibandingkan pantai lainnya, pantai ini cukup luas dan nyaman. Hal ini tentu berbeda dengan pantai lainnya yang cenderung kecil dan sempit.

Selain itu, panorama alam yang mempesona dan indah juga tidak boleh Anda lewatkan. Oleh karena itu, bagi anda yang kebetulan sedang mencari tempat wisata, sangat disarankan untuk mengunjungi tempat ini saat hari libur tiba. Kami jamin Anda dan keluarga tidak akan kecewa setelah memilih berlibur disana.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Watu Lawang

Shutterstock Daya tarik Pantai Watu LawangFoto: Shutterstock/Dhimas Satriaa

1. Panorama alam yang indah

Pantai Watu Lawang menawarkan banyak daya tarik bagi pengunjungnya. Salah satu daya tarik tersebut adalah panorama alamnya yang indah. Semua pantai mempunyai daya tariknya masing-masing, termasuk pantai ini.

Walaupun pantai ini diapit oleh pantai-pantai populer lainnya, namun belum banyak diketahui orang kebanyakan. Pasir yang ada di pantai ini berwarna putih dan sangat halus sehingga menambah pesona pantai ini dan membuat pengunjung betah berada disana.

Nama Watu Lawang sendiri sudah terkenal di daerah Gunung Kidul. Ada beberapa tempat wisata dengan nama yang sama. Nama tersebut secara umum berasal dari arti “Lawang Watu” atau “pintu batu”.

Pantai ini dikelilingi perbukitan sehingga kaya akan karang dan bebatuan. Keberadaan batu tersebut menyerupai sebuah pintu, yang akhirnya menyebabkan pantai tersebut diberi nama Watu Lawang.

2. Ada benteng batu

Daya tarik selanjutnya bisa ditemui ketika Anda memasuki pantainya. Nantinya Anda akan menemukan beberapa terowongan batu yang terbentuk secara alami di sana.

Di balik bebatuan tersebut terdapat Watu Lawang. Akses jalan menuju kawasan ini sangat bagus. Namun pantai ini masih sepi pengunjung.

3. Pantai yang tenang

Pantai ini masih sedikit dikenal di kalangan wisatawan terutama yang berasal dari luar kota. Oleh karena itu tempat ini jarang dikunjungi orang dan suasana pantainya agak tenang dan sepi kecuali menjelang hari raya Idul Fitri.

Suasananya yang tenang pada akhirnya menjadikan kawasan pantai ini ideal untuk berlibur.

Selain itu, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Watu Lawang. Misalnya bermain di hamparan pasir putih pasti akan sangat seru dan menarik.

Pantai ini terdiri dari dua area yaitu area sebelah timur batu dan area sebelah barat batu yang salah satunya adalah dinding gua.

Pantai sebelah barat batu ini lebih kecil dan berbentuk seperti cekungan. Sedangkan pantai di sebelah timur Batu karang bentuknya agak memanjang dan sebenarnya lebih lebar.

4. Kawasan pantai yang landai dan luas

Saat Anda berlibur ke tempat ini, Anda bisa mengharapkan semilir angin laut yang sepoi-sepoi. Apalagi di tempat ini Anda akan benar-benar dimanjakan dengan indahnya hamparan pasir putih berkilau. Lautan biru yang luas membentang sejauh mata memandang.

Arus disini sangat deras, ombaknya tidak terlalu besar dan terlihat sangat tenang. Panorama kawasan pantai berpadu dengan pemandangan hijau di kawasan seberang. Di sekitar pantai terdapat Bukit Batu yang ditumbuhi hutan pandan.

Lautnya yang begitu indah dan panorama alam disekitarnya yang begitu menarik akan membuat semua orang yang ada di Pantai Watu Lawang terkagum-kagum.

Sambil menikmati sepoi-sepoi angin laut dan menyaksikan gulungan ombak, suasana hati Anda pasti akan sangat tenang. Karena letaknya yang agak tersembunyi di laut, tempat ini jarang dikunjungi wisatawan.

Areal pantainya sangat luas dan landai sehingga Anda bisa puas beraktivitas. Anda bisa dengan leluasa bermain pasir atau berjalan-jalan di pinggir pantai. Jangan lupa untuk merasakan lembut dan hangatnya pasir pantai sambil menyaksikan deburan ombak.

5. Banyak spot foto

Daya tarik selanjutnya di Pantai Watu Lawang adalah Anda akan menemukan banyak sekali spot foto menarik di sana.

Hampir setiap sudut pantai bisa Anda manfaatkan sebagai spot foto yang menarik dan Instagrammable. Anda tinggal memilih pemandangan berupa bukit atau laut yang bisa dijadikan background foto.

Salah satu sudut yang menarik untuk dicoba adalah Bukit Batu yang terletak di bagian timur. Nantinya Anda bisa bersantai dan naik ke puncak sambil menikmati pemandangan dari pendopo.

