Tempat Wisata

Paviliun Burung Bandung: Lokasi, Daya Tarik dan HTM Baru

Nama lengkap “Bird and Bromeliad Pavilion” sering disebut dengan “Bird Park”. Tempat indah ini merupakan tempat wisata di kawasan Lembang, Bandung. Ini sangat menarik untuk seluruh keluarga. Anak-anak juga bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung yang ada di sana.

Sesuai dengan namanya, konsep wisata yang dihadirkan adalah wisata alam edukasi berinteraksi dengan berbagai jenis burung. Lokasi ini merupakan bagian dari kawasan Pramestha Resort Town, sebuah kota resor yang terkenal dan bertaraf internasional. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini didesain dengan rapi dan memberikan perasaan menyenangkan dan bahagia bagi pengunjungnya.

Alamat paviliun burung

Situs Paviliun Burung merupakan bagian dari kawasan Pramestha Resort Town. Tepat di Akaza Utama No. 9, di Desa Mekar Wangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Jarak tempuh dari Alun-Alun Kota Bandung sekitar 12 kilometer atau sekitar 30 menit jika tidak macet. Sambungan jalan bagus dan dapat digunakan berbagai kendaraan bermotor.

Jika keluar dari kawasan Gedung Sate atau Lapangan Gasibu, bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Surapati lalu Jalan Prof. Dr.Mochtar Kusumaatmadja. Sesampainya di Fly Over Pasupati, ambil jalur yang lebih rendah. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan perempatan Dago dan belok kanan menuju Dago. Kemudian ikuti saja petunjuk menuju lokasi.

Daya tarik tersendiri

Paviliun Burung Lembang sangat menarik untuk anak-anak dengan konsep wisata alam yang mendidik. Namun orang dewasa pasti bisa menikmatinya juga, terutama yang menyukai binatang khususnya pecinta burung. Pasalnya koleksi burung di tempat ini sangat beragam. Berasal dari dalam dan luar negeri, sehingga variasinya sangat beragam.

1. Keanekaragaman ratusan jenis burung

Sesuai dengan namanya, taman ini merupakan rumah bagi berbagai jenis burung. Banyak yang tertinggal di luar kandang, namun ada pula yang diikat di dahan pohon. Jenis burung pertama yang ditemui pengunjung baru di sini adalah merpati. Pasalnya, burung merpati ini memenuhi jalur trekking. Banyak anak memberi mereka makanan sebelum mereka semua terbang.

Konon ada sekitar 600 ekor burung yang terbagi dalam lima sangkar besar. Burung jenis ini sangat menarik karena suaranya yang merdu dan beragam serta tampilannya yang berwarna-warni.

2. Berinteraksi dengan burung

Pihak pengelola memberikan pakan kepada burung dengan harga Rp 20.000 per bungkus. Dengan memanfaatkan makanan tersebut, masyarakat dapat memberi makan burung tersebut sehingga dapat berinteraksi dengannya. Beberapa burung aman untuk difoto.

3. Taman bunga bromelia

Keindahan paviliun burung dilengkapi dengan taman bunga Bromelia yang menampilkan bunga-bunga dengan berbagai warna dan varietas. Banyak orang yang suka berfoto di tempat ini karena pemandangannya yang indah dan sangat indah serta penuh warna.

4. Pertunjukan atraksi burung

Acara hiburan seperti ini sangat digemari pengunjung terutama anak-anak. Apalagi jika ada pengunjung rombongan, baik dari sekolah maupun dari tempat lain. Pertunjukan ini menampilkan kemampuan berbagai burung yang ada sehingga sangat menghibur bagi seluruh pengunjung yang melihat pertunjukan ini.

Kegiatan yang menarik

Ada banyak aktivitas menarik di tempat ini. Apalagi karena tempat ini indah dan menawarkan banyak area untuk dinikmati. Baik taman burung maupun taman bunga bromeliad sama-sama indah.

