Berita Wisata

Paus mati terdampar di pantai Bugel Kulonprogo, ada luka di tubuhnya

KULONPROGO, iNews.id – Seekor paus mati ditemukan terdampar di Pantau Bugel, Panjatan, Kulonprogo pada Selasa (7/12/2022) malam. Bangkai paus diharapkan dapat diidentifikasi sebelum dikuburkan untuk menentukan penyebab kematiannya.

Seorang warga Haryono menuturkan, sejak Selasa (6/12/2022) sore, paus ini terlihat mengapung di tengah laut menuju taman Maghrib sebelah timur TPI Bugel yang berjarak 200 meter.

“Tadi siang kami melihatnya mengambang, dan sebelum matahari terbenam sudah berhenti,” katanya.

Warga kemudian menambatkan paus ini agar tidak terseret ke tengah. Kemudian dilaporkan ke tim SAR dan polisi.

Saat ditemukan, kondisi paus ini sudah membusuk. Ada sejumlah luka di sekitar sirip ekor, baik di bagian atas maupun bawah. Di perut juga keluar seperti usus dan lidah ikan menjulur keluar.

Wijang Padmadi, Pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan Pesisir dan Kelautan Loka Kanwil Yogyakarta, mengatakan, paus mati itu merupakan salah satu mamalia di antara biota laut yang perlu dilindungi. Paus ini memiliki panjang sekitar 4,9 meter dengan lebar 60 sentimeter dan berat sekitar 800 ton.

“Itu termasuk biota laut yang dilindungi, jadi begitu ditemukan mati harus dimusnahkan. Salah satu caranya dikubur,” ujarnya.

Sebelum dimakamkan, nantinya akan dilakukan identifikasi. Hingga saat ini, belum diketahui jenis bangkai paus tersebut. Termasuk luka di tubuhnya, entah karena berburu dengan senjata tajam atau sebab lainnya.

“Itu akan diidentifikasi nanti, termasuk konfirmasi cedera,” katanya.

Penerbit : Kuntadi Kuntadi

Bagikan artikel:

tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button