Tempat Wisata

Pantai Wediombo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berbicara soal wisata pantai di Joga, rasanya penjelajahan tiada habisnya. Banyak sekali pantai di kawasan ini dengan daya tarik dan keunikan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Pantai Wediombo yang mempunyai sejuta pesona dan menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jika Anda membayangkan pantai luas yang setiap jengkalnya dipenuhi pasir putih, Anda salah. Ya, pantai ini tidak seperti namanya yaitu Wediombo yang dalam bahasa Jawa artinya pasir luas. Nyatanya tidak demikian, walaupun pantai ini berpasir putih namun luas pantainya masih kalah dibandingkan pantai lain di Jogja.

Namun Anda tak perlu kecewa karena Pantai Wediombo menyuguhkan berbagai pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat wisata ini tak segan-segan mengatakan bahwa pantai ini merupakan pantai terindah di Jogja.

Pantai Wediombo terletak tepatnya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda datang dari pusat kota Jogja, Anda harus menempuh jarak sekitar 90 kilometer atau sekitar 2,5 jam berkendara untuk bisa sampai ke pantai cantik ini. Setibanya di lokasi, rasa lelah Anda akibat perjalanan jauh akan terbayar dengan pemandangan menakjubkan yang akan membuat Anda terpesona.

Pesona Pantai Wediombo

Pantai yang terletak di pesisir selatan Provinsi Yogyakarta ini menyerupai sebuah teluk yang cukup luas. Di sisi kiri dan kanannya pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit karang yang tampak hijau asri dan ditumbuhi pepohonan. Untuk menuju kawasan pantai, wisatawan harus menuruni puluhan anak tangga. Sebab, letak Pantai Wediombo lebih rendah dibandingkan daratan di sekitarnya.

Sebagian besar kawasan pantainya dipenuhi bebatuan karang, meski masih ada bagian pantai yang berpasir putih meski tidak terlalu luas. Ciri-ciri air laut di Pantai Wediombo antara lain berwarna jernih kebiruan dengan ombak yang cukup besar khas pantai Laut Selatan.

Jernihnya perairan di Pantai Wediombo membuat wisatawan bisa leluasa melihat berbagai biota laut yang hidup di sana. Tempat wisata ini juga sering digunakan untuk snorkeling karena menawarkan keindahan alam bawah laut yang menakjubkan.

Pantai ini juga dikenal memiliki karakteristik ombak yang cukup bagus untuk berselancar. Banyak penggemar selancar dari dalam dan luar negeri datang ke sini untuk menjajal ombak di Pantai Wediombo. Ombaknya tidak terlalu besar dan cenderung stabil, sehingga para pemula pun bisa berselancar dengan aman di pantai ini.

Sebagian besar pantai ini dipenuhi bebatuan karang. Konon batuan tersebut terbentuk akibat letusan lahar vulkanik jutaan tahun lalu. Fenomena alam ini membentuk bebatuan indah yang seolah menghiasi pantai. Keberadaan bebatuan karang ini juga dimanfaatkan para pemancing untuk mencari ikan di bebatuan karang tersebut.

Salah satu yang menarik dari Pantai Wediombo adalah wisatawan bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam di malam hari. Kondisi pantai yang menghadap ke barat menjadi faktor utama yang membuat senja menjadi istimewa di tempat wisata ini. Pengunjung disarankan untuk datang ke pantai ini antara bulan November dan Mei karena pemandangan matahari terbenam paling bagus selama bulan-bulan tersebut.

Kolam renang alami di Pantai Wediombo

Di pantai ini terdapat kolam renang yang tercipta secara alami di antara bebatuan karang. Kolam renang ini tercipta dari bebatuan karang di pinggir pantai yang membentuk sebuah kolam dan secara alami berisi air laut. Air laut terkumpul di cekungan dan menciptakan kolam yang indah.

Kolam alami ini terletak di sebelah selatan Pantai Wediombo. Selain itu masih banyak wisatawan yang belum mengetahui lokasi kolam renang ini. Genangan air di kolam ini cukup jernih sehingga membuat wisatawan bisa berenang atau bermain air dengan leluasa tanpa takut tersapu ombak. Anda akan merasa segar dan sejuk saat berenang di kolam ini.

