Berita Wisata

Peduli terhadap kelestarian biota laut, Pertamina merehabilitasi terumbu karang dan menyalurkan CSR

Pandeglang (ANTARA) – Sebagai bagian dari komitmen melaksanakan program pemberdayaan dengan mengutamakan kontribusi terhadap lingkungan di bidang keanekaragaman hayati, PT. Terminal BBM Pertamina Patra Niaga Tanjung Gerem melalui Program Biodiversity Corporate Social and Environmental Responsibility bekerja sama dengan Undersea Address Conservation Group melakukan rehabilitasi terumbu karang di kawasan Pantai Carita, Desa Sukarame, Rabu (16/11).

Untuk menjaga dan melindungi ekosistem laut dari kerusakan, rehabilitasi terumbu karang di kawasan Pantai Carita Kabupaten Pandeglang terus dilakukan. PT. Terminal BBM Pertamina Patra Niaga Tanjung Gerem bekerjasama dengan Kelompok Pelestari Alam Bawah Laut Sukarame, Kecamatan Carita, kembali memimpin rehabilitasi terumbu karang.

Baca juga: Garut Guncang Gempa, Pertamina Amankan Stok BBM

Tahun 2022 merupakan tahun ketiga program PT Pertamina Patra Niaga Terminal BBM Tanjung Gerem di Kawasan Wisata Pantai Carita, Desa Sukarame, Kabupaten Pandeglang, setelah budidaya anemon dan transplantasi terumbu karang pada tahun sebelumnya. Tahun ini, fokus CSR adalah rehabilitasi terumbu karang dengan desain rumah ikan atau rumah ikan dan keramba wisata untuk kegiatan wisata dan masyarakat nelayan, melalui program tanggung jawab sosial lingkungan, TJSL PT. Pertamina Patra sebesar Rp 117 juta.
Manager Terminal BBM Tanjung Gerem PT Pertamina Patra Niaga Eri Wibowo mengatakan pihaknya mendukung rehabilitasi terumbu karang bersama Kelompok Pelestari Alam Bawah Laut Sukarame. Sebelumnya, program TJSL dikerahkan dalam berbagai bentuk budidaya anemon dan pendampingan perahu.
Manajer FT Tanjung gerem Eri Wibowo melakukan penanaman terumbu karang secara simbolis di Pantai Ketapang, Pandeglang

“Kegiatan tambahan di tahun 2022 yang juga akan kami dukung untuk peningkatan perekonomian dan pariwisata dalam program ini adalah pembelian keramba apung dan penurunan rumah ikan yang terdiri dari 4 buah beton dan 4 buah besi. Pertamina selalu mendukung upaya pelestariannya. bawah laut dengan mendukung kelangsungan hidup biota laut dan ikan agar terjaga dan memiliki ekosistem yang baik,” ujarnya.

Menurutnya, selain berupaya agar program berjalan dengan baik, Pertamina Terminal Tanjung Gerem juga berupaya mensosialisasikan konservasi alam bawah laut Desa Sukarame kepada pihak eksternal dan mendapatkan feedback atas implementasi konservasi yang telah dilakukan.

“Kami juga mendukung kegiatan konservasi terumbu karang untuk rumah ikan, agar ke depan biota laut tetap terjaga, namun ada juga manfaat tambahan seperti meningkatkan daya pariwisata,” tandasnya.

Eri melanjutkan, sejak diluncurkannya program TJSL, telah dibentuk paket wisata yang meliputi snorkeling, diving, gathering, serta camping dan tracking. Ditambahkannya, jika dikelola dengan lebih baik dengan partisipasi semua pihak, diyakini akan membawa manfaat bagi alam dan masyarakat sekitar.

“Harapannya program rehabilitasi terumbu karang dan pembuatan rumah ikan sebagai kegiatan wisata dapat mengembalikan sumber daya perikanan dan meningkatkan perekonomian nelayan dan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button