Berita Wisata

PB ABTI menjadikan Kejurnas Bola Tangan 2022 sebagai ajang pemilihan timnas

Jakarta (ANTARA) – Ketua Umum Persatuan Bola Tangan Seluruh Indonesia (PB ABTI), Zulfydar Zaidar Mochtar mengatakan Kejuaraan Nasional Bola Tangan Pantai dan Pantai (Kejurnas) 2022 akan menjadi ajang seleksi tim nasional (timnas). ).

Kejuaraan nasional tahun ini dimulai Senin dengan bola tangan pantai di lapangan pasir Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Kampus B Rawamangun di Jakarta.

Kalimantan Timur (Kaltim) mendominasi dengan menggabungkan gelar di sektor putra dan putri. Di sektor putra, Kaltim mengalahkan dua pesaingnya, yakni Jawa Tengah 2-0 (21-13, 21-13) dan DKI Jakarta 2-0 (17-16, 15-8).

Sedangkan di bagian putri, Kaltim mengamankan gelar setelah mengalahkan Jawa Timur 2-0 (21-5, 21-2) dan Jawa Tengah 2-0 (20-5, 20-8).

“Kejuaraan Pantai Nasional kali ini digunakan sebagai seleksi Kejuaraan Asia dan Dunia 2023, sekaligus sebagai persiapan pra PON. Dengan begitu, para pemain ditantang untuk menunjukkan hasil terbaiknya,” kata Zulfydar. .

Nantinya, para atlet yang terpilih masuk timnas akan menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Jakarta, mulai Januari 2023.

“Kami berharap dengan persiapan Kejuaraan Asia dan Dunia, bantuan pemerintah harus diberikan selama para atlet dibina di pelatnas,” tambah Zulfydar.

Baca Juga: ABTI Raih Perunggu Kejuaraan Bola Tangan Asia Tenggara

Menurutnya, beach handball dimainkan di semua multievent internasional. Dengan cara ini juga harus dilombakan dan bukan lagi pameran di PON XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara.

Sehingga ketika beach handball dipertandingkan di SEA Games XXXIII/2025 di Thailand, Indonesia tidak kesulitan mencari atlet handal.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Bola Tangan 2022, Bregas Rochadi mengatakan, ajang ini merupakan langkah awal program PB ABTI untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam Rakernas bulan lalu.

Program yang dipaparkan oleh PB ABTI mendapat dukungan dari Pemprov yang tersebar di 26 provinsi. Seperti halnya pengiriman atlet untuk mengikuti Kejuaraan Nasional Indoor dan Beach Handball atau Bola Tangan Pantai di Jakarta.

Menurut Bregas, provinsi yang mengirimkan timnya untuk mengikuti kejuaraan nasional kali ini adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan. DKI Jakarta sebagai tuan rumah.

“Kami bersyukur persaingan di kejuaraan bola tangan pantai nasional ini cukup ketat. Kami berharap persaingan sengit juga terjadi di cabang bola tangan indoor putra dan putri yang akan digelar pada Selasa (6/12)”, ujar Bregas.

Baca juga: PB ABTI berharap bola tangan pantai bisa dipertandingkan di PON 2024
Baca Juga: PB ABTI terus gencar mempopulerkan bola tangan di Indonesia

Pengkhotbah: Muhammad Ramdan
Penerbit : Irwan Suhirwandi
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button