Tempat Wisata

Pantan Terong : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Aceh Tengah merupakan kabupaten yang wilayahnya sebagian besar didominasi oleh dataran tinggi. Tak heran jika kabupaten di Provinsi Aceh ini memiliki banyak sekali tempat wisata alam dengan pesona dan ciri khas yang berbeda-beda. Pantan Terong menjadi salah satu contoh wisata alam di kawasan ini yang menawarkan pemandangan mempesona serta udara segar bebas polusi.

Pantan Terong merupakan tempat wisata yang berada di puncak bukit. Dari sini pandangan wisatawan disuguhi keindahan alam sekitar berupa hijaunya perbukitan, danau, persawahan, dan perkebunan milik warga. Keindahan alam yang begitu terjaga serta udara yang sejuk dan sejuk seolah menjadikan tempat ini sempurna.

Terong pantan

Secara geografis, bukit ini terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah. Untuk menuju lokasi Pantan Terong, wisatawan bisa terlebih dahulu menuju Kota Takengon yang tak lain adalah ibu kota Aceh Tengah. Dari Kota Takengon, tempat ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 15 menit atau menempuh jarak sekitar 8 kilometer.

Jika wisatawan ingin berkunjung ke Pantan Terong tidak perlu khawatir karena jalan yang menjadi akses menuju tempat wisata ini dalam kondisi sangat baik. Namun wisatawan diimbau berhati-hati saat berkendara karena jalanannya menanjak dan penuh tikungan terjal. Pastikan kendaraan dalam kondisi baik dan tubuh siap untuk melakukan perjalanan.

Pesona pantan terong

Di sepanjang jalan menuju Pantan Terong, wisatawan akan disambut dengan udara khas puncak yang dingin dan sangat sejuk. Pemandangan di kiri dan kanan jalan juga memanjakan mata wisatawan sehingga tidak bosan saat berkendara.

Panorama alam berupa perbukitan hijau mendominasi sepanjang perjalanan. Dalam perjalanan menuju puncak, wisatawan juga bisa melihat hutan pinus, perkebunan, dan lembah yang indah. Di pinggir jalan, wisatawan akan banyak menjumpai warung-warung tempat beristirahat dan menikmati secangkir kopi gayo panas untuk menghangatkan tubuh.

Terong pantan

Sesampainya di lokasi, wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang terlihat jelas dari atas bukit. Pantan Terong terletak di puncak dengan ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut. Jadi dari tempat wisata ini Anda bisa melihat keseluruhan kota Takengon.

Di titik ini dibangun dua bangunan berupa balkon besar untuk wisatawan yang ingin merasakan keindahan alam lebih dekat. Balkon ini terbuat dari beton dan memiliki railing sehingga cukup aman bagi wisatawan.

Kedua balkon ini berada di lokasi berbeda. Balkon utama berada di dekat pintu masuk, sedangkan untuk balkon kedua, wisatawan harus menuruni tangga di sebelah kiri balkon utama. Pengunjung bisa memilih balkon mana saja untuk menikmati indahnya panorama Kota Takengon. Keduanya menawarkan sensasi berbeda.

Di balkonnya, keindahan alam berupa perbukitan hijau dan barisan pegunungan tersaji untuk para wisatawan dan Danau Laut Tawar juga bisa dinikmati dari tempat ini. Angin sepoi-sepoi bisa Anda rasakan sehingga menciptakan suasana dingin di atas. Tak jarang pengunjung melihat pesawat lepas landas dan mendarat tiba di Bandara Rembele.

Pantan Terong tidak hanya menawarkan pesona alam yang memukau, namun juga berpotensi menjadi objek wisata yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas minat khusus. Tempat ini bisa digunakan sebagai tempat paralayang atau layang layang. Sayangnya, minimnya pengelolaan tempat wisata masih menjadi kendala.

Fasilitas Pantan Terong

Fasilitas yang ada di Pantan Terong bisa dikatakan cukup memadai walaupun belum lengkap. Terdapat toilet, tempat parkir yang luas, dan mushola. Selain itu juga terdapat rumah panggung yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.