Di kawasan kaki bukit ini Anda bisa memanfaatkan bebatuan terpencil sebagai spot berfoto yang pastinya memiliki nilai seni yang tinggi. Anda hanya perlu mencari sudut yang tepat untuk mengambil jepretan kamera terbaik agar nantinya bisa ditampilkan di halaman Instagram Anda.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai Watu LawangFoto: Shutterstock/Ndari Kusmintasih

Pantai Watu Lawang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini bisa berangkat dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju tempat wisata ini, seseorang harus menempuh perjalanan sejauh 66 km dari pusat kota.

Karena koneksi jalan raya yang sangat baik, perjalanan dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun dua. Waktu perjalanannya sendiri kurang lebih 2 jam. Dari Jogjakarta nantinya bisa menggunakan jalur Wono-Sari menuju Bintaos.

Selanjutnya Anda tinggal mengikuti petunjuk untuk sampai ke kawasan pantai. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Indrayanti. Jarak menuju Pantai Indrayanti sekitar 800 meter.

Biaya masuk wisata bahari

Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Watu Lawang harus segera menuju Kota Jogjakarta. Pastinya sebagian besar dari Anda sudah tidak asing lagi dengan kota yang satu ini.

Sejumlah besar siswa melanjutkan pendidikan mereka di kota ini. Hal ini pada akhirnya menyebabkan kota Yogyakarta mendapat julukan “Kota Pelajar”. Namun tidak hanya itu, banyak sekali wisata alam di tempat ini, misalnya saja Watu Lawang.

Pantai ini terletak di Kegubernuran Gunung Kidul, lebih tepatnya di Kecamatan Tepus. Sebagian orang masih belum mengetahui keberadaan pantai ini padahal pemandangan yang ditawarkan begitu mempesona. Akses menuju pantai ini sangat bagus, jadi bisa menggunakan mobil atau sepeda motor.

Seperti tempat wisata lainnya, seseorang harus membayar biaya untuk menikmati keindahannya. Biaya pembalasan yang akan Anda bayarkan adalah Rp 10.000 per orang. Dengan uang sebesar itu Anda bisa menikmati segala keseruan dan keindahan yang ditawarkan pantai tersebut.

Selain itu, bagi anda yang kebetulan membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan bagi anda yang membawa mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000.

Jika Anda berwisata ke tempat ini, Anda tidak perlu khawatir dengan jam operasionalnya. Karena pantai ini buka 24 jam sehari. Pantai ini juga biasanya nyaman dan tenang sehingga layak dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai Watu LawangFoto: Shutterstock/Ndari Kusmintasih

Bersantailah di paviliun

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama berkunjung ke Pantai Watu Lawang. Salah satu kegiatan tersebut adalah bersantai di pendopo. Di pantai indah ini terdapat pendopo bagi pengunjung yang ingin duduk bersantai sambil merenungkan keindahan alam sekitar.

Selain duduk-duduk dan bersantai di pendopo, Anda juga bisa menikmati aktivitas berkemah bersama teman-teman. Anda tidak perlu khawatir untuk membawa tenda dari rumah karena tersedia pilihan untuk menyewa tenda. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk sebuah tenda sebagai biaya pembersihan.

Bermain air di Pantai Watu Lawang

Hal yang menarik dari pantai ini adalah terdapat cekungan di bagian pantainya. Dibanjiri air laut, cekungan ini menyerupai bak mandi atau kolam, terkadang dihiasi ikan-ikan kecil di dalamnya.

Oleh karena itu, pengunjung yang ingin menikmati kesegaran air laut sambil berenang dan mandi tidak perlu harus ke pantai. Namun, Anda juga bisa sekadar berenang di tangki karang. Karena di tempat ini Anda bisa menikmati deburan ombak yang menyegarkan.

Saksikan upacara adat

Masyarakat sekitar yang tinggal di kawasan Pantai Watu Lawang masih mempercayai berbagai mitos dan cerita mistis. Hal ini pada akhirnya menyebabkan banyak diadakannya kegiatan di sana baik berupa upacara adat maupun budaya.

Bagi Anda yang berminat menghadiri upacara tersebut harus datang pada waktu-waktu tertentu. Kegiatan ini pasti akan sangat seru untuk disaksikan. Upacara adat yang diadakan di tepi pantai ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri dan menarik beberapa pengunjung untuk datang jauh-jauh ke tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas pantai Watu LawangFoto: Shutterstock/Dhimas Satriaa

Pantai Watu Lawang merupakan salah satu pantai yang dikelola dengan cukup baik. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan menemukan fasilitas umum setempat. Fasilitas tersebut antara lain gazebo untuk anda yang ingin duduk bersantai.

Selain itu, tersedia musala serta kamar mandi dan toilet bagi Anda yang ingin mendirikan salat. Dan tersedia juga tempat parkir yang luas dan aman. Meski tidak ada restoran mewah di tempat ini, Anda tak perlu khawatir karena terdapat warung sederhana yang menjual menu-menu lezat.

Bagi anda yang ingin menginap di kawasan pantai ini, tersedia juga fasilitas berupa resort di sekitar pantai. Atau Anda juga bisa mengunjungi penginapan dan hotel yang terdapat disana.

Pantai Watu Lawang memang menawarkan keindahan yang luar biasa kepada pengunjungnya. Jika Anda datang ke tempat ini bersama keluarga, liburan Anda pasti akan sangat menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button