Tempat Wisata

Pari Temples: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Masih banyak dari kita yang melupakan manfaat dan keistimewaan dari sebuah wisata atau liburan yang bisa kita lakukan di waktu luang kita. Tentunya dalam keseharian kita banyak melakukan aktivitas yang sering membuat kita stress atau bosan, belum lagi kemacetan lalu lintas dan polusi di perkotaan yang menambah rasa lelah kita, setelah selesai semua aktivitas kita bisa kembali lagi. rumah. Perasaan lelah, stres, dan bosan ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita jika kita membiarkannya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, termasuk traveling ke berbagai tempat. Anda bahkan tidak perlu membuang uang, karena sudah banyak tempat wisata di daerah Anda yang bahkan tidak memungut biaya masuk.

Candi Pari merupakan objek wisata yang bisa Anda kunjungi. Terletak di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Sekitar 2 km barat laut dari pusat semburan lumpur PT Lapindo Brantas saat ini. Candi ini merupakan bangunan bata berbentuk persegi panjang yang menghadap ke barat dengan ambang pintu dan gapura yang terbuat dari batu andesit alam. Dahulu di atas gapura candi ini terdapat sebuah batu yang berangka tahun 1293 Saka atau sama dengan tahun 1371 M, menjadikan candi Pari peninggalan zaman Majapahit pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk 1350-1389.

Candi Pari memiliki bentuk yang agak tembem yang mengingatkan kita pada candi-candi di Jawa Tengah. Candi bata merah ini memiliki tinggi 15,40 meter, panjang 16 meter, dan lebar 14,10 meter. Di dalam bilik candi terdapat beberapa batu andesit, arca dalam kondisi tidak lengkap dan beberapa balok kayu. Di dinding candi di seberang pintu masuk candi terdapat arca berukuran 6 x 6 meter. Mengingat ukuran punggung patung itu, pasti ada sejumlah besar patung di ruang-ruang Candi Pari. Namun saya tidak tahu patung apa yang ada disana karena patung ini belum pernah ditemukan sebelumnya.

Dibandingkan dengan Candi Pari, Candi Sumur (yang berjarak 100 meter dari Candi Pari) memiliki bentuk yang lebih sederhana. Candi ini terbuat dari batu merah dan tidak memiliki hiasan. Candi Sumur berbentuk persegi panjang dengan ukuran 8 x 8 m dan tinggi 10 meter. Candi Sumur menghadap ke barat dan menempati areal seluas 315 m dan berada pada ketinggian 4,42 mdpl.

Seperti Candi Pari, Candi Sumur relatif masih utuh. Kaki, badan, dan atap candi masih utuh. Namun sayang atap candi ini hanya berukuran setengahnya. Untuk mencegah keruntuhan, separuh badan candi dan atapnya ditopang oleh tiang-tiang besi berlapis semen.

Fasilitas di Candi Pari

Sedangkan fasilitas objek wisata Candi Pari yang ada tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti :

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Melihat-lihat area candi selama berjam-jam pasti membuat perut Anda lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sana Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan pura di sana dan pepohonan di sekitarnya.

– Akomodasi

Di kawasan wisata, Anda yang membutuhkan akomodasi bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada, jadi Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area sana.

– Masjid

Bagi yang ingin melaksanakan ibadah bisa langsung menuju mushola yang telah disediakan.

Berburu foto di Candi Pari

Meski kawasan objek wisata ini tidak terlalu luas dan bukan merupakan wisata alam, namun Anda tetap bisa menyalurkan hobi foto Anda dengan menikmati pemandangan dari berbagai objek bersejarah seperti Candi Pari, Candi Sumur dan lain-lain. Ada juga tempat yang paling populer dan menarik para pengunjung, yang bisa anda jadikan sebagai background foto anda bersama teman atau keluarga, yaitu di depan arca disana dan juga di depan batu andesit. Jika sudah puas mendapatkan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk lebih memperkenalkan objek wisata sejarah ini kepada masyarakat luas agar mereka tertarik untuk berkunjung.

Baca Juga: Candi Dermo, Berwisata Sambil Menikmati Peninggalan Sejarah

Akses jalan menuju Candi Pari

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan langsung mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda dapat mengaktifkan aplikasi GPS untuk memandu Anda ke sana Candi Pari. Bahkan lebih mudah menggunakan transportasi umum.

Biaya masuk ke Candi Pari

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Candi Pari

Tips liburan di Candi Pari

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah
  • Jangan mencoret-coret dinding candi
  • Buanglah sampah pada tempatnya

Galeri foto Candi Pari di Sidoarjo

Selamat datang di Kuil PariAkses jalan menuju Candi PariAnak-anak sekolah mengunjungi Candi PariBersepeda ke Kuil Pariberburu fotoSpot foto di depan candiMatahari terbenam di Kuil Pari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button