Berita Wisata

Peduli Iklim, Pramuka Kwarran Batang dan Narapidana Batang Bersihkan Pantai – Radar Pekalongan Online

BATANG – Dua hari ini merupakan hari istimewa bagi empat warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Batang. Keempatnya, Wahidi, Rio, Dwi Nurudin dan Oki senang bisa mengikuti bakti sosial yang diselenggarakan Kwarran Batang di Pantai Safari, Jawa Tengah pada 26-27 Oktober 2022.

“Sangat, sangat menyenangkan. Karena ini pertama kalinya kami bergabung dengan pramuka. Selain itu, dia juga aktif terlibat dalam kegiatan sosial. Dan juga senang mengikuti perkemahan. Mulai dari mendirikan tenda, mengikuti upacara dan apel dan juga bersih-bersih. pantai,” kata Wahidi yang berasal dari Cirebon saat diwawancarai Radar Pekalongan, Kamis (27/10/2022).

Wahidi yang sudah mendekam di Lapas Batang selama kurang lebih 2,5 tahun ini juga senang mendapat kesempatan ini. Ini karena dia baru saja memiliki kesempatan untuk keluar dari penjara. Apalagi sambil menikmati wisata di Batang dan berteman dengan anggota pramuka lainnya.

“Kami berharap acara seperti ini rutin. Mungkin sebulan sekali atau lebih. Karena kegiatannya seru dan bisa mengenal pramuka lainnya dari SMA SMK sederajat di Batang,” harapnya.

Ketua Pramuka Kwarran Batang, Nur Nasetia Nugroho didampingi perwakilan panitia, Ni’mal Anis, mengapresiasi antusiasme peserta. Kedua peserta penegak hukum tersebut berasal dari SMA SMK MA di Kabupaten Batang atau Lapas Batang.

Selama dua hari tersebut, peserta diajak berkemah untuk menggali potensi wisata Pantai Safari, Jawa Tengah, Batang. Selain itu, mereka juga diajak untuk membersihkan lingkungan sekitar pantai. Sedemikian rupa sehingga diharapkan dapat membantu menjaga iklim berkat pantai yang bersih.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 128 pramuka penegak hukum sederajat SMA/K di Kabupaten Batang. Selain itu, perwakilan dari Lapas Gudep Penganyoman Batang juga turut serta.

“Materi yang kami berikan berkaitan dengan pariwisata dan lingkungan. Selain itu, kegiatan outbond dan pembersihan pantai juga dimasukkan sebagai bagian dari upaya menjaga kondisi perubahan iklim,” ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan perkemahan ini mampu mempererat tali silaturahmi Kwarran Batang Pramuka. Dimana ada juga partisipasi dari Kelompok Front Perlindungan Lapas Batang. Pada saat yang sama, kegiatan ini juga dapat menyadarkan anggota untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar mereka. (nov)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button