Di sekitar tempat wisata, pengunjung juga akan menjumpai tempat duduk yang bentuknya mirip tribun. Tak perlu khawatir lapar, tersedia warung sederhana yang menjual makanan dan minuman. Wisatawan bisa menikmati makanan seperti mie, kopi atau secangkir teh hangat di tengah dinginnya kawasan dataran tinggi ini.

Baca juga: Pantai Menye, keunikan pantai di atas danau

Di sepanjang jalan menuju puncak, wisatawan akan menjumpai beberapa bengkel dan bengkel ban, sehingga jika ada ban kendaraan yang bocor bisa segera memperbaikinya di bengkel tersebut. Sayangnya, masih belum tersedia akomodasi di sekitar resor wisata tersebut. Wisatawan bisa bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar Pantan Terong.

Menjelang akhir pekan, berwisata ke Pantan Terong seru banget. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sana.

Nikmati pemandangan alam

Jika Anda berencana berlibur ke Aceh Tengah, tidak ada salahnya menambahkan Pantan Terong ke dalam daftar destinasi Anda. Apalagi jika Anda menyukai wisata alam, tempat ini sangat layak untuk dikunjungi. Anda akan disuguhi pemandangan alam berupa perbukitan hijau, pegunungan dan Danau Laut Tawar yang menjadi destinasi wisata populer di Aceh.

Di sini Anda juga bisa menikmati sejuknya udara khas dataran tinggi. Jangan lupa membawa pakaian tebal atau jaket karena udara dingin terkadang bisa menembus tulang. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau bersama pasangan dan anda bisa menemukan ketenangan untuk menyegarkan pikiran setelah menjalani hari-hari yang melelahkan.

berkemah

Di Pantan Terong, wisatawan diperbolehkan mendirikan tenda dan bermalam di dekat lokasi. Namun Anda perlu membawa tenda sendiri karena tidak akan menemukan persewaan tenda di dekat tempat wisata. Dan ingat juga bahwa laki-laki dan perempuan harus menggunakan tenda terpisah.

Tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan jika bermalam di puncak dan menikmati indahnya malam penuh bintang di langit luas. Membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh yang terserang dinginnya malam.

Lihat matahari terbenam dan matahari terbit

Menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit merupakan salah satu daya tarik Pantan Terong. Tentunya jika ingin melihat matahari terbit harus datang pagi-pagi sekali. Pesona keindahan alam sangat terasa ketika matahari menampakkan sinarnya, dinginnya udara perlahan hilang dan tergantikan oleh hangatnya sinar matahari.

Fenomena matahari terbenam pun tak kalah indahnya untuk Anda nikmati di tempat wisata ini. Saat matahari perlahan menghilang, terciptalah siluet indah yang dipadukan dengan gradasi warna yang indah. Seketika tercipta suasana romantis yang terasa sempurna saat Anda menikmatinya bersama kekasih.

Baca juga:

Jam buka dan biaya masuk Pantan Terong

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat ini bisa datang pada pagi hari untuk menikmati keindahan pegunungan dan segarnya udara. Lalu untuk biaya masuknya sendiri dengan harga yang ramah di kantong yakni 5.000 per orang.

Peta lokasi Pantan Terong

Tips berwisata di Pantan Terong

  • Sebelum berangkat ke Pantan Terong persiapkan kondisi fisik dan kendaraan anda.
  • Berhati-hatilah saat berkendara karena jalannya penuh tanjakan dan tikungan terjal.
  • Bawalah pakaian hangat karena udara di puncak sangat dingin.
  • Jika ingin berkemah, bawalah tenda dari rumah karena di sini tidak ada persewaan tenda.
  • Jaga kebersihan Pantan Terong dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Menjamin kelestarian dengan tidak merusak apapun yang ada di lokasi wisata.
  • Berdoalah sebelum berangkat agar liburan Anda berjalan sesuai rencana.

Galeri foto celana terong

Selamat datang di Pantan Terong
Pemandangan Pantan Terong yang indah

Akses jalan menuju Pantan Terong
Perburuan Foto

Mainkan Flying Fox
Pantan terong saat cuaca berkabut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button