Berita Wisata

Patroli Pantai Parangtritis didukung oleh kendaraan taktis baru yang terampil

TEMPO.CO, YogyakartaPantai Parangtritis di Kabupaten Bantul, Yogyakarta tak berubah posisinya sebagai salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan sepanjang tahun 2022. Padahal, dalam hitungan minggu selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022 saja, pantai Parangtritis dikunjungi oleh 130.322 wisatawan.

Tingginya kunjungan ke pantai selatan Yogyakarta juga menambah tingginya kerawanan kecelakaan laut yang bisa terjadi begitu cepat sewaktu-waktu.

Hamparan South Beach menjadi tantangan patroli

“Selain itu, bentangan pantai di Yogya ini panjangnya lebih dari 10 kilometer, menjadi tantangan bagi petugas terpadu yang bertugas, baik unsur polri, TNI, SAR Linmas maupun relawan untuk terus memantau setiap saat,” Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan mengatakan di sela-sela patroli pemantauan di Parangtritis pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Suwondo menjelaskan, dengan karakteristik pantai Yogyakarta, diperlukan kendaraan taktis yang memadai. Suwondo mengatakan, saat ini petugas Polisi Air dan Udara (Polarud) Polda DIY telah dilengkapi dengan kendaraan taktis baru yang dapat digunakan untuk berbagi tugas di Pantai Parangtritis guna membantu kinerja unit lain untuk memantau keamanan pantai. .

Simak : 25 Pantai di Yogyakarta yang Dikenal Eksotis dan Sejuk, Cocok untuk Liburan

Polairud Polda DIY baru patroli taktis UTV dan ATV di kawasan Pantai Parangtritis Yogyakarta, Sabtu 21 Januari 2023. Dok. font buatan sendiri

“Ada dua unit kendaraan UTV dan ATV yang telah dihibahkan kepada tim Polairud Polda DIY untuk membantu mereka dalam tugasnya menjaga wilayah pesisir, seperti Parangtritis,” kata Suwondo.

Mobil UTV atau utility vehicle sendiri merupakan kendaraan non-road-specific, yang dapat menjelajahi medan yang sulit seperti pantai dengan tanah berpasir lebih cepat. Hampir sama, ATV atau All Terrain Vehicle merupakan sepeda motor roda empat yang lincah di segala medan.

“Kendaraan taktis ini dimaksudkan untuk memudahkan patroli, memberikan nasehat kepada para perenang, serta mengevakuasi korban kecelakaan laut,” kata Suwondo.

Kendaraan Patroli Taktis di Pantai Parangtritis

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menambahkan, penggunaan kendaraan taktis tersebut bisa dilakukan dengan personel posko SAR Linmas Parangtritis DIY. “Jadi bukan hanya untuk anggota Polairud jaga, tapi bisa digunakan dengan personel yang tergabung dalam posko SAR tertanam Linmas Parangtritis,” ujarnya.

Pada awal tahun 2023, sempat terjadi kecelakaan laut di Pantai Parangtritis, meski tidak menimbulkan korban jiwa. Tercatat empat remaja asal Sidoarjo Jawa Timur hampir tenggelam usai disapu ombak saat bermain di kawasan Pantai Parangtritis pada Sabtu 14 Januari 2023. Mereka berempat tanpa sadar masuk ke kawasan parit Parangtritis hingga badannya diseret ke tengah.

Beruntung saat kejadian, ada tim SAR yang sedang berpatroli yang kemudian memberikan bantuan kepada wisatawan.

WICAKSONO PRIBADI

Membaca: Hindari area bendera merah ini saat di Pantai Parangtritis ada bahaya berenang!

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button