Berita Wisata

Pariwisata Gowa Meningkat, 494.511 Pelancong di 27 Tempat Wisata : Okezone Travel

LAYANAN Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mencatat pada tahun 2022, terdapat 494.511 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan domestik (wisnu) ke 27 destinasi wisata di kabupaten tersebut.

“Pencapaian jumlah kunjungan pada tahun 2022 ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan pencapaian tahun 2021 yang hanya sebanyak 228.868 kunjungan wisman dan wisman,” kata Kepala Destinasi dan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kemenpar. Kabupaten Gowa, Yuniati Yusuf, mengutip Termasuk antara.

Ia menjelaskan, jumlah kunjungan pada 2022 terpantau dari 27 destinasi wisata yang terdaftar resmi di Disparbud Gowa.

Infografis kebun raya di Indonesia

Di antara sejumlah destinasi wisata itu, kata dia, ada tiga objek wisata sejarah, yakni Museum Balla Lompoa, makam Syekh Yusuf Al-Makassari, dan makam pahlawan nasional Sultan Hasanuddin.

Sedangkan objek wisata alam dan buatan terdapat di tiga tempat yaitu Hutan Pinus Malino, Air Terjun Takapala dan Bantimurung Gallang.

Sedangkan 10 destinasi wisata sisanya masuk dalam kategori objek wisata buatan antara lain mengunjungi Kebun Bonto Marannu, Lesehan Bili-bili, Sileo Jenetallasa, Kampung Kopi Bawakaraeng, Langit Topidi Resort, Pesanggrahan Malino dan lain-lain.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Sementara itu, sejak tercapainya kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemerintah Kabupaten Gowa, diakui baru tercapai 66,11% atau Rp254.542.000 dari target Rp385 juta untuk PAD 2022.

“Itu sedikit banyak dipengaruhi oleh kondisi pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, namun kini sektor pariwisata dan budaya perlahan pulih,” ujar Yuniati.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button