Tempat Wisata

Pantai Wawaran: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Setelah seharian bekerja selama berminggu-minggu, tentunya kita merasakan masa kebosanan dalam aktivitas sehari-hari yang tidak terganggu, baik yang berhubungan dengan pekerjaan maupun sekolah dan kuliah. Terkadang kita perlu menggunakan beberapa hari libur untuk menyegarkan diri dan melepaskan segala penat dan stress yang kita rasakan. Bagi Anda yang tinggal di Jawa Timur, tidak perlu jauh-jauh ke luar Jawa atau luar Jawa Timur untuk berlibur. Di Pacitan juga terdapat pantai-pantai dengan pesona indah yang bisa membuat Anda terkagum-kagum.

Pantai Wawaran merupakan objek wisata air yang bisa Anda temukan di Dusun Wawaran, Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Meski banyak jenis wisata di Indonesia dan semakin banyak wisata baru yang bermunculan, bagi para pecinta wisata pantai tidak pernah ada habisnya. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan yang mengunjungi pantai di berbagai kabupaten di negara kita. Tidak hanya Bali, Jawa Timur juga memiliki banyak pantai yang menarik. Seperti Pantai Wawaran yang sering dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan sekolah atau hari raya Idul Fitri.

Pantai ini memang tidak sepopuler pantai lainnya di Kabupaten Pacitan. Namun tempat wisata ini tidak kalah dengan pantai lainnya dari segi keindahan, terdapat pasir putih, hutan bakau yang rimbun mengelilingi pantai dan formasi batuan yang begitu indah untuk dilihat, cocok untuk liburan akhir pekan. Saat air surut, Pantai Wawaran memiliki keunikan lain yaitu di sisi bebatuan terdapat ikan hias, kepiting dan lain-lain yang terbawa ombak ke sisi selatan pantai, seperti di akuarium besar karena jumlahnya banyak. fauna yang ada di antara bebatuan dan memiliki air laut yang cukup.

Deburan ombak yang menerjang bebatuan di pantai juga menambah keindahan Pantai Wawaran yang menampilkan air laut berwarna biru kehijauan yang jernih dan mengajak pengunjung untuk bermain. Tak jauh dari bibir pantai, di bawah permukaannya, Anda bisa melihat bongkahan batu naik-turun, tersusun oleh deburan ombak khas Pantai Selatan.

Selain dikenal dengan keindahan pemandangannya, pantai ini juga telah mengharumkan nama Kabupaten Pacitan dan Jawa Timur dengan prestasi kelompok nelayan Mina Upadi saat menjuarai lomba optik nasional (optimasi tangkapan) tahun 2005 yang disahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. di Istana Negara. . Atas prestasi tersebut, kelompok nelayan yang didirikan pada tahun 1987, beranggotakan 65 nelayan tradisional, mendapat bantuan perahu seberat 25 gross ton (GT).

Fasilitas di Pantai Wawaran

Sedangkan fasilitas yang ada di Properti Wisata Pantai Wawaran tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti di antaranya;

– Akomodasi

Di sekitar kawasan pantai, Anda yang membutuhkan akomodasi akan menemukan akomodasi yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar kawasan pantai.

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Karena sudah dibangun paviliun di sana, Anda bisa duduk santai menikmati pemandangan air laut yang jernih, pasir putih yang indah, dan langit biru.

Berburu foto di Pantai Wawaran

Saat Anda pergi berlibur, ke mana pun Anda pergi, Anda wajib membawa kamera, baik kamera digital maupun profesional, dan kamera ponsel. Dengan kamera ini, Anda pasti bisa mengabadikan berbagai momen yang muncul saat menghabiskan waktu bersama keluarga di tempat wisata. Di Pantai Wawaran misalnya, Anda bisa memotret pemandangan yang terhampar di depan mata, mulai dari hamparan pasir putih yang luas tempat Anda bisa berlari atau bermain voli bersama teman-teman, hingga tebing bebatuan di pinggir pantai. Jadikan background foto Anda menarik, apalagi saat ombak menghantam karang. Selain itu, tidak lupa dengan rimbunnya pohon bakau yang mengelilingi pantai, yang tentunya sangat menarik sebagai incaran kamera Anda. Setelah itu, jangan lupa untuk mengunggah foto-foto Anda di berbagai media sosial agar lebih banyak orang yang mengetahui tempat wisata ini.

Baca Juga: Gua Luweng Jaran, Berwisata Sambil Melihat Keindahan Perut Bumi

Akses jalan menuju Pantai Wawaran

Dari arah manapun via JLS ke arah Kebonagung sebelah barat Pacitan Kota, ada pintu masuk di sebelah kanan jalan, biasanya ada plang kecil (buatan warga setempat) di pinggir jalan. Papan nama penunjuk arah tidak jauh dari jalan layang Jembatan Layang Sidomulyo Kebonagung (atau tanya warga sekitar). Datang dari barat, belok kanan sana. Ikuti jalan tersebut karena ujung jalan beraspal adalah “Pantai Wawaran”.

Jam buka dan biaya masuk Pantai Wawaran

Objek wisata Pantai Wawaran buka 24/7 bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya, dan anda yang ke sana tidak perlu membayar tiket masuk, hanya biaya parkir bagi yang datang dengan kendaraan pribadi.

Tips berlibur ke Pantai Wawaran

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Bawalah topi atau kacamata jika diperlukan
  • Jangan lupa memakai tabir surya
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Jangan mencemari lingkungan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah

Peta lokasi Pantai Wawaran

Galeri Foto Pantai Wawaran

Pantai Wawaran di Pacitanpantai berbatuBatu karang di pantaiMenikmati keindahan Pantai WawaranBersantai di pantaiBirunya air laut di Pantai Wawaran

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button