Selain itu, terkadang banyak ikan kecil yang tersangkut di kolam dan tidak bisa kembali ke laut. Berenang ditemani gerombolan ikan-ikan kecil, cantik, dan alami tentu akan memberikan perasaan yang sangat berbeda. Selain itu, kolam ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah. Dari atas bebatuan karang tersebut Anda bisa berfoto dengan latar belakang kolam renang dan lautan luas.

Sembari berenang di kolam ini, wisatawan juga akan merasakan sensasi deburan ombak yang menghantam karang. Deburan ombak yang menghantam karang menimbulkan buih air yang jatuh ke dalam kolam. Banyak wisatawan yang justru menunggu ombak datang untuk merasakan sensasi deburan ombak.

Pantai Wediombo mempunyai pesona yang luar biasa. Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini bisa menikmati berbagai panorama alam yang indah. Kondisi alam yang masih alami dan pengunjung yang masih sedikit menjadi nilai tambah bagi anda yang ingin refreshing dan menghabiskan liburan bersama orang-orang terdekat.

Baca juga: Pantai Depok, surganya wisata kuliner seafood di Jogja

Fasilitas di Pantai Wediombo

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Tersedia toilet, musala, dan tempat parkir yang memadai. Di sekitar pantai juga banyak terdapat warung yang menjual minuman dan makanan. Selain itu masih terdapat berbagai fasilitas yang masih minim dan perlu dikembangkan lebih lanjut oleh pemerintah setempat mengingat potensi wisata yang ada di pantai ini.

Sayangnya, masih sedikit hotel atau akomodasi di dekat Pantai Wediombo yang diperuntukkan bagi wisatawan untuk bermalam. Jika wisatawan ingin bermalam, wisatawan dapat menyewa tenda yang disediakan penduduk setempat dengan harga berbeda-beda.

Menikmati keindahan pantai

Terletak tak jauh dari Pantai Siung, pantai ini menawarkan beragam wisata alam yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Jika Anda menyukai wisata pantai dan berencana berlibur ke Jogja, maka mampirlah ke pantai ini. Meski letaknya cukup jauh dari pusat kota Jogja, namun Anda disuguhkan keindahan pantai yang sungguh luar biasa.

Hamparan laut biru luas yang dihiasi sejumput karang cantik dan diapit bukit-bukit hijau yang dipenuhi pepohonan akan memanjakan mata sejauh mata memandang. Lokasinya yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk keramaian sangat cocok bagi anda yang hendak berlibur dan ingin merasakan keindahan alam yang masih terjaga.

Olahraga selancar

Bagi Anda yang menyukai olahraga ekstrim, Anda bisa mengunjungi Pantai Wediombo. Karakteristik ombak di pantai ini cukup bagus, stabil dan tidak terlalu besar. Banyak peselancar dari berbagai daerah ingin mencoba ombak di pantai ini.

Jika Anda masih pemula dan ingin belajar selancar, Anda juga bisa berlatih selancar di sini. Terdapat pemandu yang akan mengajari Anda teknik dasar selancar selama kurang lebih 1,5 jam. Biayanya masih terjangkau, paket sudah termasuk sewa papan selancar dan foto.

Berenang di kolam alami

Ingin berenang tanpa takut terhantam ombak yang dahsyat? Kunjungi Pantai Wediombo dan berenang bebas di kolam alami ini. Kolam tersebut memiliki air yang jernih dan air yang sangat segar. Selain itu masih banyak wisatawan yang belum mengetahui lokasi kolam renang ini.

Anda bisa berenang, bermain air dan menyaksikan ikan-ikan kecil ditangkap di kolam. Perasaan berenang di kolam alami yang dilestarikan akan memberikan Anda pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan. Anda juga bisa berfoto selfie dengan latar belakang kolam renang dan hamparan lautan luas.