1. Melihat keanekaragaman burung dan bunga

Dengan banyaknya spesies burung dan bunga yang berbeda di Paviliun Burung, pengunjung tidak akan kekurangan pameran untuk dilihat dan dinikmati. Pastinya tidak akan membosankan. Selain itu, banyak burung yang terbang bebas atau dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung.

2. Tonton pertunjukannya

Para pecinta burung dan anak-anak sangat menikmati pertunjukan burung ini. Karena burung-burung ini terlatih dengan baik, pertunjukan ini sangat menghibur.

3. Ambil foto lucu

Karena taman burung dan bunga ini ditata dengan indah, pengunjung tidak akan pernah kehabisan tempat untuk berfoto. Pengunjung bahkan bisa berfoto bersama burung-burung yang ada di sana. Pasalnya semua burung ini cukup jinak dan sudah terbiasa berfoto dengan pengunjung. Warna-warni burung yang cantik membuat hasil fotonya sungguh indah.

4. Bersantai sambil makan

Taman burung yang indah dan ramai ini memang merupakan tempat yang cocok untuk bersantai. Jangan khawatir tentang makanan dan minuman. Tempat ini memiliki restoran dan kafe yang menawarkan makanan dan minuman lezat. Lokasinya ada di pintu masuk sehingga tidak sulit menemukannya.

Anak-anak juga bisa bermain di taman bermain anak yang disediakan disana. Meski jumlahnya tidak banyak, namun anak-anak tetap bisa menikmatinya.

Biaya masuk dan jam buka

Tiket dikeluarkan secara berbeda untuk hari kerja dan hari libur. Pada hari kerja, tiket masuknya sebesar Rp 35.000 per orang dewasa. Pada hari libur harganya Rp 50.000, namun anak dibawah 2 tahun dikenakan biaya Rp 15.000 pada hari biasa dan Rp 25.000 pada hari libur. Tiket yang dibeli ini nantinya bisa ditukarkan dengan es krim atau air mineral.

Untuk memberi makan burung di taman burung ini, pengunjung bisa membeli makanan burung seperti yang disebutkan di atas. Harganya Rp 20.000 per paket. Kalau mau beli satu bungkus harganya Rp 5.000.

Paviliun burung buka setiap hari mulai jam 9 pagi dan tutup pada jam 5 sore. Umumnya pengunjung ramai menjelang siang hari. Saat liburan tempat ini penuh dengan keluarga dan rombongan. Jadi jangan heran kalau banyak anak-anak yang datang.

Fasilitas tersedia

Untuk memastikan seluruh pengunjung merasa nyaman saat berkunjung ke taman burung ini, pemerintah telah menyediakan fasilitas yang cukup meski tidak banyak. Namun, fasilitas standar tersedia dengan harga bagus. Fasilitas ini mencakup tempat parkir mobil yang luas dan aman, musala, restoran, kafe, dan toilet.

Di beberapa tempat justru dibuat sangat cocok dijadikan spot foto Instagramable. Namun tanpa titik foto khusus ini, seluruh area taman burung justru indah untuk dijadikan titik foto.

Tata letak lokasi paviliun burung

Pada bagian depan situs, pengunjung dapat melihat peta lokasi pendopo burung. Lokasi ini terbagi menjadi 12 area. Area 1 adalah loket tiket. Kemudian pengunjung akan menemukan area 2: Flamingo Pool. Berikutnya adalah Area 2: Area Seni untuk Anak. Setelah itu terdapat area khusus penyu, burung beo, rumah kelinci dan area kolam.

Area 8 merupakan tempat khusus pameran burung, di sebelahnya terdapat area burung merak, parkit, taman bunga bromeliad, kolam, area burung hantu, area sangkar khusus burung dan terakhir toko oleh-oleh atau oleh-oleh khas taman burung.

Menutup

Kawasan pendopo burung memang cantik ditambah dengan taman bunga bromeliad. Keindahan tempat wisata ini bisa dinikmati seluruh keluarga. Karena anak-anak senang berinteraksi dengan burung, mendidik sekaligus bersenang-senang. Namun orang dewasa juga bisa menikmati pemandangan sekitar yang indah, atraksi yang menyenangkan, dan fasilitas yang memadai.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button