Snorkeling

Pantai Wediombo juga memiliki beberapa spot snorkeling dengan keindahan bawah laut yang mempesona. Setidaknya di tempat ini ada dua tempat yang sangat menarik yang menjadi andalan wisatawan. Salah satunya terletak di sekitar pantai dan bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Jika kurang puas, Anda juga bisa menyewa perahu lalu menuju spot snorkeling di tengah laut. Pemandu dan perlengkapan snorkeling lengkap disediakan di sini. Anda akan disuguhi panorama alam laut yang mempesona dengan berbagai biota laut dan ikan-ikan kecil yang cantik.

Memancing di Bukit Karang

Tempat ini juga menjadi spot populer bagi para pemancing dari berbagai daerah di sekitar Yogyakarta. Ada banyak spot mancing yang penuh dengan ikan monster. Salah satunya adalah bukit karang yang ada di sisi pantai ini. Untuk menuju bukit karang, Anda harus berjalan menyusuri bebatuan karang yang ada di pinggir pantai.

Anda harus berhati-hati karena lokasinya ekstrim dan berbahaya. Kenyataannya, kendala tersebut tidak menyurutkan semangat para pemancing yang ingin memancing di bukit karang tersebut. Ikan yang paling banyak diburu adalah ikan hiu atau disebut juga ikan panjo. Salah satu saluran televisi swasta bahkan melakukan syuting di salah satu spot pemancingan di bukit karang ini.

Berburu foto dan menyaksikan matahari terbenam

Jika Anda menyukai seni fotografi lanskap, Pantai Wediombo bisa menjadi tujuan berburu Anda selanjutnya. Pantai di pesisir selatan Jogja ini menawarkan berbagai objek mempesona yang bisa Anda abadikan dalam sebuah foto. Misalnya memotret para peselancar, bukit karang, keindahan kolam alami dan juga indahnya matahari terbenam.

Jika Anda sedang mencari tempat untuk foto prewedding, pantai ini cukup menjadi pilihan menarik untuk foto prewedding. Pantai Wediombo memang menjadi salah satu tempat menyaksikan matahari terbenam terbaik di Jogja. Luasnya laut dengan latar belakang langit jingga, sayang jika dilewatkan. Menikmati matahari terbenam di tepi pantai bersama pasangan merupakan momen romantis yang tidak akan pernah Anda lupakan.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Biaya masuk Pantai Wediombo

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Wediombo wisatawan harus membayar sebesar Rp 5.000 per orang untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Sedangkan biaya jasa pemandu selancar sebesar Rp 100.000 sudah termasuk sewa papan selancar dan paket fotografi.

Bagi wisatawan yang ingin snorkeling perlu merogoh kocek sebesar Rp. 30.000 untuk area dekat pantai. Jika anda menyewa perahu dan ingin snorkeling di tengah laut akan dikenakan biaya sebesar Rp 80.000 dengan minimal 6 peserta. Jika ingin bermalam, wisatawan bisa menyewa tenda dengan biaya Rp. 35.000 (kapasitas 4 orang).

Jam buka Pantai Wediombo

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 2.000
  • Biaya parkir: Rp 5.000

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan Desember 2023)

Peta lokasi Pantai Wediombo

Tips Menuju Pantai Wediombo

  • Berhati-hatilah saat mengendarai kendaraan pribadi menuju pantai karena jalanannya berkelok-kelok.
  • Jika ingin melihat indahnya matahari terbenam, datanglah antara bulan Mei dan November.
  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana berenang dan bermain air di pantai dan kolam alami.
  • Jika Anda bukan perenang yang baik, jangan berenang terlalu jauh karena ombak di pantai ini cukup besar.
  • Berhati-hatilah saat memancing di bukit karang karena medannya ekstrim dan berbahaya.
  • Jangan terlambat pulang dari pantai karena jalanan sepi dan berkelok-kelok.
  • Jagalah agar pantai tetap bersih dan lestari.

Galeri Foto Pantai Wediombo

Pantai Wediombo
Keindahan air laut

Potret pantai dari atas bukit
Bebatuan karang di Pantai Wediombo
Berenang di antara bebatuan karang
Perburuan Foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button